Minuman/Drinks

Es Laksamana Mengamuk

Wednesday, July 07, 2010,8 Comments


Waduh penatnya saya nih, lagi banyak kegiatan di kantor :(
Kemarin dapat buah mangga kuweni dari mak cik saya. Lumayan nih, buat obat penat. Secara kuweni nih kesukaan saya banget. hehehe
Berhubung saya bosan dengan es kuweni saya yang gitu-gitu aja, akhirnya saya buat es yang belum pernah saya buat sebelumnya.
Namanya cukup aneh ya, konon nama minuman ini berasal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuweni. Oh ya, minuman ini khas dari Provinsi Riau.

Es Laksamana Mengamuk


Bahan:
Buah mangga kuweni, potong-potong
Santan 
Daun pandan, robek-robek, ikat
Gula pasir (dikit aja ya, soalnya kuweninya kan sudah manis)
Batu es

Cara Membuat:
Rebus santan, gula & daun pandan. Diaduk-aduk yaaa, supaya santannya nggak pecah.
Kalau sudah mendidih, angkat, lalu dinginkan.
Masukkan potongan mangga kuweni & batu es, aduk rata.
[nah, kemarin saya lagi nggak punya stok batu es. jadi, setelah santan dingin & mangga kuweninya dimasukkan, saya taruh di kulkas deh.. hehehe]

You Might Also Like

8 comments:

  1. Wiiih, seger ne minumannya mbk Deetha, cucok buat ngelepas dahaga klo siang di Pekanbaru yang panas-e pool :)
    Thx resepnya mbk

    ReplyDelete
  2. Memang unik nama minuman ini ya kak...Mesti sedap nih..

    ReplyDelete
  3. salam deetha..kenapa laksamana tu mengamuk?hehe apa rasanya ya..pasti sedap tapi sukar untuk dapatkan buah kuinin:(

    ReplyDelete
  4. >> Neyna: sama-sama. dicoba ya.. :)

    >> Kak Sue: sedap betul kak, karena akusuka kuweni :D

    >> Makcik Manggis: waduh kenapa ya laksamana tu mengamuk? aku pun tak tau, makkcik.. hihihi
    dsana susah dapat kuweni? belum musimnya mungkin, makcik.. nanti kalau sudah musim banyak kan?

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum wr wb,itu minuman dari kerajaan siak.....lebih enak jika gula pasir diganti gula aren....lebih n dikasi garam dikit...terus kueninya dicacah2....santannya lebih enak santan kental yang diperas pake air matang jadi nggak perlu direbus....coba deh muantap pokoke....

    ReplyDelete
  6. Wakakakakak, ngakak dhisik, jenenge jan guendheng tenanan, hahaha :D. Gak heran lah, sopo dhisik seng nggawe? Hehehe ^^v

    ReplyDelete
  7. >> Jiya: Mari... mari...

    >> Anonyme: wassalam wr wb, thanks ya infonya, kapan2 dicobain deh.. :)

    >> Tabong: hahahahong... lha kui minuman khas loh, bong.. dudu karanganku je :p

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)