Indonesian Culinary

Kaledo

Sunday, February 05, 2012,6 Comments

KALEDO


Ini dia masakan khas dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.
Kata Kaledo berasal dari dua kata yang memiliki arti Ka dan Ledo (bahasa penduduk asli kota Palu yaitu bahasa Kaili) yang artinya : Ka adalah Keras dan Ledo artinya Tidak (Tidak Keras). Konon juga, kata Kaledo adalah singkatan dari KAki LEmbu DOnggala.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat kaledo adalah tulang kaki sapi serta iga yang masih memiliki daging. Meskipun tulang dan iga keras, namun daging yang menempel sangat empuk. Untuk bisa menikmati sumsum yang ada di tulang sapi, biasanya disediakan sedotan plastik.
Warna kuah kaledo adalah cokelat bening, bumbu yang dipakai cukup sederhana, yaitu Cabai rawit, garam, jeruk nipis, juga buah asam mentah.
Disajikan dengan nasi atau ubi kayu/singkong muda yang direbus.



You Might Also Like

6 comments:

  1. Aduh Deetha. . Sedapnya. Klu di sini. .lebih kurang mcm sup gear box. . .:-)
    Deetha sihat? :-)

    ReplyDelete
  2. Deet,
    kabare....kue neng semarang yo..liburan nya lama yea..kemarin dipasar akak ingat gak nak beli tulang tu,tapi tak jadi hehehhe...mangan neng kene..kenek opo orak...

    ReplyDelete
  3. >>Sue: iya betul, macam sup gear box d M'sia.
    tapi rasa beza sikit, sebab bumbunya lebih sederhana :)

    ReplyDelete
  4. >>Kak Asma: ora, mbak.. aku nang Jakarta. itu Kaledo aku makan saat dinas ke Palu. wes suwe..hehehehe

    ReplyDelete
  5. assalam deetha,
    waduh lamanya enggak kesini..rindu sama deetha deh..
    akak bawakan bingka ambon recipe yang lain ni..heheh udah jumpa another version yang pass ditekak akak ..heheh

    ReplyDelete
  6. salam anak manis:) makcik suka mee jawo ni tapi rupanya agak lain dari mee jawo malaysia hehe.Nanti nak cuba:)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)