Ikan/Fish

PINDANG SERANI (2)

Tuesday, February 12, 2008,2 Comments


Ini masakan khas pantura Jawa Timuran gitu deh... (bener ngga, ya?)
Rasanya asam-pedas-seger. Bikinnya juga gampang dan cepet.
Biasanya sih yang dipake ikan bandeng. Tapi berhubung saya ga suka ikan bandeng *malas ketelen duri* (kecuali bandeng presto, tentu saja!), jadi saya pake ikan tongkol aja. Sama enaknya kok...
Setahu saya, cara masak pindang serani ini ada 2 macam:
Yang pertama, sesuai rumus masakan pindang: bawang dan cabe diiris.
Yang kedua, kata tante saya: bawang putih sama kunyit dihaluskan dulu.
Kalo saya sih pilih yang sesuai rumus aja, soalnya malas ngulek. Hehe...
Rasa asamnya biasanya pakai air asam jawa atau pake belimbing sayur/belimbing wuluh.
Kali ini saya pake
asam gelugur, soalnya stok asam jawa saya habis. Hihihi....


Bahan:
1 ekor ikan tongkol
5 bawang merah, iris
4 bawang putih, iris
2 cm lengkuas, geprek
2 cm kunyit, geprek
1 batang serai, ambil putihnya, geprek
1 lembar daun salam
1 iris asam gelugur
7 Cabai rawit, iris jadi 2
garam
1 liter air

Cara Membuat:
Didihkan air
Masukkan bahan lainnya, masak hingga matang.
Jika sudah pas rasa asamnya, keluarkan asam gelugurnya.

________________________________________

You Might Also Like

2 comments:

  1. pindang serani masakan jatim gitu? tapi kok pk asam gelugur setau aku pk belimbing sayur

    ReplyDelete
  2. yup,mbak Pepy..
    asline emang pake blimbing sayur. tp aku ga punya stok,cr d pasar jg g ada. trus gantine blimbing sayur kan air asam jawa. lha aku jg g punya stok. yo wes,akhire pake asam gelugur aja. rasanya mirip2 jg kok. mirip asam padeh ama pindang serani. hehe

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)