Indonesian Culinary

Tongseng Kambing

Saturday, November 27, 2010,8 Comments


Masih bau-bau kambing korban nih, saya bikin tongseng ala dapurnya Mbak Arta.
Secara bahan-bahannya sederhana + gampang dibuat, cocok banget dimasak saat akhir pekan dimana kerjaan rumah numpuk...jadi gak terlalu capek masak, gitu maksudnya.. hehehe

Ada yang masih punya sisa daging korban?? Yuk boleh cobain bikin tongseng ini...


Tongseng Kambing

Bahan :
350 gr daging kambing, potong kecil2
kol diiris tipis secukupnya. ---> saya nggak pakai
2 bh tomat diiris tipis.
1 buah jeruk lemon, diambil airnya.
Air secukupnya
Margarin secukupnya.
Kecap Manis secukupnya.

Bumbu :
4 siung bawang merah
3 butir bawang putih
7 bh cabe merah, diiris tipis
10 bh cabe rawit
Garam
Merica
Bumbu kambing (bumbu gulai) secukupnya ---> saya tambahkan

Caranya :
Panaskan margarine, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merah sampai harum.
Masukan daging kambing, garam dan merica. Aduk2 sampai daging berubah warna.
Tambahkan kecap manis + bumbu kambing. Diamkan sebentar.
Masukkan tomat, kol dan cabe rawit. Aduk rata dan biarkan sampai kol agak lunak.
Tambahkan air secukupnya, biarkan hingga mendidih.
Terakhir tambahkan air jeruk lemon.
Angkat dan sajikan.

You Might Also Like

8 comments:

  1. hmm menarik sekali nama masakan ini.Pasti mau coba ni..oh ya Tong Seng ni nama orang Cina jika di Malayasia hehe

    ReplyDelete
  2. sedapnya...ni lebih kurang macam sup kambing yer detha.....

    ReplyDelete
  3. nampak sedap, macam sup... arek takon kol kui opo? maaf ya nanya!

    ReplyDelete
  4. >>Mak cik Manggis: hahaha iya, namanya memang aneh ya, macam nama cina je.. hihihi

    >>K.Mas: iya kak, macam sup kambing tapi pakai kecap :)

    >>K.Rose: kol kui kobis/cabbage. ora opo lah takon..ben ora sesat kan.. hehe

    ReplyDelete
  5. salam deetha, tongseng kambing ni macam best lah..ada ala2 singgang daging gitu ya..lagi pedas lagi best ni..

    ReplyDelete
  6. mbekkkkkkkkkkkkkk!! kikikiki... jan tanduk2 memalam tauu!

    ReplyDelete
  7. Deetha..aku dtg bawak mangkuk ni..nak bawak balik sup tu..heee

    ReplyDelete
  8. naaa..dah sebulan daging kambing ituh terlantar dikulkas kuh...
    sumpah..mo buat!!

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)