EveNt

[EveNt] CASEROL SAPI

Sunday, December 20, 2009,0 Comments

Menu Masak Bareng untuk bulan Desember ini jatuh pada HIDANGAN PESTA TAHUN BARU.

Hmmmm... sebenernya saya sih nggak pernah tuh yang namanya pesta tahun baru. Kalo tahun baru acaranya sih cuma tidur + nonton tv aja seharian. hehe...
Tapiii.....
Demi entry MasBar bulan ini, saya masak menu tahun baru meski tidak untuk pesta, tentu saja...
Saya posting jauh-jauh hari biar kalo temen-temen yang pada mau pesta, boleh nyobain deh menu ini. hehe...


0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Ikan/Fish

Tumis Ikan Kayu

Wednesday, December 16, 2009,0 Comments



TUMIS IKAN KAYU


Bahan:
- ikan kayu yg sdh dusuwir (pakai yg dari kemasan), rendam air panas dulu sampai agak lunak.
-3 bh belimbing wuluh,iris serong kasar
-1 tangkai daun temurui/salam koja
-5 bh cabe ijo keriting, patahkan jd 2 bagian
-2 bh bawang merah,iris
-garam sckupnya
-50 ml air
-5 sdm minyak goreng

Bumbu halus:
-5 bw merah
-2 bw putih
-4 cabe merah keriting
-15 cabe rawit
-15 bh asam sunti

Cara membuat:
-Bumbu halus dicampur dgn ikan yg sudah disuwir
-tuangkan minyak dlm wajan,tumis bw merah iris ampe harum,kmdn masukkan daun temurui
-stlh wangi masukkan ikan yg sudah dicampur dgn bumbu halus.
-tumis ampe wangi,masukkan air sdkt, kira-kira 50 ml.
-masukkan belimbing+cabe ijo.masak ampe mateng & kering..jgn lupa kasih garam ya.


Ikan Kayu (Keumamah)


Source: Dessy Indriani

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

kentang/Potato

KENTANG GORENG BAWANG

Monday, December 14, 2009,0 Comments



KENTANG GORENG BAWANG

Bahan:
300 g kentang, potong 2x2x2 cm
3 siung bawang putih, cincang kasar
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica hitam, tumbuk kasar
2 sdm margarin untuk menumis


Cara membuat:
1. rendam kentang dengan 1/2 sdt garam & 400 ml air.
2. goreng sampai matang dan berkulit.
3. panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum.
4. masukkan kentang, garam, & merica hitam aduk rata.


untuk 4 porsi

source: tabloid Saji

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[MasBar] EDISI DESEMBER'09: HIDANGAN PESTA TAHUN BARU

Monday, December 07, 2009,0 Comments


Bulan demi bulan telah kita lewati, tanpa terasa tahun 2009 tinggal satu bulan lagi. Begitu pula dengan event kita ini. Berbagai menu sudah kita sajikan tiap bulannya. Sekarang saatnya kita menutup tahun ini dengan menu spesial.


Sesuai hasil polling terbanyak, menu Masak Bareng untuk bulan Desember ini jatuh pada HIDANGAN PESTA TAHUN BARU.
Gimana, menarik kan tema bulan ini?! Ga perlu mikirin pesta yang besar-besaran, kumpul bersama keluarga sambil menyantap hidangan spesial menyambut pergantian tahun juga bisa disebut pesta kan?! Ayoo sajikan hidangan pesta tahun baru andalan kalian.

Caranya Ikutan:
Posting hasil memasak sesuai dengan tema [HIDANGAN PESTA TAHUN BARU] & pada jadwal yang sudah ditentukan [21 DESEMBER 2009 - 5 JANUARI 2010]
Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng
Kirim datanya ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:

* Nama
* Nama Blog
* Nama masakan & URL-nya
* 1 buah foto hasil masakan


Info tambahan:
Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.
Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.
Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.
Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.
Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping yaaa...
Info ini juga tersedia di dapur Shinta, Rurie, Rumah MasBar dan tentu saja FB.
Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya....

Masak Bareng Yuuk...

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[EveNt] Sambal Asam Udeung

Thursday, November 19, 2009,4 Comments

Saya bikin masakan ini karena penasaran sama cerita Dessy.
Kapan lagi nyobain masakan ajaib kalo nggak karena MasBar.
Jujur saja saya nggak ngerti bagaimana penampakan masakan ini aslinya. Tapi berdasarkan petunjuk bu Dessy, semua bahan sambal diuleg kasar.
Nah, saya nih nggak tega nguleg si udang. hihihi
Jadi udangnya masih keliatan mlungker-mlungker gitu deh, sekalian buat bukti, kalau masakan ini berbahan dasar udang, sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. :D
Kalau soal rasa, insya Allah sama deh dengan aslinya.. hehehe
Pokoke rasanya syeger banget... mantabbb.. Digadoin juga enak, serasa makan rujak. hihihi...


SAMBAL ASAM UDEUNG

Bahan:

bawang merah
cabai rawit
udang, rebus sebentar
belimbing wuluh
serai
garam

Cara membuat:
uleg kasar semua bahan :)

4 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

EDISI NOVEMBER'09: Masakan Indonesia Berbahan Dasar Udang

Thursday, November 19, 2009,0 Comments

Yuuuhuuu.....
Berhubung hasil polling bulan kemarin seri antara Bento dan Masakan Indonesia Berbahan Dasar UDANG, maka untuk memenuhi permintaan penggemar, maka bulan ini tidak perlu lagi diadakan polling dan hasilnya merujuk pada hasil polling bulan lalu. Berhubung pada bulan lalu udah bikin BENTO, maka bulan ini temanya adalah Masakan Indonesia Berbahan Dasar UDANG.
Gimana temans, Udah siap dengan menu andalan kalian???
Yuk mari belanja udang dari sekarang... :)
masakbareng


Caranya Ikutan:
Posting hasil memasak sesuai dengan tema [Masakan Indonesia Berbahan Dasar Udang] & pada jadwal yang sudah ditentukan [16-30 NOVEMBER 2009]
Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng
Kirim datanya ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:

* Nama
* Nama Blog
* Nama masakan & URL-nya
* 1 buah foto hasil masakan


Info tambahan:
Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.
Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.
Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.
Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.
Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping atau tulis di wall Facebook MasBar yaaa...

Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya....

Masak Bareng Yuuk...

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Bento

[EveNt] B E N T O

Thursday, October 29, 2009,2 Comments

Haiii semua.....
Jumpa lagi di event MasBar yang kali ini mengusung tema Bento.

Hmmm.....
Bingung juga nih mo bikin bento model apa, sec ara kalo bentonya model yang keren gitu ntar jadi sayang makannya. hihihi *alesan, padahal males :D*
Akhirnya berhubung ini bento sekalian buat bekal saya makan siang di kantor, jadilah bikin seadanya aja, yang benda-benda pengisinya ada di dapur & kulkas. hihihi

Jadi, meski bento saya nggak secantik bento buatan TaBong, tapi silahkan dinikmati.... :D


Isi Bento:
  • Nasi
  • Sambal
  • Tahu Bakso
  • Ayam Goreng
  • Tempe Mendoan
  • Udang Goreng
  • Keripik Kentang Saus Tiram
Untuk Makan siang, trus minumnya es milo, enak deh :D :D
___________________________________________________________

2 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[EveNt] ES KUENI

Monday, September 28, 2009,0 Comments

Yuuuhuuuu.....
Meski bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri udah lewat, tapi MasBar kali ini temanya Minuman berbuka puasa.
Kebetulan saya punya minuman favorit banget, namanya es kueni. Bikinnya gampang banget, cuma mangga kueninya itu suka susah dapet kalo lagi nggak musim :(


ES KUENI

Bahan:
mangga kueni
air
batu es
simple syrup (kalo kueninya kurang manis)

Cara:
Kupas mangga, cacah kasar. Campur dengan air, simple syrup & batu es.
:)

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

MASAK BARENG YUUK...!! EDISI SEPTEMBER'09: MINUMAN BERBUKA PUASA

Tuesday, September 15, 2009,0 Comments

Helo.. Helo....
Sepertinya lagi pada sibuk ya di Bulan Ramadhan ini terutama sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, termasuk para admin MasBar nih.. hehehe
Nah, mumpung masih ada sisa Ramadhan, berdsarkan voting kawan-kawan semua, yang terpilih sebagai tema MasBar bulan 9 ini adalah MINUMAN BERBUKA PUASA.

Nah, silahkan kawan-kawan postingkan minuman favorit kalian ya...
Spesial untuk bulan ini, waktu posting diperpanjang menjadi 2 minggu mengingat kesibukan kawan-kawan & para admin semua... ahahaa..
So, silahkan menyiapkan dari sekarang yaaa...

Caranya Ikutan:
Posting hasil memasak sesuai dengan tema [MINUMAN BERBUKA PUASA] & pada jadwal yang sudah ditentukan [16-30 SEPTEMBER 2009]
Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng
Kirim datanya ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:

* Nama
* Nama Blog
* Nama masakan & URL-nya
* 1 buah foto hasil masakan


Info tambahan:
Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.
Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.
Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.
Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.
Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping yaaa...
Info ini juga tersedia di dapur Shinta, Deetha, Ayin dan tentu saja FB.
Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya....

Masak Bareng Yuuk...

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[EveNt] Samba Lado Mudo

Monday, August 31, 2009,1 Comments


Yuhuuuuuuu........
Jumpa lagi di MasBar edisi bulan 8 yang bertema Aneka Sambal Nusantara :D
Pas banget nih, secara sambal adalah makanan favorit saya.. ahahaa
Tadinya sih mau bikin Sambal Panggang, cuma pas ke pasar mo beli panggang, tukang ikan langganan bilang, kalo dia lagi ga jualin panggang, 'coz harganya lagi mahal banget.
Yo wes, akhirnya bikin sambal lado mudo aja deh, yang bahan-bahannya gampang dan murah, trus enaknya nih dimakan pake telur dadar gembung :D
Resepnya bisa dilihat di Sini

1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

EDISI AGUSTUS'09 : ANEKA SAMBAL NUSANTARA

Tuesday, August 25, 2009,0 Comments

Bulan Agustus di Indonesia selalu penuh dengan kemeriahan. Banyak banget acara yang diadakan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan. Ada macam-macam perlombaan sampai upacara bendera. Semua kegiatan itu dilaksanakan rame-rame. Naah... di Rumah Masak bareng ini, kita nyambel bareng yuuk... Hihihi agak ga nyambung sih sama Agustusan, tapi yang penting rame-rame, bareng-bareng.

Berdasarkan hasil polling, pilihan terbanyak yaitu ANEKA SAMBAL NUSANTARA terpilih sebagai tema bulan ini. Ayooo siap-siap nyambel yuuk...!!

Caranya Ikutan:
Posting hasil memasak sesuai dengan tema [ANEKA SAMBAL NUSANTARA] & pada jadwal yang sudah ditentukan [24-31 AGUSTUS 2009]
Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng
Kirim datanya ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:

* Nama
* Nama Blog
* Nama masakan & URL-nya
* 1 buah foto hasil masakan


Info tambahan:
Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.
Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.
Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.
Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.
Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping yaaa...
Info ini juga tersedia di dapur Shinta, Ayin, Rumah MasBar dan tentu saja FB.
Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya.... :)

Masak bareng yuukk..!!!

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[EveNt] SATE PADANG

Tuesday, July 28, 2009,0 Comments

Yihaaaaaa......
Akhirnya makan Sate Padang juga nih, setelah lama pengen tapi belom kesampaian
gara-gara terserang virus malas masak. Bener-bener deh, si MasBar ini bikin orang yang malas masak jadi terpaksa masak demi entry :D
Saya bikin sate padang versi Padang Panjang yang kuahnya berwarna kuning. Trus ga pake lidah, tapi pake daging aja. Soalnya di kulkas adanya stok daging yang tadinya buat bikin asam padeh. heheh :D
Berhubung masaknya udah sore, trus matangnya malem jadilah foto satenya burem begini. Biar aja ya, yang penting masih keliatan sate. hehehe


SATE PADANG

Bahan:
1.000 g lidah sapi (saya pakai daging sapi)
air untuk merebus
1 sdt garam
4-5 sdm minyak goreng
2 lembar daun kunyit, robek-robek, ikat simpul
3 batang serai, memarkan
10 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas, memarkan
1 sdm bumbu kari bubuk
1 potong asam kandis
50 g tepung beras
2 sdm tepung kanji
300 ml air
bawang goreng untuk taburan
tusuk sate

Bumbu Halus:
12 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdm cabai halus/giling (saya pakai 2-3 sdm, biar pedes... hehe :D)
4 cm kunyit
4 cm jahe
11/2 sdt merica
2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Rebus lidah dalam air mendidih, selama
± 5 menit, angkat. Kupas kulit lidah, kerk hingga kulit terkelupas bersih. Cuci kemudian rebus dalam air, bubuhkan garam (± 60 menit). Setelah lidah empuk, tiriskan, pisahkan kaldunya sebanyak ± 600 ml. Potong-potong lidah ukuran 1x1x2 cm, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus, masukkan daun kunyit, serai, daun jeruk, lengkuas, dan bumbu kari, aduk hingga baunya harum, angkat. masukkan 2/3 bagian tumisan ke dalam kaldu. jerang kembali di atas api, masukkan asam kandis.
3. Larutkan tepung beras dan tepung kanji dalam air hingga tercampur. Setelah kaldu mendidih, perlahan masukkan larutan tepung sambil diaduk terus hingga adonan licin. Masak hingga mendidih dan meletup-letup serta bau tepungnya hilang, angkat.
4. Campur potongan lidah bersama sisa bumbu tumis, aduk sebentar di atas api hingga rata, angkat. Tusukkan potongan lidah pada tusuk satai, masing-masing 3-4 potong.
5. Panggang satai di atas bara api hingga baunya harum
± 3 menit, balik-balikkan, angkat. Taruh satai, taburi bawang goreng.
6. Makan selagi panas dengen ketupat.

untuk 24 tusuk

Sumber: Seri Masak Femina PRIMARASA A la Resto Minang


___________________________________________________________________________________________

Oh iya, Thanks to Tata alias Tabong yang kemaren udah kasih award. Sorry banget baru sempet dipasang & dg terpaksa gak disebarin ke 10 orang, dikarenakan oleh kesibukan saya bermain game. hiaakakakakaka
Pokoknya award ini buat semua kawan-kawan foodie blogger aja deh ya.... :D

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

MASAK BARENG YUUK...!!! EDISI JULI '09 : ANEKA SATE NUSANTARA

Thursday, July 16, 2009,0 Comments

Setelah bareng-bareng masak sayuran, sekarang kita ganti menu yang dibakar-bakar yuuk.... mumpung musim panas nih dibumi belahan utara, untuk yang diselatan bbqan dimusim dingin juga ga dilarang kok hehe. Untuk edisi ini team MasBar memilih tema Aneka Sate Nusantara

Kuliner nusantara mempunyai banyak resep sate dengan cita rasa yang khas. Ada ayam madura yang terkenal dimana-mana, sate kambing, sate kerang,sate sapi, sate ikan bahkan sampe sate vegetarian yaitu sate tahu dan tempe, pernah denger sate kere ga hehe.. ayo digugling. Makanya, ayoo bareng-bareng sharing resep sate plus fotonya yuuk...

Caranya Ikutan:
Posting hasil memasak sesuai dengan tema & pada jadwal yang sudah ditentukan [24-31 JULI 2009]
Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng
Kirim datanya ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:
  • Nama
  • Nama Blog
  • Nama masakan & URL-nya
  • 1 buah foto hasil masakan
Info tambahan:
Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.
Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.
Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.
Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.

Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping yaaa...

Info ini juga tersedia di dapur Shinta, Ayin, dan di Rumah MasBar.
Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya....

Masak bareng yuukk..!!!

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[EveNt] PETIS KANGKUNG

Thursday, June 25, 2009,1 Comments

Jumpa lagi di Event Masak Bareng Yuuk...!!!
Bulan 6 ini temanya Sayuran Nusantara.
Sebernernya sih saya ga terlalu suka makan sayur. Ga tau kenapa ya, rasa sayur itu pahit aja di lidah saya. hihihii :D
Tapi demi MasBar, saya akhirnya makan sayur deh...
Itu pun pilih yang dimasak pedas. hehehe
Nah, pilihan kali ini jatuh pada Petis Kangkung. Gara-gara terngiang masakan alm. ibu saya. Jaman dulu kala, ibu saya suka bikin ini, sambalnya dibikin pedes trus dimakan pake nasi hangat. Petis kangkungnya langsung dihidangkan di atas cobek. hmmm.......... nyam.. nyam....


PETIS KANGKUNG

Bahan:
Kangkung, siangi, cuci bersih
Cabai merah + cabai rawit
Petis udang
Terasi
Air asam jawa
Jeruk limau/jeruk sambal

Cara Membuat:
Rebus kangkung, tiriskan
Haluskan cabai merah + cabai rawit, terasi & petis udang. *boleh jg ditambah sedikit gula jawa*
Tambahkan sedikit air asam & air jeruk limau.

Campurkan sambal dengan kangkung rebus/bisa juga dimakan terpisah.

1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Indonesian Culinary

SIOMAY MURAHAN

Monday, June 15, 2009,5 Comments

Haiyaaa......

Ini dia siomay kesukaan saya :)

Cuma siomay biasa aja, sih.. sesuai dengan judulnya, ini adalah Siomay Murahan.

Kenapa? karena ni siomay cuma berasa tepung kanji doang. Sebutirnya cuma 500 rupiah.

Bapak tukang siomay ini mangkalnya di depan SD di daerah Tembalang (kalo jam sekolah), trus lanjut mangkal di depan STIKES sampe dagangan habis. Jualnya juga cuma di gerobak kecil gitu, merknya MANTEP. hihihi *promosi*

Jenisnya sih seperti siomay pada umumnya, ada: siomay, tahu, kol, telur, kentang.

Trus, kalo cuma siomay murahan, apa donk istimewanya?
Hmmm..... Istimewanya adalah terletak pada bumbu/sambalnya.

Bumbunya ini bukan bumbu kacang yang manis dan berwarna coklat, melainkan berupa sambal [cabe giling] yang berwarna merah menantang lengkap dengan biji cabenya.... huahaha

Saya sih kurang tau pasti, si bumbu ini terdiri dari bahan dasar apa aja, yang jelas rasanya 100% PUEDES BANGET.

Asli dah, puedesnya bisa bikin lidah kebakar. Tapi inilah yang bikin saya demen banget makan ni siomay. :D

Pesenan saya selalu sama: Siomay aja, bumbunya yang banyak, ga pake kecap, ga pake saus. Bungkus!! hihihi


5 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

MASAK BARENG Yuuk..!! EDISI 06-2009

Wednesday, June 10, 2009,1 Comments

Setelah bareng-bareng masak ayam, sekarang kita ganti menu yang segar-segar dan banyak serat yuuk.... Biar pencernaan lancar dan sehat serta sekaligus mempercantik kulit gitu lho :D
Untuk edisi ini team MasBar memilih tema
Aneka Salada/Sayuran Nusantara.

Kuliner nusantara mempunyai banyak resep sayuran dengan cita rasa yang khas. Ada pecel, gado-gado, karedok, sayur asem, buntil, sayur lodeh, gulai daun singkong, urap, rujak pengantin, lotek, plecing kangkung, bening bayam de el el. Tuh ada banyak kan?! Belum lagi tumis-tumisan. Makanya, ayoo bareng-bareng sharing resep sayuran plus fotonya yuuk...

Mohon maaf, karena waktunya yang mepet sehingga tema edisi ini tidak melalui polling. Terima kasih buat foodie blogger yang sudah menyampaikan ide-ide. Sementara ini ide tersebut kami tampung untuk dimasukkan pada polling berikutnya ya...

Caranya Ikutan:

Posting hasil memasak sesuai dengan tema & pada jadwal yang sudah ditentukan [23-30 JUNI 2009]

Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng

Kirim datanya ke ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:

Nama

Nama Blog

Nama masakan & URL-nya

1 buah foto hasil masakan

Info tambahan:

Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.

Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.

Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.

Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.

Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping yaaa...

Info ini juga tersedia di dapur
Shinta, Ayin, Rumah MasBar.
Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya....

Masak bareng yuukk..!!!

1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

[EVENT] AYAM GARO RICA

Wednesday, May 27, 2009,1 Comments

Beribu maaf nih posting MasBar mefeeet......
Berhubung ada kendala teknis *halah*. hehehe :p
Masakan dari Sulawesi Utara yang satu ini termasuk yang saya sukai, soalnya rasa pedesnya muantab banget. hihihi :D
Selain pedes, juga ada rasa sedikit asam dan segernya dari pemakaian tomat hijau & daun kemangi.

Nah, buat yang belum pernah ngrasain masakan khas Sulawesi Utara, yuk, nyobain masakan ini. Gampang kok, itung-itung melestarikan warisan kuliner Indonesia. :D
Resepnya ada di SINI yaa :)

Buat yang ga suka pedes, harap dikurangin ya, takaran cabenya :p

1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Mie/Noodles

KWETIAW SAUS TAOCO

Friday, May 08, 2009,3 Comments



3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

MASAK BARENG Yuuk..!! EDISI 05-2009

Thursday, May 07, 2009,0 Comments

Udah pada nyontreng kan???!! Yup, contreng-an terbanyak (sesuai hasil polling) untuk menu bulan ini adalah Sulawesi Utara. Jadi tema-nya [MASAKAN DAERAH SULAWESI UTARA - BERBAHAN DASAR AYAM ].


Sulawesi Utara itu salah satu provinsi di pulau Sulawesi. Ibukotanya Manado. Kuliner Manado adalah salah satu sumber kekayaan kuliner nusantara. Pernah dengar masakan rica-rica? woku? bubur tinutuan? Itu sebagian kuliner khas Manado yang udah ga asing didengar.
Tapi ga cuma masakan dari Manado aja yaa... bisa juga masakan khas dari kota/kabupaten lain seperti Tomohon, Bitung, Minahasa, dll pokoknya yang masih masuk Provinsi Sulawesi Utara.

Nah, khusus untuk event ini kita pilih yang berbahan dasar ayam. Kenapa ayam sih? Soalnya gampang ditemukan dimana-mana.

Ayo mulai bergerilya mencari resep-resepnya. Bisa melalui browsing internet, buka-buka buku resep masakan Sulawesi Utara, tanya teman ataupun tetangga yang asli Manado juga boleh kok. Kalopun ada bahan yang agak susah didapatkan, keep cooking and be creative!


Cara ikutan MasBar:

·Posting hasil memasak sesuai dengan tema bulan ini [MASAKAN DAERAH SULAWESI UTARA - BERBAHAN DASAR AYAM ] & pada jadwal yang sudah ditentukan [21-28 Mei 2009]

· Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng

· Kirim datanya ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:

o Nama

o Nama Blog

o Nama masakan & URL-nya

o 1 buah foto hasil masakan

Info tambahan:

Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.

Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.

Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.

Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.

Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping yaaa...

Info ini juga tersedia di dapur
Shinta, Rumah MasBar, dan Ayin.
Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya....

Masak bareng yuukk..!!!

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

AYAM TANGKAP

Saturday, May 02, 2009,2 Comments


Percobaan kedua bikin Ayam Tangkap, setelah yang pertama terjadi kesalahan teknis. hihihihi :p
Resepnya bisa dilihat di SINI

Recipe by. Dessy

2 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Indonesian Culinary

RONDO ROYAL

Thursday, April 30, 2009,3 Comments

Suatu sore…. Lagi asyik nih, chatting + menjelajah dapurnya Mbak Artha, eh...nemu Rondo Royal. Ingatan pun melayang pada jaman dulu kala... ketika alm. Ibu saya sering bikin si tape goreng ini buat cemilan sore hari.
Trus... Langsung deh saya tancep bikin rondo royal dengan resep dari asisten mak cik saya di Rembang. Enak loh, hasilnya menul-menul dan nggak manis. :D



RONDO ROYAL

Bahan:
Tape singkong, haluskan
Telur
Garam
Tepung terigu protein sedang
Air
Minyak goreng, untuk menggoreng

Cara Membuat:
Kocok telur bersama garam.
Masukkan tape dan tepung terigu. Aduk rata.
Tuangkan air secukupnya (hingga kadar kekentalan yang pas). Aduk rata.
Sendoki adonan, goreng dalam minyak panas hingga matang.


3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Snack Manis

Goreng Pisang

Monday, April 27, 2009,8 Comments




Thanks to Dessy [buat tips cara menggoreng yang baik & benar :)] & Melani [buat garpunya :D]

8 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[Even] KLEPON

Friday, April 24, 2009,6 Comments

Jumpa lagi di Masak Bareng Yuuk Edisi 04-2009. Tema kali ini adalah Jajan Pasar dari bahan dasar Beras.
Saya bikin Klepon nih, dari bahan tepung beras ketan :D
Udah lama sih pengen bikin, secara ini makanan kesukaan adik saya. Cuma malasnya itu loh... bikin buletan-buletan segala..... :(
Tapi...berkat even MasBar ini nih, saya jadi rajin. Apa pun yang terjadi, tancep aja demi entry..... :))
Trus ini klepon, saya bikin warna coklat, biar ngga dikira beli di pasar. hahaha... :p

Klepon

250 g tepung ketan
1/2 sdt garam
1 sdt air daun suji dari 3 lembar daun [saya pakai pasta coklat]
250 ml air hangat
1/2 sdm air kapur sirih
100 g gula jawa, iris tipis
1/4 butir kelapa parut, digarami, dikukus
Campur tepung ketan dengan garam, lalu tuangi air daun suji yang sudah dilarutkan dalam air hangat.
Uleni selama 10 menit, lalu masukkan air kapur sirih.
Aduk sampai rata. Ambil 2 sdt adonan, pipihkan, taruh 1 sdt gula jawa di tengahnya.
Tutup kembali dan bentuk menjadi bulatan. Didihkan air, rebus klepon di dalamnya.
Bila klepon terapung, berarti sudah matang. Angkat dan tiriskan.
Gulingkan ke dalam kelapa parut.
Sajikan dalam sudi.

Untuk 40 bulatan.

Sumber: Semarak Kue-kue Tradisional, seri buku masak Femina.

6 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Bakmoy

Wednesday, April 22, 2009,0 Comments


Resepnya, bisa dilihat di SINI

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Ayam Cola

Monday, April 20, 2009,0 Comments

Penasaran nih sama judulnya, kok aneh ya.... masak ayam pake cola. Cara bikinnya juga gampang. Rasanya?
Hmmmm.... kalo menurut saya sih, manis-manis gosong gitu. Padahal saya udah pake cola yang Zero sugar. hihihi
Dasar lidah ini ga bisa diajak makan yang manis-manis :D
Tapi, buat yang suka sama ayam & cita rasa manis, resep ini boleh dicoba :)

Ayam Cola

Bahan:
1 ekor (± 800 g ayam)
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
minyak goreng
2 batang seledri, iris tipis

Saus:
2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, cincang
2 buah cabai merah, iris 1/2 cm
1 sdm sambal botolan
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
± 250 ml minuman cola

Cara:
Potong-potong ayam menjadi 8 bagian.
Olesi dengan campuran bawang putih, merica, dan garam.
Sisihkan selama ± 60 menit, supaya bumbu meresap.
Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan ayam berbumbu, goreng di atas api sedang hingga kekuningan dan matang, angkat, tiriskan.
Saus: Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan bawang putih, aduk hingga harum.
Tambahkan cabai merah, aduk hingga cabai layu.
Masukkan sambal botolan, gula, dan garam, aduk, tuangi minuman cola, aduk.
Masukkan ayam goreng, aduk dam nasak hingga kuah tinggal sedikit.
Masukkan seledri, aduk, angkat.
Pindahkan masakan ke dalam wadah saji, hidangkan selagi hangat.


Sumber: Seri Masak Femina Primarasa, Hidangkan Nusantara Populer, dari Kota Kembang Bandung.

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Pasta

Ciffere Saus Putih

Saturday, April 18, 2009,0 Comments



0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Chicken Cooked with Green Chilies

Friday, April 17, 2009,2 Comments

-->
Setelah ikutan MFM#2 Warna-Warni bulan kemarin, eh...ketagihan deh pengen ikutan lagi.
Kebetulan nih tema bulan April yang digawangi mbak Ifah ini lumayan gampang juga, Nuansa Hijau, pas banget sama warna favorit saya. hehehe
Kali ini saya bikin Chicken Cooked with Green Chilies alias Ayam Cabai Hijau.
Ada banyak variasi dari masakan dengan judul ini. Saya sendiri sudah berkali-kali mencoba berbagai resep Ayam Cabai Hijau.
Nah sekarang saya coba resep dari buku Popular Indonesian Cuisine, 100 authentic recipes.
Bahan dan cara membuatnya lumayan mudah, rasanya juga enak donk pastinya....
-->
ayam cabai hijau

Chicken Cooked with Green Chillies

1 whole chicken, cut into 8
5 kaffir lime leaves
3 stalks fresh lemon grass
3 tbsp tamarind juice or asam kandis juice
3 tbsp oil
750 ml water

a)
10 green chilies
4 tbsp sliced shallots
2 tsp sliced ginger
2 tsp sliced turmeric
1 tbsp sliced galangal
1½ tsp peppercorn
8 candlenuts


Blend all ingredients in a) into a paste.
Put the paste in a pan, add kaffir lime leaves, lemon grass and tamarind sauté with oil until fragrant.
Add chicken and stir thoroughly.
Pour water, cook at low heat until the chicken becomes tender.
Continue simmering until the sauce turns thick.
Transfer to a serving dish and serve.

Source: Popular Indonesian Cuisine, 100 authentic recipes


2 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)