Ikan/Fish

MISOA KUAH PEDAS

Sunday, September 26, 2010,7 Comments

Ting.. Tong...
Ada misoa kuah pedas nih...
Sebenernya menu ini saya buat jaman sebelum lebaran kemarin & baru sempat tayang sekarang. hehehe
Resepnya saya nyontek dari Mbak R, blogger tenar dari Surabaya. ahaks... ahaks...



MISOA KUAH PEDAS
Recipe by. Rachmah Setyawati


Bahan:
Patin Kuah Pedas :
1 Ekor Fillet Ikan Patin, potong dadu sedang saja
4 Siung bawang Putih
1/2 sdt Terasi Bakar
3 biji Cabe Merah, buang isi, goreng hingga layu dulu
5 biji Cabe Rawit, iris tipis2
1 bh serai, belah dua
3 iris jahe segar
1 genggam jamur enoki, potong akarnya

1 sdm kecap ikan
1 sdm kecap asin
sedikit garam
1 sdt Gula Pasir [saya nggak pakai]
1/2 bulatan sedang bawang bombay, iris tipis2/cincang


3 sdm minyak sayur
daun ketumbar [saya nggak pakai]

Misoa : Rebus air mendidih, masukkan beberapa lipatan misoa (3 lipatan saja - Rachmah), biarkan hingga kurleb 3 menit. Angkat , tiriskan. Sisihkan.


Cara Membuat :
1. Haluskan cabe merah, terasi bakar dan bawang putih
2. Panaskan 3 sdm minyak sayur, masukkan bawang bombay, aduk hingga harum, baru masukkan bumbu halus beserta serai dan jahe serta cabe rawit, tumis hingga harum, besarkan api, masukkan potongan ikan patin, aduk hingga berubah warna, beri kecap asin dan kecap manis, aduk2 lagi.
3. Bumbui dengan garam dan gula pasir, aduk rata, beri air secukupnya sebagai kuah, masak hingga kuah mendidih.Masukkan jamur enoki, aduk2 sebentar, Cicipi, jika rasa sudah pas, matikan api.
4. Sajikan misoa ke dalam mangkuk saji, siram dengan kuah patin pedas, taburi daun ketumbar.

You Might Also Like

7 comments:

  1. aku harus cobain banget nih mbak.. hehe. mudah2an sempet bikin minggu2 depan. :)

    ReplyDelete
  2. @Mon2: ho'oh, cobain aja, Mon...
    lumayan nih dmakan pas ujan2 gini... anget2... pedes2...

    ReplyDelete
  3. salam deetha...yg ini nmpak sedap banget nih...nak semangkuk blh :)))

    ReplyDelete
  4. Deetha..jangan lupa tinggal semangkuk uttuk sue..hehehheee

    ReplyDelete
  5. Hi Deetha, sedapnye mee sua!!! Bak sini sebowl...hehehe ;)

    ReplyDelete
  6. salam deetha..
    sedapnya..akak suka makan mee mcm ni..hihi

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)