Wednesday, 16 June 2010

Garang Asem Ayam


Salam semua...
Kembali lagi ke menu yang bening-bening nih. Bukan sup tapi yaaa.... melainkan Garang Asem.

Garang asem itu apa sih???

Pada hakekatnya, garang asem merujuk pada cara membuat masakan ini. Terjemahan bebasnya sih masakan yang berasa asam, yang dibungkus dengan daun pisang, dan dimasak dengan cara digarang (dipanaskan) dengan kukusan/dikukus.

Hmmm.... sebenarnya, di Jawa Tengah ini ada beberapa versi Garang Asem. Tapi yang saya bahas di sini adalah Garang Asem versi Pantura bagian timur, dimana yang paling terkenal adalah garang asem ayam kampung dari Kabupaten Kudus.

Setelah sebelumnya sempat menayangkan Garang Asem Jamur Ayam, sekarang saatnya menampilkan Garang Asem Ayam yang saya dapat dari blognya mbak Desy.
Nah, 2 garang asam ini adalah versi modifikasi, karena dibuat tanpa santan & dicampur bahan tambahan ini itu. hehehe
Kalau ingin tau garang asam versi autentiknya, bisa dilihat resepnya di SINI.

Yuk, sekarang saatnya kita lihat resepnya...

Garang Asem Ayam

by Ceyza modified by Desy Natalia


Bahan :

8 buah sayap ayam potong sesuai selera (bisa dicampur jeroan)
8 buah belimbing wuluh potong
2 buah tomat hijau
3 buah cabe merah, potong
5 buah cabe hijau, potong
10 buah cabe rawit merah biarkan utuh (potong tangkainya saja)
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
2 batang serai digeprek potong jadi 2
3 cm laos digeprak
6 lbr daun jeruk, sobek daunya
4 lbr daun salam, sobek daunnya
2 sdt garam
1 1/5 sdt gula [saya nggak pakai]
1 sdt merica bubuk



Caranya :

alasi pinggan tahan panas dengan daun pisang (atau dibungkus tum, sesuai selera aja)
panaskan kukusan
campur semua bahan dalam mangkuk besar, aduk sampai tercampur rata
pindahkan dalam pinggan yang sudah beralaskan daun pisang
kukus kurang lebih 30-45 menit
tambahkan air jika suka kuah berlimpah jika tidak maka ga perlu ditambahkan karena bahan2 tersebut akan mengeluarkan kuah (saya tambah kuah 50 ml)

9 comments:

Indonesia-Eats on Wednesday, June 16, 2010 10:45:00 am said...

Jadi kyk tom yum nooo

deeTha H on Wednesday, June 16, 2010 3:52:00 pm said...

rasane tetep garang asem, & beda banget sm tom yum :D

CANGKIRBIRU@MUZ on Thursday, June 17, 2010 8:53:00 am said...

mbak...salam kenalan dari malaysia.

utk pengetahuan, saya berketurunan jawa di Malaysia dan banyak resipi2 mbak yang biasa sama saya cuma bezanya bahan2nya dan cara

garang asem ni embah selalu buat tapi yang versi bungkus daun pisang. sedap lo...

tatabonita on Thursday, June 17, 2010 7:37:00 pm said...

Makasih banyakong ya Mbak Deethong buat ucapannya :D. Waaaah... aku wingi yo tas tuku garang asem Ayam ndek pasar minggu. Mak encuss :D

deeTha H on Thursday, June 17, 2010 9:38:00 pm said...

@ Cangkirbiru:
salam kenal juga...
senang berkenalan dg saudara sesama Jawa..hehehe
Iya, memang garang asem ini dibungkus daun pisang. hanya ketika memfoto, aku buka dipindahin ke mangkok.

deeTha H on Thursday, June 17, 2010 10:03:00 pm said...

@ TaBong:
kapan nggawe garang asem dewe, bong?
pasti gak kalah mak encuusss e karo sing ndek pasar :D

astridarum on Friday, June 18, 2010 12:53:00 am said...

Hah? Pada hakekatnya? Bahasamu Jah XD
loh loh.. jadi ini kenapa garang asemnya tidak mampir ke Ngesrep ya? Pantes koe ngelu, ternyata urung berbagi. Huh

MamaFaMi on Friday, June 18, 2010 9:47:00 pm said...

Tadi siang, mama pun lunch dengan mihun sup with meatballs. Enak sungguh, lebih-lebih lagi kerana orang yang belanja!

Bang Ucup on Tuesday, September 07, 2010 10:08:00 pm said...

istriku jg pernah masak garang asem ayam,tp kelihatanya ngga se seger yg difoto hemmm
bila berkenan saya tunggu kunjungan baliknya di blog jelek saya... thnks sebelumnya

salam :
utk ibu-ibu sambil sharing saja dan semoga link bermanfaat :
http://o-begitu.blogspot.com/2010/07/bukti-saya-di-bayar-oleh-investamabiz.html

 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha