ayam/Chicken

SOTO BANGKONG [Semarang]

Tuesday, March 10, 2009,9 Comments

Soto Bangkong [Semarang] -->
Soto Bangkong ini adalah sebuat merk soto khas Kota Semarang. Dulu awalnya sih soto ini dijual dengan angkringan di perempatan Bangkong - Semarang. Sekarang sih udah jadi resto terkenal dan buka cabang dimana-mana. Rasanya? Jelas enak donk... huehhehe
Nah, biar nggak usah repot-repot jajan, mending bikin sendiri aja. Lebih irit... hihihi :D
Resep ini, saya dapat dari Primarasa. Rasanya mirip lhoo dengan aslinya Soto Bangkong. Coba aja...



Soto Bangkong

Bahan:
400 g (½ ekor) ayam kampøng
1.750 ml air, untuk merebus
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 sdm minyak goreng
1-2 sdm kecap manis (saya pakai kecapnya untuk pelengkap)
1 sdm jeruk nipis
50 g soun kering
4 sdm taoge pendek
2 batang daun bawang, iris tipis
2 batang seledri, iris tipis
4 sdm bawang merah goreng
1 sdm bawang putih goreng
Bumbu Halus:
16 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 cm kunyit
1½ sdt merica
3 sdt ketumbar
2 sdt garam
Cara Membuat:

  1. Rebus ayam bersama air, lengkuas, jahe, serai, dan daun salam hingga mendidih. Kecilkan apinya, tutup panci, rebus terus hingga ayam lunak dan kuahnya agak berminyak, angkat, tiriskan ayamnya.

  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, angkat, masukkan bumbu tumis ke dalam kaldu.

  3. Tambahkan air jeruk nipis & kecap. Jerangkan panci kaldu di atas api, masak lagi hingga kaldunya tinggal ± 1.200 ml. Bila kurang, tambahkan air panas secukupnya.

  4. seduh soun dan taoge dengan air panas secara terpisah. Setelah soun dan taoge agak layu, tiriskan.

  5. Lepaskan daging ayam dari tulangnya, iris atau suwir-suwir dagingnya, sisihkan.

  6. penyajian: siapkan mangkuk saji, taruh berturut-turut ayam suwir, soun, dan taoge. Siramkan kaldu panas, taburi daun bawang, seledri, bawang merah, dan bawang putih goreng. Sajikan panas bersama sambal cabai dan pelengkap lainnya*)
*) Soto Bangkong biasanya disajikan dengan pelengkap sate telur puyuh, satai kerang, atau sate jeroan ayam.

Source: Seri Masak Femina Primarasa a la Cafe & Kaki Lima

You Might Also Like

9 comments:

  1. Soto Bangkong tapi ra enek kodoke kan :P wkwkwk......aduh sate puyuhe maraki pengen....

    ReplyDelete
  2. wah kebangetan! aku pas nggolek soto bangkong ng jakarta = WES TUTUPPPPP oh tidakkk

    ngiming2i wae iki...jiwitttt

    ReplyDelete
  3. makkk slurppp
    pertama kali ngerasake soto bangkong pas gara2 lorena macet di jalur pantura daerah semarang dadine kabeh do metu soko bus nyerbu warung soto bangkong

    ReplyDelete
  4. jan2e bangkong ki krn ukurane gede mangkoke opo piye?
    Wenak ketoke ik...asyemmmmmm...

    ReplyDelete
  5. @ Yu Lidi:
    We, Soto Bangkong kui dudu karena mangkoke gedi...
    tapi karena lokasi jualannya (pertama kali bakule jualan iku) di daerah Bangkong-Semarang. hihihi

    ReplyDelete
  6. ya alloah Deetha...harus aku coba resep ini!!! Mantap abis!
    Eh kita kok gak pernah tukar kata diluar blog sih? (ngajak maksudnya!)

    ReplyDelete
  7. Ada yang pernah nyoba soto ayam mbak wid di jalan majapahit semarang gak? Katanya rasa karinya mantap.. Sering lewat jalan majapahit tapi kok ga pernah liat soto ayam mbak wid semarang yah? Issunya rasanya enak juga nendang..

    ReplyDelete
  8. Udah dicoba...mantep. Bumbunya rada dimodif sedikit. Ga dipakein bawang merah...tapi bawang putih digoreng trus ditumbuk. Kunyit dibakar terus dialusin barengan mrica. Ga dipakein ketumbar.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)