ayam/Chicken

[EveNt] Pepes Ayam (Spicy Chicken Wrapped in Banana Leaves)

Thursday, November 27, 2008,11 Comments

Akhirnya jadi juga pepes ayam saya untuk even Mas-Bar bulan 11 ini. Awalnya sempat ga ngerti mo bikin pepes ayam model gimana. Soalnya belum pernah bikin sebelumnya.
Akhirnya, saya buka-buka primbon koleksi saya.
Eeeeh, nemu resep pepes ayam yang kayaknya enak banget, dari
Seni Dapur Majalah Kartini jaman dulu kala, tahun 1983. Hiiii... kuno banget ya?! Padahal tahun segitu saya masih batita... hehehe :p
Nah ceritanya, waktu lebaran kemaren, saya bongkar-bongkar lemari buku mak cik saya. Trus berhubung mak cik saya udah jago masak-memasak, maka banyak buku-buku yang akhirnya
berpindah tangan menjadi milik saya, termasuk si Dapur Kartini ini.
Lumayan deh...buat nambah koleksi buku saya yang sebenernya udah overload. :D
Buat saya sih, biarpun resep ini diambil dari buku jaman kuda gigit besi, tapi justru resepnya malah lebih authentic dan rasanya enak. Sudah terbukti dari pepes ayam yang saya buat ini.
Pepes ayamnya mak nyuuusss apalagi pake daun kemangi yang baunya khas banget.
Hmmmmmm….. nyam-nyam deh…. (Ngabisin nasi hangat 2 bakul :D)

Oia, di resep aslinya ga pake cabe rawit. Tapi berhubung saya penggemar pedas, saya tambahin deh cabai rawit. Biar tambah enak…. Hehehe :D
Masak Bareng Yuukkk...!!!
Ingredients:500 g chicken, cut into small pieces
30-40 swe
et basil leaves, chopped
2 stalk green onion, sliced
2 salam leaves (Eugenia Polyantha)
1 stalk lemon grass
1 cm galangal, sliced
Vegetable oil
Banana leaves

Ground Spices:
6 candlenuts
3 shallots
2 cloves garlic
1 cm turmeric
1 cm ginger
2 tomatoes
5-10 red capsicums / red
bird's eye chili
Salt
Method:Blend all ingredients in ground spice into a paste.
Put oil in a pan, sauté the paste until fragrant.
Add salam leaves, lemon grass, and galangal.
Put-in the chicken and cooking until a little dry.
Add sliced green onion and sweet basil leaves, mix thoroughly. Remove from the heat.
Wrap the chicken in a sheet of banana leaf and seal, steam for about 30-45 minutes.
Serve in a serving dish.

You Might Also Like

11 comments:

  1. Yuhuuu... aku ikutan ngicip yo Deeth :D

    ReplyDelete
  2. Mbak Deetha, makasih banget udh ngadain event masbar gini...masakan pilihannya bagus2..keep on ya,Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Wes enak ki....Whitty ambek Romy dibagi ra?? Tapi pedes yo ra iso dekne...yo wes kanggo mbokne wae :P

    ReplyDelete
  4. A.G : capsicum kui cabe rawit, mbok....

    Shinta : ayo, tukeran icip2 pepes yo....

    Dapur Cantik : sama-sama. ayo ikutan lagi ya, MasBar selanjutnya :D

    Rurie : Whitty ambek Romy gak kebagian. mengko mundak mabuk, wong iku pedes je. nek kanggo mbokne boleh juga. tapi ijole pepes gaweanmu yo... hahahaha :D

    ReplyDelete
  5. permisi,saya ikut masak bareng juga ya...yuk,cobain pepes ayam a la cannes..he..he..salam kenal..

    ReplyDelete
  6. lha nek iki yo bener2 pepes...duwekku ra koyok pepes je...

    ReplyDelete
  7. ah tadi aku juga sempet kepikiran masukin tomat dipepes ayamku, tapi gak jadi..

    yg penting aku udah posting yaaa pepes ayam hasil ngarang :D

    btw, usul dong... harusnya Masak Bareng punya website khusus deh, jadi nanti dikumpulin jadi satu disitu.. kan gampang nyarinya :)

    gak perlu ditulis semua, cukup ringkasan aja, trus dilink ke-blog yg punya resep..

    gimana?

    ReplyDelete
  8. Hi Deetha, salam kenal ya. Saya join eventnya ya. Kalau boleh linknya di masukan di 'kitchen' saya. makasih :)

    ReplyDelete
  9. setauku capsicum itu sebutan inggris OZ buat red long chilies, Dhit aka cabe merah.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)