PINDANG SERANI (2)


Ini masakan khas pantura Jawa Timuran gitu deh... (bener ngga, ya?)
Rasanya asam-pedas-seger. Bikinnya juga gampang dan cepet.
Biasanya sih yang dipake ikan bandeng. Tapi berhubung saya ga suka ikan bandeng *malas ketelen duri* (kecuali bandeng presto, tentu saja!), jadi saya pake ikan tongkol aja. Sama enaknya kok...
Setahu saya, cara masak pindang serani ini ada 2 macam:
Yang pertama, sesuai rumus masakan pindang: bawang dan cabe diiris.
Yang kedua, kata tante saya: bawang putih sama kunyit dihaluskan dulu.
Kalo saya sih pilih yang sesuai rumus aja, soalnya malas ngulek. Hehe...
Rasa asamnya biasanya pakai air asam jawa atau pake belimbing sayur/belimbing wuluh.
Kali ini saya pake
asam gelugur, soalnya stok asam jawa saya habis. Hihihi....


Bahan:
1 ekor ikan tongkol
5 bawang merah, iris
4 bawang putih, iris
2 cm lengkuas, geprek
2 cm kunyit, geprek
1 batang serai, ambil putihnya, geprek
1 lembar daun salam
1 iris asam gelugur
7 Cabai rawit, iris jadi 2
garam
1 liter air

Cara Membuat:
Didihkan air
Masukkan bahan lainnya, masak hingga matang.
Jika sudah pas rasa asamnya, keluarkan asam gelugurnya.

________________________________________

Share:

2 komentar

  1. pindang serani masakan jatim gitu? tapi kok pk asam gelugur setau aku pk belimbing sayur

    ReplyDelete
  2. yup,mbak Pepy..
    asline emang pake blimbing sayur. tp aku ga punya stok,cr d pasar jg g ada. trus gantine blimbing sayur kan air asam jawa. lha aku jg g punya stok. yo wes,akhire pake asam gelugur aja. rasanya mirip2 jg kok. mirip asam padeh ama pindang serani. hehe

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)