ayam/Chicken

Siomay Ayam

Sunday, June 20, 2010,6 Comments



Selamat hari Ahad,
Saatnya memasak yang agak 'berat' nih, di sela-sela kepenatan mengerjakan pekerjaan rumah.
Gara-gara saya pengen makan dim sum, tapi kalau beli mahal. Mendingan bikin sendiri, kan?
Menu Dim Sum yang saya coba kali ini adalah Siomay Ayam. Ternyata bikinnya nggak sulit lhooo...
Yuk dicoba,




Siomay Ayam
seri masak femina Primarasa Hidangan Asia Populer Sarapan a la Cina Dim Sum


Bahan :
15 lbr kulit siomay/pangsit garis tengah 8-10 cm
1 buah wortel serut untuk taburan/hiasan

Isi :
150 gr daging ayam cincang
150 gr udang kupas, cincang
50 gr rebung cincang (saya nggak pakai)
50 gr jamur hioko cincang (saya pakai jamur champignon)
50 gr waterchestnut cincang (saya pakai wortel serut) ---> bisa diganti dengan bengkuang atau lobak
2 siung bawang putih cincang
2 batang daun bawang cincang
2 sdm tepung kanji
1 btr putih telur

saus bumbu :
1 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
1 sdt gula pasir (saya nggak pakai)
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm angciu (saya nggak pakai)

cara :
campur semua bahan saus bumbu dalam mangkuk, aduk rata
campur semua bahan isi dalam mangkuk terpisah, campur saus bumbu dan aduk sampai rata benar
kemudian simpan dalam lemari es ± 1 jam.bagi menjadi 15 bagian
ambil selembar kulit taruh 1 adonan isi di tengahnya
tarik pinggirannya dengan kelima jari kemudian tekan bagian atasnya dengan jari yang sebelumnya dibahasahi dulu dengan air
taburi permukaannya dengan wortel parut, lakukan sampai adonan habis
didihkan air dalam kukusan, taruh siomay dalam loyang dengan jarak ± 2 cm satu dengan yang lainnya. kukus selama 10-15 menit dengan api besar atau sampai matang, angkat



    You Might Also Like

    6 comments:

    1. Deetha... Walau senang mana pun nak buat, kalau tak ada kerajinan, tak buat juga.. hehehe.. mama mengata diri sendiri ye...

      ReplyDelete
    2. hahaha.. betul kata mama ni,
      saya pun begitu, buat kalau sedang ingin & sedang rajin saja... hahaha

      ReplyDelete
    3. Salam Deetha, kulit siomay ini sama tak dgn spring rolls? Ambil sikit utk minum petang ya...

      ReplyDelete
    4. Kulit siomay ni tak sama dg spring rolls, kak...
      kulit siomay = kulit pangsit = kulit wonton

      ReplyDelete

    terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)