ayam/Chicken

Angsio Kaki Ayam

Saturday, January 30, 2010,6 Comments

-->
Pertama kali makan angsio kaki ayam ketika saya wisata kuliner ke resto dim sum N****** yang ruame buanget di Medan. Iseng-iseng saya nyobain ceker pesenan kawan. Rasa bumbunya sih enak, tapi cakarnya… idih, seumur-umur saya nggak doyan sama yang namanya ceker alias kaki ayam. Soalnya nggak ada dagingnya gitu & rasanya juga aneh. Hehe…
Buat saya, bagian ayam paling enak itu sayap+dada. Kalo terpaksa nggak bisa milih & dapetnya ceker, pasti deh saya hibahkan dengan sukarela ke kucing saya. Hi..hi…
Suatu hari saya dapat segepok ceker gratisan dari kawan. Terdorong rasa penasaran pengen nyobain bikin angsio ceker ayam, akhirnya saya nekat masak meski saya nggak doyan makannya. Yaa, itung-itung beramal menghibahkan hasil masakan saya kepada ibu-ibu para penggemar dim sum kaki ayam di kantor. Secara kalo di restoran itu seporsi isi 3 biji ceker ukuran balita, harganya mahal bener. Hihi…
Baiklah kalo begitu, sekarang mulai masaknya…
Resepnya dari kursus Dim Sum NCC yang saya dapat di blog Mbak Dewi @ Kitchen Craft.





-->
Angsio Kaki Ayam

Sumber : kursus Dim Sum NCC

Bahan :
1 Kg kaki ayam, goreng hingga kering, rendam dalam air es selama 3 jam, sisihkan.

Bumbu A :
5 btr bawang putih, memarkan
4 bh bunga pekak/bunga lawang
1 sdm saos tiram
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap mushroom
2 sdm ang cioe (optional)
3 sdm gula pasir
1 sdm garam
½ sdt vetsin
½ sdt lada
1,5 lt air
1 sdm angkak merah, rendam dalam 100 ml air, sampai merah

Bumbu B :
1 sdm bawang putih cincang
2 bh cabe merah besar , iris kasar
3 sdm tausi (salted black bean)
2 sdm minyak wijen
2 sdm tepung sagu, cairkan dengan 5 sdm air untuk pengental.


Cara Membuat :
A :
a.. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum.
b.. Tuang ang cioe (jika pakai), lalu beri air secukupnya dan masukkan semua sisa bumbu A, aduk rata dan biarkan mendidih.
c.. Masukkan kaki ayam goreng dan masak hingga empuk dan airnya menyusut. (boleh menggunakan presto untuk menghemat waktu).
B :
a.. Tumis bawang putih cincang sampai harum, lalu masukkan tausi dan cabe merah, aduk rata.
b.. Tuang kaki ayam yg sudah empuk tadi, lalu tuang air sagu, aduk rata.
c.. Beri minyak wijen, aduk, angkat.



O ya, sekedar informasi, bahwa yang namanya ang cioe/angciu/arak cina itu tidak halal bagi kaum muslim. Karena ang cioe/angciu/arak cina telah memenuhi kriteria khamr dan sesuatu yang memenuhi kriteria khamr, itu hukumnya haram untuk dikonsumsi (diminum maupun dimakan). Apapun jenis makanan atau minumannya, berapapun kadar/jumlahnya.
Jadi bagi anda yang muslim, sebaiknya nggak usah pakai ang cioe, ya... :)
Nah, untuk pengganti ang cioe/angciu/arak cina, bisa dipakai air jahe segar atau bisa juga kecap asin yang ditambah dengan perasan air jeruk nipis/jeruk limau atau lemon.

You Might Also Like

6 comments:

  1. ki aku doyan bgt karo sego anget.....uncalno kene bud....

    ReplyDelete
  2. Deetha,
    Numpang tanya ya... waktu nggoreng kaki ayamnya pating njeblug gak? Aku pernah goreng kaki ayam padahal sudah aku lap kering... wah jeblugan kayak nonton wayang perang borotoyudho. Kalau nggak jeblugan apa tipsnya?

    Trims,

    ReplyDelete
  3. >> Rurong: wes tak uncalno wingi, tapi nyangkut, trus gejegur ng danau toba. wkwkwkwk

    >> Tuty: kemaren naku nggoreng pating jebluk jg, persis gunung njebluk. tapi begitu ceker nyemplung, wajan langsung tak tutup. hehehe
    aku g tau tipsnya ben g njebluk piye... hiks...

    ReplyDelete
  4. dikasih sepotong pun aku gak doyan.. btw ko warnanya gak merah ya??

    ReplyDelete
  5. >> Fely: hihi yummy tapi sayang aku g doyan cekernya :)

    >> Des: sama. makanya kuhibahin ke kantor. oh ya, itu g merah gara2 aku ragu2 ngasi angkaknya. takut jd merah yg nyeremin gitu. wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)