Mee Hailam

Monday, June 28, 2010

Selamat memulai hari di Hari Senin ini....
Menu di dapur saya masih menu sejuta umat: Mi.
Tapi kali ini saya mencoba resep mi yang berbeda, yaitu mee hailam, hasil mencontek dari dapurnya Mbak Hana di Kanazawa. Arigatou yo, mbakyu Hanna... :)
Rasanya unik juga, enak buat menghangatkan badan.
Buat yang mau mencoba, silahkan tengok resep di bawah ini. Resep sudah saya alih bahasakan.



Mee Hailam




Bahan-bahan
  • 500 g mi kuning [saya pakai mi lidi, rebus, tiriskan]
  • 300 g udang besar [saya pakai cumi-cumi, iris]
  • 1 potong dada ayam [saya pakai daging sapi, iris tipis]
  • 1 buah paprika hijau dan merah, dipotong kiub [saya nggak pakai]
  • 6 lembar jamur tiram, iris
  • 4 lembar kobis, dikerat-kerat [saya nggak pakai]
  • 2 buah tomat, dibelah 4
  • 1 genggam taoge
  • 2 buah tahu, goreng dan iris [saya pakai tahu bakso]
  • Irisan daun seledri, daun bawang dan cabai rawit secukupnya
  • Bawang goreng untuk taburan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 sdm saus tiram **
  • 2 sdm saus ada hitam [saya pakai lada hitam bubuk] **
  • 1 sdm saus abalone [saya nggak pakai] **
  • 1/2 sdt minyak wijen ** ----> Campur semua saus **, aduk rata
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdm tepung maizena, campur dengan sedikit air
  • Garam secukupnya




Cara-cara
  1. Tuang sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging sapi, masak hingga berubah warna, masukkan cumi-cumi. Tambahkan campuran saus tadi dan sedikit air. Biarkan hingga mendidih.
  2. Masukkan kobis, tomat, jamur, tahu dan paprika. Masak 5 menit. Tambahkan air sesuai selera.
  3. Masukkan campuran tepung maizena, dan kecap. Aduk rata. Masukkan mi dan taoge. Aduk rata. Tambahkan garam. Hidangkan panas2 dengan taburan irisan daun seledri, daun bawang, bawang goreng dan cabai rawit.
** kalau pakai udang, kulit udangnya dibuat kaldu untuk kuah mee hailam. (jadi ngakk pakai air tapi pakai kaldu udang)


You Might Also Like

4 komentar

  1. salam deetha..wah sudah pandai masak mee hailam ya..ini menu kegemaran pakcik:)

    ReplyDelete
  2. @ CikManggis: wsalam MakCik, haa..belum pandai la, makcik.. baru pertama coba ni... rupanya sedap juga ya rasanya...
    harus ada siaran ulang nih, bila ada masa, buat lagi :D
    MakCik sering buat dong ya, kalau menu kegemaran PakCik..hehe

    ReplyDelete
  3. salam deetha...yg ini aku suka banget..bungkus 2 ya! :)

    ReplyDelete
  4. @ Deliah's Deli: wsalam kak...
    ahai... suka ya?? oke deh aku bungkuskan 2, tunggu yaa.... tunggu di simpang jalan.. hehehe

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)

   



N O T I C E

No part of the content (digital photographs and other articles, etc.) or this site may be reproduced without prior written permission.
All Rights Reserved.

If you wish to use my photos or content, please credit me wherever they are placed.
For comercial use, please contact me.

Terima Kasih :)

Halal is My Way

Contact Us

Name

Email *

Message *





_ © 2007-2019_ MLEBU PAWON | No part of the content (digital photograps and other articles, etc.) or this site may be reproduced without prior written permission. | All Right Reserved.