EveNt

[Even] KLEPON

Friday, April 24, 2009,6 Comments

Jumpa lagi di Masak Bareng Yuuk Edisi 04-2009. Tema kali ini adalah Jajan Pasar dari bahan dasar Beras.
Saya bikin Klepon nih, dari bahan tepung beras ketan :D
Udah lama sih pengen bikin, secara ini makanan kesukaan adik saya. Cuma malasnya itu loh... bikin buletan-buletan segala..... :(
Tapi...berkat even MasBar ini nih, saya jadi rajin. Apa pun yang terjadi, tancep aja demi entry..... :))
Trus ini klepon, saya bikin warna coklat, biar ngga dikira beli di pasar. hahaha... :p

Klepon

250 g tepung ketan
1/2 sdt garam
1 sdt air daun suji dari 3 lembar daun [saya pakai pasta coklat]
250 ml air hangat
1/2 sdm air kapur sirih
100 g gula jawa, iris tipis
1/4 butir kelapa parut, digarami, dikukus
Campur tepung ketan dengan garam, lalu tuangi air daun suji yang sudah dilarutkan dalam air hangat.
Uleni selama 10 menit, lalu masukkan air kapur sirih.
Aduk sampai rata. Ambil 2 sdt adonan, pipihkan, taruh 1 sdt gula jawa di tengahnya.
Tutup kembali dan bentuk menjadi bulatan. Didihkan air, rebus klepon di dalamnya.
Bila klepon terapung, berarti sudah matang. Angkat dan tiriskan.
Gulingkan ke dalam kelapa parut.
Sajikan dalam sudi.

Untuk 40 bulatan.

Sumber: Semarak Kue-kue Tradisional, seri buku masak Femina.

You Might Also Like

6 comments:

  1. hihihi aku durung posting tapi wes nggawe kok, ngko wiken tak garap yo

    ReplyDelete
  2. wahhhh mantep klepon nya mba...blum pernah bikin neeeh...boleh donk minta...:))

    ReplyDelete
  3. bener juga, mbak. dibikin coklat jadi keliatan kalo bikin sendiri. aku nge-link boleh ya. mbak, kalau mudik ke solo, mampir semarang, boleh mampir yah.

    ReplyDelete
  4. Cicip.....mantep.....nyam nyam....
    Wekku wes tayang :D

    ReplyDelete
  5. sedap,jad pengen..
    salam dari anggota baru,http://yenismurty.blogspot.com/2009/04/lapek-segan.html

    ReplyDelete
  6. kelepon cokelat nya mau dunk huehehe :D, kreatif neh,Deeth ;)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)