Ikan/Fish

Tom Yum dari Seberang

Sunday, August 22, 2010,7 Comments

Salam semua,
Hari ini saya masak yang cepat saji aja, mumpung nemu udang gede di tukang sayur & memberdayakan Tom Yum Cubes kiriman dari Kak FMina kemaren.
Resepnya saya ambil dari balik kemasan Tom Yum cubes merk K****. Judulnya sih Tom Yum Ikan dengan Bendi & Tomato. Tapi berhubung saya pakai udang & nggak pakai bendi (okra), trus saya dapat cubes-nya dari seberang, jadilah judulnya saya ganti. hihihi
Hmmm.... menurut saya sih rasa Tom Yum sedikit berbeda dengan Tom Yum yang ada di Thailand. Tom Yum yang ini ada rasa sedikit manis.
Truuusss, saya pun tak pakai daun ketumbar. Padahal daun ini wajib ya, buat Tom Yum. Tapi bagaimana lagi, agak susah cari daun ketumbar di kota saya, lagian saya pun tak terlalu suka, karena rasanya aneh seperti "daun beracun". hihihihi
Oke deh, saatnya masak sekarang....




Tom Yum dari Seberang


Bahan:
1.5 liter air
11/2 tom yum cubes
2 batang serai, digeprek
3 buah cabai rawit, digeprek
4 lembar daun jeruk purut, sobek-sobek
600 g ikan, cuci & potong 6 cm [saya pakai udang ukuran agak besar]
10 buah bendi, buang tangkainya [saya nggak pakai]
2 buah tomat, potong
1 batang daun ketumbar, potong panjang 3 cm [saya nggak pakai]
garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Masukkan air, cubes dan serai dalam panci, didihkan.
2. Tambahkan cabai rawit, daun jeruk & ikan. Biarkan 5 menit, sampai ikan masak.
3. Masukkan tomat & bendi. Masak sampai 3-4 menit. Angkat.
4. Hias dengan daun ketumbar.

You Might Also Like

7 comments:

  1. selamat bersahur deetha....hehe awas daun beracun :) ya daun ketumbar tu baunya agak kuat.

    ReplyDelete
  2. salam deetha...saya cop udang tu! ngeeee :)

    ReplyDelete
  3. salam deetha...sedapnya makan tomyam...k.mas pun suka tomyam..

    ReplyDelete
  4. hihihi. daun beracun, si mbak ada2 aja deh.. hehe. wah, udangnya gede dan fresh bgt keliatannya.. aku fans berat udang lho mbak..

    ReplyDelete
  5. deethaaa....anak2 malah bilang ntu daun bau kecoaaa..qiqiqiqi..
    disini banyaaakkk...sama banyaknya ma daun seledri...
    kadang ketuker2 malah qiqiqiqi
    bis bentuknya ampir sama qiqiqiqi...

    ReplyDelete
  6. salam dee..waduh tomyammu ituw enak bangat..kmaz pun dah lama xmsk tomyam sbb anak2 xmkn pds2 ni..tpi kmaz suke..hehe..slmat brshur ye dee...

    ReplyDelete
  7. tomyam ni udang yg besar ker mangkuk yg kecil? akekekeke.. nampak macan udang tu besar la deetha

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)