EveNt

[EveNt] SOTO PADANG

Thursday, December 25, 2008,6 Comments

Masak Bareng bulan 12 ini temanya Soto Padang. Pas banget dengan kesukaan saya nih, SOTO. Hehehe Khasnya soto Padang sebenernya ada di kerupuk merah sama sambalnya. Selain itu juga daging sotonya yang digoreng renyah. Tapi....Sayang seribu sayang, saya ga nemu kerupuk merah nih.. ga tau deh beli di mana si krupuk merah ini di kota saya. Hehehe
Akhirnya saya ganti si kerupuk merah dengan kerupuk “jungkir balik” alias kerupuk rakyat. Biarpun nggak mirip, tapi lumayan lah, biar sotonya tetep ada kriuk-kriuknya. Hihi :D





SOTO PADANG
Bahan:
500 g daging sapi
1-2 potong tulang sumsum
Garam
Air untuk merebus
Minyak goreng
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
½ lembar daun kunyit
4 cm lengkuas, memarkan
½ butir pala, belah 2
2 sdm bumbu kari bubuk
4 batang daun bawang, iris-iris

Bumbu Halus :
15 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 cm jahe
4 butir kemiri
Garam

Pelengkap :
Perkedel kentang
150 g soun, seduh, tiriskan
Seledri cincang
Bawang goreng
Kerupuk merah
Sambal:
8 buah cabai merah
5 butir bawang merah
1 buah tomat
Garam
Cara Membuat:
  1. masukkan dagung dan tulang dalam panci, tambahkan air secukupnya, bubuhkan garam, rebus hingga daging empuk, angkat. Pisahkan air perebusannya, ukur sebanyak ± 1.250 ml. Jerang kembali di atas api. Iris tipis daging yang sudah ditiriskan.
  2. panaskan minyak dalam wajan, goreng daging iris hingga kering dan renyah, angkat, tiriskan. Setelah dingin, remas-remas daging goreng (kasar saja).
  3. panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, daun kunyit, lengkuas, pala, dan bumbu kari, aduk hingga matang dan baunya harum, angkat. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci kaldu, masak hingga cairannya tinggal ± 1.000 ml. Masukkan daun bwang, aduk sebentar, angkat.
  4. Sambal: gerus halus bahan sambal. Panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bahan sambal hingga baunya harum dan bahan matang, angkat.
  5. Penyajian: taruh perkedel dan soun dalam piring cekung. Tuangi kuah soto, tambahkan daging goreng, seledri, bawang goreng dan kerupuk. Hidangkan panas dengan sambal.

Untuk 4 porsi

Sumber
: Seri Masak Femina Primarasa – Resep Pilihan Ahli Masak – HIDANGAN BUNDO by: Ny. Djamil

You Might Also Like

6 comments:

  1. Yuhu.. ayem coming! Mau nyicip sopad versi Deetha ah...slurp :D

    ReplyDelete
  2. wah dirimu udah di Indo aja susah cari kerupuk merah, apalagi aku ya Deet :))

    aku pass, gak bisa ikutan... krn ciri khas dari soto padang itu ya kerupuk merahnya :D
    padahal aku udah punya daging yg utk digoreng dan daging yg ada sumsumnya utk kaldu, plus udah punya kentang utk bikin perkedel... tapi ya gitu deh, kerupuk merahnya gak ada... jadi males :D

    ReplyDelete
  3. kalo Vy dapet kerupuk merahnya di pasar tradisional gitu,Deeth..itu juga Mama yang beliin :D

    ReplyDelete
  4. huaa...pake sumsum :(( iri..iri...
    mesti lebih enakk...

    ReplyDelete
  5. kulonuwun,bonsoir....ikut maem bareng di rumah mbak Dheeta ahhh..dingin2 gini nyruput kuah soto sing pedesssss...uenak banget!! punya ku dah habiiisss...:(

    ReplyDelete
  6. wkwkwkw.. tulisane krupuk rakyat kok.. eh awakmu tuku krupuk sek saranke nek Matahari :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)