sapi

AMERICAN RISOLES [AmRis]

Friday, February 26, 2010,3 Comments





Lagi iseng pengen bikin cemilan, nih...
Setelah dicritain Mbak Arta, kalo dia lagi bikin AmRis. Jelas..saya jadi ngiler deh...
Mbak saya yang ayu tenan ini sukses menebarkan virus AmRis ke saya. Padahal, saya ni paling malas kalo goreng-goreng pake panir. hihihi
Tapi, ternyata virusnya menyerang saya dengan dahsyatnya, sampe saya bela-belain bikin cemilan ini sore-sore pas udah capek-capeknya ngantor.
Berhubung saya masih kelas amatiran, AmRis saya jadinya nggak secantik punya Mbak Arta yang memang udah ahlinya. AmRis saya guede-guede segede kasur. Makan sebiji aja udah kenyang. hahaha

Buat yang pengen nyobain bikin, silahkan. Ni saya tulis kembali resep dari blog Mbak Arta. Tapi kalo pada males bikin, pesen aja gih ke bakul kue terdekat, atau bisa pesen juga ke Mbak Arta yang AmRisnya dijamin enak tenan + cantik seperti yang bikin. hehe







American Risoles


Bahan Kulit : (mbak Arta nyontek resepnya mbak Ine)
250 gr tepung protein tinggi (cakra kembar)

2 butir telur
1/2 sdt Baking Powder
40 gr Susu Bubuk
garam
650 cc air
1 sdm munjung margarine/mentega, dicairkan


Bahan Isi :

5-6 lbr daging asap, tiap lembar dipotong menjadi 5 atau 6 [saya pakai daging kornet yang sebelumnya sudah dipanaskan]

keju cheddar parut atau keju slice
5-6 butir telur rebus, iris tipis
100 gr mayonaise, dicampur dgn 25 gr susu kental manis [saya cuma pakai mayonaise, soalnya g suka manis. hehehe]

Bahan Pelapis :
Putih telur secukupnya (bisa juga dilapis pake terigu yg dicairkan agak kental)
Tepung Panir kasar secukupnya


Cara Membuat Kulit :

Terigu, susu bubuk, baking powder, garam dan telur dicampur/diaduk dengan sedikit air sedikit demi sedikit sampai air habis (cukup kekentalannya untuk dibuat dadar)..sebaiknya saat mengaduk sambil ditepuk tepuk supaya liat. Apabila adonan liat, menjadi tidak mudah robek...

Note :
jangan mengaduk tepung dengan meremas-remas, menyebabkan tepung menjadi meringkil..
sebaiknya adonan disaring terlebih dahulu...


Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, taruh telur rebus, beri 1 sdt mayonaise, ta
mbahkan daging asap dan keju parut atau keju slice...lipat seperti amplop.
Kemudian lapis dengan putih telur (atau terigu yg dicairkan kental) lalu gulingkan diatas tepung panir...sebaiknya simpan dalam lemari es kurang lebih 1 jam kemudian baru digoreng...




untuk 25 - 30 buah

You Might Also Like

3 comments:

  1. Deetha,

    Aku belum ketularan Amris.

    Kalau ngaduk adonan kulit pakai whisk biasanya sih nggak meringkil. Atau kalau lagi males, aku masukin semuanya ke blender. Mulus deh :)

    ReplyDelete
  2. > MamaFaMi: iya lah.. hehe :)

    > Mbak Tut: wah, boleh jg kui idenya.. masuk blender.. hihihi

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)