Pasta

Makaroni Bumbu Rendang + Telur

Wednesday, December 31, 2008,1 Comments



1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

uNcaTegoriZed

Monday, December 29, 2008,0 Comments

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

BAKWAN MALANG

Sunday, December 28, 2008,7 Comments

Lagi-lagi berawal dari chatten saya dengan Yu Lidi, kemudian tercetus ide bikin Bakwan Malang. Rupanya kami sedang ngidam berat deh, dengan makanan ini…hihihi Trus...trus, kami janjian deh posting bareng hasilnya.
Voilà,


7 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

[EveNt] SOTO PADANG

Thursday, December 25, 2008,6 Comments

Masak Bareng bulan 12 ini temanya Soto Padang. Pas banget dengan kesukaan saya nih, SOTO. Hehehe Khasnya soto Padang sebenernya ada di kerupuk merah sama sambalnya. Selain itu juga daging sotonya yang digoreng renyah. Tapi....Sayang seribu sayang, saya ga nemu kerupuk merah nih.. ga tau deh beli di mana si krupuk merah ini di kota saya. Hehehe
Akhirnya saya ganti si kerupuk merah dengan kerupuk “jungkir balik” alias kerupuk rakyat. Biarpun nggak mirip, tapi lumayan lah, biar sotonya tetep ada kriuk-kriuknya. Hihi :D



6 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Snack Manis

Bencana si MARTABAK MANIS

Tuesday, December 23, 2008,4 Comments


Ceritanya nih, saya baru aja beli loyang martabak manis.
Biasanya saya bikin martabak manis cuma pakai wajan anti lengket & hasilnya selalu baik-baik saja.
Nah, penasaran donk, pengen makai tuh loyang… kira-kira gimana ya, hasilnya?
Langsung deh saya bikin martabak manis pakai loyang baru.
Dan...
eng ing eng.....
Tanpa diduga, martabak manis saya gosong dengan sukses.
Bah, apa pula ini, kok malah hasilnya lebih parah daripada pakai wajan?!? hahahaha
Setelah ditelusuri, ternyata saya kelamaan manasin loyangnya. Hihihi
Yah, gitu deh kalau lagi belajar. Ada aja ‘bencana’.
Tapi bagi saya, ini adalah pelajaran yang berharga. Bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda?
Nah, yang ini martabak manis yang lumayan sukses. Meskipun saya kurang puas dengan penampilannya. Kenapa? Karena saya bikinnya terlalu tipis.
Itu gara-gara takut terjadi ‘bencana’ lagi. Pikir saya, kalo tebal seperti punya penjual martabak manis, nanti matangnya lama dan keburu gosong lagi. Hihihi
Maklum deh, belum berpengalaman.
Nanti deh, kalau sempat saya nyoba bikin lagi, pantang menyerah sampai hasilnya memuaskan. :D :D :D

4 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Mie/Noodles

KWETIAW GORENG SAPI

Sunday, December 21, 2008,3 Comments

KWETIAW GORENG SAPI

Bahan:

500g kwetiaw basah
200 g sawi hijau
100 g taoge
2 batang daun bawang
150 g dagung has
2 sdm minyak goreng
4 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, cincang

Saus:
50 ml air
2 sdm kecap asin
1½ saus tiram
Garam & merica
1 sdt minyak wijen


Pelengkap:
Acar mentimun

Cara Membuat:
Siram kwetiaw dengan air, tiriskan. Cuci sawi, buang pangkalnya, lalu potong 4 cm, sisihkan
Buang akar taoge dan iris serong daun bawang ½ cm. Iris tipis daging ukuran 2x4 cm. Sisihkan.
Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan daging iris, aduk-aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan saus, aduk cepat sampai baunya menyengat.
Masukkan sawi dan daun bawang, aduk sebentar sampai sawi layu, masukkan kwetiaw. Setelah rata dan masak, matikan apinya. Masukkan taoge, aduk cepat, angkat. Pindahkan kwetiaw dalam piring saji, hidangkan selagi panas dengan pelengkap acar mentimun.

Sumber: Seri Masak Femina Primarasa a la Cafe & Kaki Lima 9

3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

aWaRd

Parade Award

Saturday, December 20, 2008,0 Comments

Makasih ya buat teman-teman yang udah berbaik hati memberikanku award ini :)

From: Melanie Iskandar - Mom's Daffa & Lady Pearl - My Kids My World

From: Sefa Firdaus - Food is Love

From: Lidia Sianturi - Bianca's and Jordan's Mom

From: Ine Sena - Dapoerkoe

From: Ari Gundersen - AG's Food

From: Melanie Tanti - Dapur Sederhana

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

cumi-cumi

Tumis Cumi Telur Puyuh

Friday, December 19, 2008,1 Comments


Resepnya ilang... hehehe

1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

cake

Brownies Kukus Minimalis

Wednesday, December 17, 2008,5 Comments

Sebenernya malu juga nih, majang foto ini. Kenapa?Ini adalah pertama kalinya saya bikin cake pake hiasan butter cream. Hahahaha
Iya!! Pertama kali!!! Norak deh... :D
Maklum....Soalnya, selain saya emang belum bisa dalam hal cake decoration, saya juga gak doyan kue/cake yang manis, apalagi dipakein hiasan-hiasan, kecuali kalo hiasannya berupa ayam goreng.… hahaha
Nah, ini brownies kukus (pake resepnya Ny. Liem) saya hias minimalis, selain buat uji coba juga sekalian buat kado ultah adik sepupu saya si Oplet. Hihihi...
Pengennya sih besok bisa mahir membuat & menghias cake gitu, seperti kawan-kawan yang lain.... :D
Ayo donk..... ajarin saya....... please... :)

5 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Indonesian Culinary

SATE KaMbiNg

Monday, December 15, 2008,4 Comments





Sate kambing dengan bumbu racikan om saya :D
Tukang bakarnya adik-adik sepupu saya.
Lha saya? bagian motret-motret ama makan aja... hahaha

4 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Indonesian Culinary

Daging Masak Korma [Aceh]

Saturday, December 13, 2008,3 Comments

Mau resepnya?
liat aja di SiNi

3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

iNfo Masak Bareng Yuuk..!!

Thursday, December 11, 2008,3 Comments

Event Masak Bareng Yuukk..!! datang lagi....
Untuk edisi Desember'08 ini, sesuai dengan ide dari mbak Melanie, menunya SOTO PADANG
Event ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh ikut . Ga ada syarat yang 'mengikat', hanya posting menu sesuai dengan tema, dilengkapi dengan logo di atas pada hari Kamis, 25 Desember 2008. Jam-nya ga harus sama, yang nyaman aja buat para foodie blogger untuk posting.

Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera. Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan. Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh. Yang penting having fun mencoba-coba resep, jeprat-jepret hasilnya lalu menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia via blog.

InsyaAllah event ini akan diadakan setiap bulan. Menu dan jadwal posting (tiap Kamis terakhir) bulan berikutnya akan diumumkan tiap penayangan hasil Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya. Info ini juga tersedia di Rumah MasBar & di dapur Yu Shinta dan Yu Ayin.

O iya, jangan lupa kalo dah naik tayang kasih kabar ke Rumah MasBar & ke foodie blogger lainnya (termasuk saya yah.. :D) ntar kita bakalan rame-rame meluncur ke sana buat icip-icip plus kasih koment. Ditunggu partisipasinya ya.... Masih cukup waktu buat belanja dan masaknya kan?!
Masak bareng yuukk..!!!

Silahkan kunjungi Rumah Baru Masak Bareng Yuuk..!!, di http://masakbarengyuuk.blogspot.com/

3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Jamur/Mushroom

Spaghetti All’arrabiata Menipu Mata

Wednesday, December 10, 2008,5 Comments

Weks.. judul masakannya aneh ya? Hihihi
Aslinya saus Arrabiata itu saus pedas yang dibuat dari cabe merah, tomat ama daging cincang. Tapi, kali ini saya bikin ga pake tomat, daging cincangnya diganti pake jamur. [Lah, bukan lagi Arrabiata donk ya... hihihi]
Trus, kenapa menipu mata? Karena eh karena, warna spaghettinya coklat. Kesannya rasanya manis pake kecap gitu, kan?

Padahal rasanya puedesss banget!!! Hihihihi

Nah, warna coklatnya itu bukan karena kecap, malainkan karena saya pakai wholemeal spaghetti & mushroom sauce. Hehe..

5 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Indonesian Culinary

CIMOL / CIRENG

Sunday, December 07, 2008,3 Comments

Jajanan murmer yang banyak dijual di depan sekolah ini ternyata gampang banget buatnya.
Nah, daripada jajan di luar yang ga jelas kebersihannya, mending bikin sendiri aja yuuuk....
Ntar dimakannya pake saus sambal botolan atau sambal kacang...
Lumayan lah, buat teman nonton tv...hehehe
Bahan:
450 g tepung sagu
200 g tepung terigu

300 ml air
4 butir telur
1 daun bawang, iris halus
4 siung bawang putih, haluskan
2 sdt kaldu bubuk
Garam & merica
Minyak goreng

Cara Membuat:
Campur tepung sagu, terigu, merica, bawang, dan garam. Aduk rata.
Masukkan telur dan air sedikit-sedikit, sambil diaduk.
Masukkan daun bawang. Aduk rata.
Bentuk adonan, goreng dengan minyak panas.

Sumber: Tabloid Koki

3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Ikan/Fish

IKAN PEDES

Friday, December 05, 2008,4 Comments

Resepnya?
nyusul kalo inget :D

4 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Nasi Jenggo [BALI]

Tuesday, December 02, 2008,5 Comments


Makanan berupa nasi berbungkus daun pisang yang murah meriah khas Bali ini, isinya mirip dengan “Sego Bungkus” (bahasa Jawa: sego=nasi) yang dijual di angkringan siang hari di Semarang, yang kadang disebut juga “Sego Becak”. Mungkin karena yang beli biasanya para abang becak jadi dinamain gitu. Harganya murah meriah, dulu sih cuma 750 – 1.000 rupiah. Ga tau deh sekarang berapa… udah gitu porsinya buanyak banget, pas buat abang becak yang kecape’an seharian genjot becaknya. :D
Kembali ke Nasi Jenggo....
Di Bali, Nasi Jenggo dijual di angkringan malam hari. Biasanya dimakan sambil lesehan di trotoar. Mirip “Sego Kucing” di Jogja/Semarang/Solo gitu deh. Eh, tapi kabarnya ada juga penjual Nasi Jenggo yang keliling pake sepeda, lho... Harga Nasi Jenggo juga relatif murah, tapi porsinya ga sebanyak Sego Becak.
Kenapa dinamakan Nasi Jenggo?
Menurut cerita, Nasi Jenggo pertama kali muncul di sekitar daerah Suci–Denpasar, sebelum tahun 1980-an. Saat itu, Nasi bungkus khas Bali yang kemudian disebut Nasi Jenggo, bisa dibeli di salah satu sudut pasar senggol Suci setiap malam mulai pukul 20.00. Pada tahun 1970-1980-an, para penjelajah Kuta di malam hari mempunyai gaya yang khas mirip seorang koboi jaman wild west. Mungkin para koboi Kuta inilah yang kemudian dijuluki Jango (lelaki jagoan pada masa koboi). Nah, rupanya mereka ini sering berkerumum membeli nasi bungkus pedas khas Bali yang dijual di bawah poster bioskop Suci. Lama-lama nasi bungkus itu dinamakan dengan nasi Jango/Jenggo/Jinggo. (
Disarikan dari tulisan pengamat budaya Benito Lopulalan di Kompas, 1997).
Bedanya Nasi Jenggo dengan Sego Kucing:
Nasi Jenggo umumnya dalam satu bungkus berisi sekepal nasi putih, dengan lauk mie goreng, sambal pedas, kering tempe, dan beberapa suwir ayam/daging/ikan yang dibumbui khas Bali.
Kalau Sego Kucing, isinya sekepal nasi putih + sambal, lauknya bisa pilih: ada yang pake ayam/ikan sarden/kering tempe/cumi hitam/telur balado, dll. (Tiap bungkus isi lauknya cuma satu. Jadi, bungkusan satu dengan yang lain isi lauknya beda, tergantung kita mau pilih yang mana). Makanya harganya juga lebih murah. Sekarang sekitar 1.000-2.000 rupiah.
Persamaannya:
Sama-sama “porsi balita” alias sedikit + sambal pedas yang ngangenin, dan dibungkus pake daun pisang.

Nasi Jenggo yang saya buat kali ini isinya: Nasi putih, Telur dadar, Sambal pedas, Mie goreng, dan Ayam Pelalah.
Resep Ayam Pelalah sama Sambalnya nyontek dari dapurnya Rurie. Karena Si Rurie itulah yang bikin saya ngiler penasaran sama yang namanya Nasi Jenggo. Heheheheh… :D (Danke yo, Rie...)
AYAM PELALAH

Bahan:500 g Ayam, rebus, suwir-suwir
100 ml Kaldu ayam
Minyak goreng
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1 sdt air jeruk limau

Bumbu:6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm kunyit
1 cm kencur
1 cm lengkuas
3 buah cabai rawit merah
3 cabai merah
3 butir kemiri
Garam
2 sdt gula jawa
2 buah tomat ukuran sedang
1 sdt Terasi

Cara Membuat:Haluskan semua bumbu.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, sereh, dan daun salam hingga harum.
Tuangkan kaldu ayam.
Masukkan ayam suwir. masak hingga ayam berubah warna dan bumbu meresap.
Kucuri dengan air jeruk limau.
SAMBAL NASI JENGGO

Bahan:Cabai rawit merah
Bawang merah
Garam
Terasi
Gula

Cara Membuat:
Gerus kasar semua bahan.
Goreng sambal dengan sedikit minyak sampai harum.


Recipes By. Rurie

5 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

AYAM PEKAK

Sunday, November 30, 2008,4 Comments

Bahan:
1 ekor ayam, potong 8 bagian
1 buah tomat merah, potong-potong
4 siung bawang putih, cincang kasar
½ bawang bombay, potong panjang
3 buah cabai kering, potong-potong
2 buah pekak
1½ sdm saus tiram
½ sdt bumbu ngohiong
Garam & merica hitam
500 ml air
1 batang daun bawang, potong serong

3 sdm minyak untuk menumis



Cara Membuat:
panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang bombay, cabai kering, dan pekak sampai harum.

masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.

tambahkan tomat. Aduk sampai layu.

masukkan saus tiram, bumbu ngohiong, garam, dan merica hitam. Aduk rata.

tuang air, masak sampai kental. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
Souce: Tabloid Saji

4 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

[EveNt] Pepes Ayam (Spicy Chicken Wrapped in Banana Leaves)

Thursday, November 27, 2008,11 Comments

Akhirnya jadi juga pepes ayam saya untuk even Mas-Bar bulan 11 ini. Awalnya sempat ga ngerti mo bikin pepes ayam model gimana. Soalnya belum pernah bikin sebelumnya.
Akhirnya, saya buka-buka primbon koleksi saya.
Eeeeh, nemu resep pepes ayam yang kayaknya enak banget, dari
Seni Dapur Majalah Kartini jaman dulu kala, tahun 1983. Hiiii... kuno banget ya?! Padahal tahun segitu saya masih batita... hehehe :p
Nah ceritanya, waktu lebaran kemaren, saya bongkar-bongkar lemari buku mak cik saya. Trus berhubung mak cik saya udah jago masak-memasak, maka banyak buku-buku yang akhirnya
berpindah tangan menjadi milik saya, termasuk si Dapur Kartini ini.
Lumayan deh...buat nambah koleksi buku saya yang sebenernya udah overload. :D
Buat saya sih, biarpun resep ini diambil dari buku jaman kuda gigit besi, tapi justru resepnya malah lebih authentic dan rasanya enak. Sudah terbukti dari pepes ayam yang saya buat ini.
Pepes ayamnya mak nyuuusss apalagi pake daun kemangi yang baunya khas banget.
Hmmmmmm….. nyam-nyam deh…. (Ngabisin nasi hangat 2 bakul :D)

Oia, di resep aslinya ga pake cabe rawit. Tapi berhubung saya penggemar pedas, saya tambahin deh cabai rawit. Biar tambah enak…. Hehehe :D
Masak Bareng Yuukkk...!!!
Ingredients:500 g chicken, cut into small pieces
30-40 swe
et basil leaves, chopped
2 stalk green onion, sliced
2 salam leaves (Eugenia Polyantha)
1 stalk lemon grass
1 cm galangal, sliced
Vegetable oil
Banana leaves

Ground Spices:
6 candlenuts
3 shallots
2 cloves garlic
1 cm turmeric
1 cm ginger
2 tomatoes
5-10 red capsicums / red
bird's eye chili
Salt
Method:Blend all ingredients in ground spice into a paste.
Put oil in a pan, sauté the paste until fragrant.
Add salam leaves, lemon grass, and galangal.
Put-in the chicken and cooking until a little dry.
Add sliced green onion and sweet basil leaves, mix thoroughly. Remove from the heat.
Wrap the chicken in a sheet of banana leaf and seal, steam for about 30-45 minutes.
Serve in a serving dish.

11 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

SUP AYAM JAMUR

Tuesday, November 25, 2008,0 Comments

Dingin-dingin gini enaknya makan yang hangat & seger ya...
Bikin sup ayam jamur aja, yuuuk....

SUP AYAM JAMUR
Bahan:
250 g ayam, potong-potong
30 g jamur kuping, iris
50 g jamur kancing, iris
1.500 ml Kaldu ayam / air
Garam & merica
½ siung bawang bombay, iris
4 siung bawang putih, memarkan
1 ruas jari jahe, memarkan
1 sdm kecap ikan
1 sdm mushroom sauce
½ sdm minyak wijen
2 sdm minyak goreng untuk menumis
Cara Membuat:Panaskan minyak goreng dan minyak wijen. Tumis bawang bombay, jahe dan bawang putih hingga harum.
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
Tambahkan jamur dan mushroom sauce. Aduk rata.
Tuangkan kaldu ayam/air.
Tambahkan kecap ikan, garam & merica. Masak hingga mendidih & matang.

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

cumi-cumi

CUMI ISI BAKAR BUMBU MERAH

Sunday, November 23, 2008,2 Comments

Hiiiihiiii ini foto cumi waktu masih utuh. Cumi yang udah dipotong ga sempat difoto, udah keburu masuk ke perut.. :D


Bahan:500 g cumi segar, ambil kepalanya, cincang
1 butir telur
200 g tahu cina, haluskan
Garam & merica
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 buah cabai merah besar
1 cm jahe
4 butir kemiri, sangrai
1 sdt terasi, bakar
Garam

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum.
Lumuri cumi dengan sebagian tumisan bumbu. Diamkan 25 menit. Sisihkan.
Campur kepala cumi, tekur, tahu, sisa tumisan bumbu, garam & merica. Aduk rata.
Isi cumi dengan adonan tahu. Semat dengan lidi.
Bakar sambil dibolak-balik dan diolesi sisa bumbu sampai matang.
Sumber: Tabloid Saji

2 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

SUS GORENG CUMI KEJU

Friday, November 21, 2008,6 Comments

Bahan Bakso:
125 g cumi-cumi, giling
50 g ayam giling
1 sdm putih telur, kocok lepas
Garam & merica
2 siung bawang putih goreng, haluskan
25 g tepung sagu
1 batang daun bawang, iris halus.



Bahan Sus Goreng:
150 ml air
50 g margarine
Garam
150 g terigu protein sedang
½ sdt baking powder double acting
2 butir telur
50 g keju cheddar parut
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
 

Bakso: uleni cumi giling, ayam giling, putih telur, garam, merica, dan bawang putih sampai rata. Banting-banting hingga kalis. Masukkan tepung sagu dan daun bawang. Aduk rata.
Bentuk adonan menjadi bola-bola dengan sendok. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung.
 

Sus goreng: rebus air, margarin, dan garam sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata. Nyalakan api. Masak sampai kalis. Angkat.
Masukkan telur satu per satu sambil dikocok rata. Tambahkan baking powder. Kocok rata. Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata.
Ambil adonan sus. Bari bakso di tengahnya, bulatkan.
Goreng dalam minyak panas sampai matang.


Sumber: Tabloid Saji

6 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Tempe/Tahu

TAHU PEDES

Wednesday, November 19, 2008,7 Comments

Gara-gara Yu Lidi cerita kalo dia habis beli tahu pedes dari pecinan, rasanya enak pula. Wiih... langsung deh saya ngiler.
Setelah berkonsultasi tentang rasa & ramuan apa yang kira-kira dipakai si tahu, akhirnya saya masak deh.....
Nih, hasilnya....
Mirip nggak ya ama yang di pecinan? Entahlah....
Eh, berhubung saya masak ini udah lumayan lama + kelupaan nulis resepnya, akhirnya saya pun lupa ramuan apa aja yang dipakai buat masak ni tahu. Hehehe :p
Ntar deh, kalo inget saya tulisin resepnya. Tapi kalo nggak inget, temen-temen bisa tanya aja ama Yu Lidi... :D

7 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

SOTO MAGETAN

Monday, November 17, 2008,1 Comments

Bahan:
750 g ayam, potong menjadi 4 bagian
2.000 ml air, untuk merebus ayam
Garam
3 sdm minyak goreng, untuk menumis
3 lembar daun salam2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk
5 cm kayu manis
2 cm lengkuas, memarkan

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit
5 butir kemiri
2 sdt ketumbar
Garam & merica
1/8 sdt jintan
1 sdt asam jawa

Pelengkap:
3 butir telur rebus, kupas, potong-potong
50 g soun, siram air panas sampai mekar, tiriskan
150 g taoge, siram air panas, tiriskan
100 g kol, iris halus
2 batang seledri, iris halus
2 sdm bawang goreng
Sambai cabai
Keripik kentang
Kecap manis
Air jeruk nipis
Cara Membuat:
Rebus ayam bersama air dan garam sampai ayam empuk dan kaldunya tersisa
± 1.200 ml, angkat, tiriskan ayam.
Suwir-suwir daging ayam, buang tulangnya, sisihkan.
Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus, masukkan daun salam, serai, daun jeruk, kayu manis, dan lengkuas. Aduk sampai baunya harum. Masukkan kaldu sedikit demi sedikit ke dalam wajan sambil diaduk terus. Masakn sampai mendidih kembali.
Siapkan mangkuk saji, taruh ayam suwir, siram dengan kuah soto. Hidangkan soto selagi panas beserta pelengkapnya.

Sumber: Seri Masak Femina Primarasa Soto Nusantara

1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

EveNt

Masak Bareng Yuukk..!! -edisi November'08-

Saturday, November 15, 2008,0 Comments

Event Masak Bareng Yuukk..!! datang lagi....
Untuk edisi November'08 ini, sesuai dengan ide dari mbak Rita, menunya PEPES AYAM.
Oia, event ini punya logo baru neh... :D
[makasih buat Kartun United yang udah mau direpotin buat bikinin logo Mas-Bar..]
Event ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh ikut (tentunya foodie blogger dong ya?!). Ga ada syarat yang 'mengikat', hanya posting menu sesuai dengan tema, dilengkapi dengan logo di atas pada hari Kamis, 27 November 2008. Jam-nya ga harus sama, yang nyaman aja buat para foodie blogger untuk posting.

Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera. Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan. Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh. Yang penting having fun mencoba-coba resep, jeprat-jepret hasilnya lalu menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia via blog.

InsyaAllah event ini akan diadakan setiap bulan. Menu dan jadwal posting (tiap Kamis terakhir) bulan berikutnya akan diumumkan tiap penayangan hasil Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya. Info ini juga tersedia di dapur Yu Shinta dan Yu Ayin.

O iya, jangan lupa kalo dah naik tayang kasih kabar ke foodie blogger lainnya (termasuk saya yah.. :D) ntar kita bakalan rame-rame meluncur ke sana buat icip-icip plus kasih koment. Ditunggu partisipasinya ya.... Masih cukup waktu buat belanja dan masaknya kan?!
Masak bareng yuukk..!!!

0 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)