Chinesse Food

SOP UTER

Thursday, December 20, 2012,3 Comments

Salam semua,
Ini kalau nggak gara-gara Pepy, saya nggak update blog deh... hohohoho

Masih hasil dari mencoba resep di buku yang keren banget, kali ini yang jadi objek penderita adalah Sop Uter.
Masakan Peranakan Tionghoa Semarang yang sering disajikan pada acara-acara pesta sejak tahun 1950-an hingga kini.


3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Mie/Noodles

Soun Goreng

Wednesday, December 12, 2012,10 Comments

Hai.. hai..
Siapa yang menanti masakan cina hasil eksekusi resep dari buku baru kemaren tuh, sabar yaa...
Tunggu penayangannya di Mlebu Pawon. Coming Soon deh... :D
Sekarang nikmati dulu soun goreng. Kalau biasanya soun cuma buat pelengkap makan soto, sekarang coba dimasak untuk hidangan utama. hehe

10 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Ayam Bumbu Petis

Tuesday, November 20, 2012,13 Comments


Selamat pagi, selamat Hari Jumat semua....
Menu hari ini ayam bumbu petis ya, biasa lah, menu mudah & cepat, bumbunya mirip sama krengsengan.

Yang pada mau nyobain, monggo.. resepnya ada di bawah ini :)

13 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Chinesse Food

Telur Goreng Cina

Wednesday, October 24, 2012,7 Comments


Ya', kini saatnya kembali mencoba hidangan dari negeri seberang, mengeksekusi resep dari buku yang diberikan Makcik Manggis beberapa waktu yang lalu.
Sebenernya sih telur goreng cina ini ada juga di Indonesia, namanya Telur Orak Arik. hehehe
Tapi, tidak ada salahnya kan kalau kita mencoba cita rasa yang berbeda.
Oh ya, resep asli berbahasa melayu, sudah saya terjemahkan dalam bahasa Indonesia.

7 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Minuman/Drinks

Es Cinkol

Monday, September 17, 2012,10 Comments

Selamat berbuka puasa.....
Mohon maaf ya kawan-kawan, beberapa hari ini saya nggak bisa blog walking & jawab komentar satu per satu, karena jaringan internet di rumah melemot dengan sukses.
Nah, daripada sebel mikirin internet lemot, mending kita minum es aja, yuk... hehehe

10 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Minuman/Drinks

Iced Calamansi Tea

Monday, September 10, 2012,5 Comments


Beberapa hari ini cuaca di kota saya terasa sangat panas. Kalo cuaca panas gitu bawaannya haus melulu kan?
Bikin Es yukk... Es Teh yang diberi calamansi lime, enak loh.. hehehe
Saya bikinnya dari teh hitam, makanya warna teh saya pekat, tidak seperti es teh calamansi punya kawan-kawan di seberang :)
Resepnya tengok dari rumah kak Hana, Copy paste from Wendy's blog. Thank You buat kalian ber-2...
Minta ijin resepnya di-sharing di sini :)

5 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Mi Sop Ayam Medan

Tuesday, September 04, 2012,7 Comments


Hari ini cuaca mendung lagi. Mari kita makan yang anget-anget...
Kangen banget makan Mi Sop Ayam di Medan, tapi kok jauh amat ya kalo mesti pergi ke Medan, secara di Jawa nih nggak ada yang jual. Yo wes, mari kita membuat sendiri saja. Pake resepnya Pepy, lumayan enak juga. Sayangnya saya lagi nggak punya stok krupuk merah.

Kalo dirasa-rasa, Mi Sop Ayam ini memang mirip dengan sop kalau pake sop bunjut. Jadi, kalau kita malas nguleg-uleg bumbu, boleh buat kuahnya pakai sop bunjut aja. hehehe [sebelum ini saya udah pernah nyoba buat mi sop ayam pake kuah dari sop bunjut].
Cuma yang jadi masalah lagi, di kota saya nggak ada yang jual sop bunjut. hiks... Mesti ke Medan lagi kalau mau beli. Eh tapi, di Jakarta ada nggak ya? coba deh besok2 saya cari.

Kalau takde juga, kawan-kawan dari Malaysia tu kena kirim saya sop bunjut banyak2 ye, saya tunggu... hihihi

Okelah, mari kita liat resepnya di bawah ini, langsung saya copas dari dapurnya Pepy.

7 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Chinesse Food

CAP CAI KUAH

Saturday, March 17, 2012,6 Comments


Assalamu'alaikum,
Saya nemu buku baru yang keren banget (menurut saya), yang isinya masakan khas kota kelahiran saya & mengingatkan akan masakan-masakan mendiang ibu saya.
Salah satunya adalah Cap Cai Kuah ini. Buat yang penasaran sama rasanya, silahkan mencoba memasak sendiri, resepnya ada di bawah ini :)
Kalau masih penasaran sama resep-resep yang lain, silahkan cari bukunya di toko buku terdekat di kota anda. ahahaha


6 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Books

Siapa yang dapat Giveaway?

Monday, March 12, 2012,6 Comments

Terima kasih banyak buat kawan-kawan yang sudah menyempatkan ikutan GA Mlebu Pawon  :)


Berdasarkan sistem undian,
maka ketemulah siapa pemenangnya...
eng ing eng...

51 Resep Pilihan Roti & Pao : Kak Ummi - Home Sweet Home
Kumpulan Hidangan Sehari-hari + Membuat Mi & Olahannya : Neyna - Indah Seindah-Indahnya
Roti Unyil dari kursus Ny. Liem : Tabong - BonitoFood

Selamat kepada para pemenang,
mohon mengirimkan alamat lengkap ke email: sup_jagungmanis[at]yahoo[dot]com
karena buku akan saya kirim lewat pos ke alamat anda :)

Buat kawan-kawan yang belum berhasil mendapat GA, jangan kapok buat ikutan GA Mlebu Pawon lagi ya, di kemudian hari :)

6 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Tumis Hati Ayam

Saturday, March 03, 2012,3 Comments

Happy Weekend...

Terima kasih buat kawan-kawan yang sudah ikutan GA Mlebu Pawon. Buat yang belum & pengen ikutan, masih ada waktu 1 minggu lagi sampai dengan tanggal 10 Maret, yaaa...  :)

Buat yang punya tekanan darah rendah seperti saya, yuk mari "makan hati"... :D
Resep simple ala anak kos yang pulang kerja dah langsung tepar jaya. Bisa juga dicoba untuk para wanita karir yang masih sempat masak untuk keluarga sebelum ngibrit ke kantor...

3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Books

Giveaway

Saturday, February 18, 2012,15 Comments

Assalamu'alaikum,

Hai kawan-kawan...
Dalam rangka "sesuatu hal", maka pada kesempatan ini saya ingin bagi-bagi buku kuliner untuk kawan-kawan follower Mlebu Pawon dari Indonesia dan Malaysia yang beruntung.

Caranya gimana? gampang banget....  :)

1. Like page Mlebu Pawon di FB 
2. Tinggalkan komentar tentang blog Mlebu Pawon di post ini
3. Sebutkan 1-3 masakan/makanan/minuman khas dari daerah asal kamu yang paling unik
4. Jangan lupa sertakan nama dan link blog kamu
Yuk, buruan ikutan....
Paling lambat 10 Maret 2012
Kalau beruntung, kamu bisa dapetin salah satu dari buku di bawah ini:

 51 Resep Pilihan Roti & Pao

 Kumpulan Hidangan Sehari-hari + Membuat Mi & Olahannya

Roti Unyil dari kursus Ny. Liem


15 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Indonesian Culinary

Gonggong

Saturday, February 18, 2012,4 Comments



Gonggong atau siput laut merupakan makanan laut khas Batam, Kepulauan Riau. 
Gonggong ini dimasak dengan cara dikukus dengan bumbu minimalis.
Cara memakannya pun cukup unik, yaitu  menggunakan tusuk gigi kemudian memasukkannya kedalam cangkang, dicungkil-cungkil sampai daging Gonggong keluar. 
Biasa disajikan dengan sambal & saus.


4 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

cake

[EveNt] Pancake

Sunday, February 12, 2012,7 Comments



Setelah sekian lama absen dari event Masak Bareng Yuuk, kali ini saya ikutan lagi atas undangan dari Uni Elly yang kini jadi salah satu admin di Masak Bareng Yuuk  :)

Buat kawan2 dari seluruh penjuru dunia, yang mau ikutan juga, boleh banget... sila meluncur ke rumah MasBar, ya...  :)

Inilah entry saya untuk Masak Bareng Yuuk

Edisi Feb - Maret 2012 " Love On Plate "




7 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

ayam/Chicken

Mi Godhog Semarangan

Saturday, February 11, 2012,1 Comments



Ini dia Mie Jowo yang selalu saya rindukan dari kampung halaman di Semarang :)


1 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

Indonesian Culinary

Kaledo

Sunday, February 05, 2012,6 Comments

KALEDO


Ini dia masakan khas dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.
Kata Kaledo berasal dari dua kata yang memiliki arti Ka dan Ledo (bahasa penduduk asli kota Palu yaitu bahasa Kaili) yang artinya : Ka adalah Keras dan Ledo artinya Tidak (Tidak Keras). Konon juga, kata Kaledo adalah singkatan dari KAki LEmbu DOnggala.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat kaledo adalah tulang kaki sapi serta iga yang masih memiliki daging. Meskipun tulang dan iga keras, namun daging yang menempel sangat empuk. Untuk bisa menikmati sumsum yang ada di tulang sapi, biasanya disediakan sedotan plastik.
Warna kuah kaledo adalah cokelat bening, bumbu yang dipakai cukup sederhana, yaitu Cabai rawit, garam, jeruk nipis, juga buah asam mentah.
Disajikan dengan nasi atau ubi kayu/singkong muda yang direbus.



6 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)