Ikan/Fish

PAYEH BILEH [ACEH]

Monday, September 01, 2008,5 Comments

Setelah beberapa waktu yang lalu posting Ayam Panggang Garang Asem-Madura dan sempat dikira Mbokde Tutut kalo saya lagi naksir tukang sate Madura. Sekarang saya kembali bikin masakan Aceh, biar dikira saya mantan Inong Bale. hehehe :D Nggak gitu juga ding...Saya itu emang hobby nyobain resep-resep warisan nenek moyang asli Indonesia dari Sabang sampai Merauke. yaaa, biar serasa wisata kuliner.. hihihi :z
Sedikit cerita, Jumat kemarin saya baru aja jumpa dosen di kampus. Eeh....lha kok pak dosen itu menuduh saya: "Kamu orang Aceh, ya?". Owalah, pak... lha wong saya ini asli wong Jowo, je. Eee, pak dosennya malah ga percaya & nekad aja ngatain saya orang Aceh. Duh... cape deh.... Dan lucunya, dia adalah orang kesekian yang bilang bahwa tampang saya mirip orang Aceh. Heran.... Mungkin karena saya kebanyakan makan Sambal Sunti kali ya, makanya muka saya jadi berubah mirip orang Aceh (atau sebenernya mirip kunti sunti) ?!? hihihi... serem deh...
Yah, sudahlah.....
Kembali ke Laptop..
Sebenernya sih udah lama pengen nyobain masakan ini karena penasaran. Secara jaman dulu mbak Pepy
pernah ngasih saya resep Payeh Bileh buat dipraktekin. Tapi berhubung cari bileh di pasar dekat rumah itu susah, ditambah kemalasan saya pergi ke pasar maka jadilah si Payeh Bileh ini lama banget baru nongol di dapur. hihihi... :p
Bahan:
500 g ikan teri basah, buang kepalanya
2 sdt air jeruk nipis
Garam
6 buah belimbing wuluh, potong-potong
3 sdm minyak goreng
10 butir bawang merah, diiris tipis, digoreng
3 tangkai daun temurui
Daun pisang untuk membungkus


Bumbu Halus :
15 buah asam sunti
5 buah cabai merah besar
4 siung bawang putih
8 butir bawang merah
2 cm kunyit
5 buah cabai rawit merah
Cara Membuat:
  1. campur ikan teri, air jeruk nipis, garam, belimbing wuluh, bumbu halus, minyak goreng, bawang merah, dan daun temurui. Aduk rata.
  2. ambil daun pisang, beri adonan. Bungkus, semat dengan lidi.
  3. kukus 30 menit sampai matang. Bakar sampai harum.
Sumber : tabloid Saji

You Might Also Like

5 comments:

  1. ho oh kui keakehan makan asem kunti eh sunti, mulakno dikiro wong Aceh :D

    ReplyDelete
  2. pepesnya gak usah di kukus..lngsung di taruh di atas wajan aja.gak usah di kasih air,ntar terinya ngeluarin air ndiri..seharusnya penampilan payehnya hrs kering ..

    ReplyDelete
  3. to mbak Shinta: benul kui mbak. aku kakean maem sunti trus nek bengi gentayangan karo kunti. hihi..

    to mbak Dessy: tengkiu mbak Dessy.. insya Allah ntar dcoba pake resepnya mbak yg otentik Aceh...

    to yu Lidi: hoaaalaaah.... statusku single,je. jd rg dadi mantune sopo2..wakakakak

    ReplyDelete
  4. duhh poso2 dipameri panganan aceh ngilerrrrr...
    met poso, Deeth

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)