ayam/Chicken

[EveNt] Mie Ayam Bakso a La JaTeng

Thursday, January 28, 2010,5 Comments

Ini dia panganan kaki lima yang paling populer di dunia persilatan. hahaha Sebenernya sih bikinnya udah agak lama, sempet 2x bikin bareng Rurie & sempet janjian mo posting bareng, dalam rangka pencarian resep otentik mi ayam a la abang-abang. Berhubung pada akhirnya belum sempet diposting, jadinya saya pake buat entry MasBar edisi Januari'10 aja. hehe

D
i dunia per-mie ayam-an, ada berbagai jenis mie ayam. Ada mie ayam Jakarta, mie ayam Bandung, mie ayam Solo, dll. Nah, yang saya buat ini mie ayam yang banyak dijual di kaki lima wilayah Jawa Tengah, atau biasa dibilang Mie Ayam Solo. Karena biasanya si penjual adalah kaum berasal dari Solo (tepatnya rural urbannya Solo gitu deh).




MI AYAM BAKSO A LA JATENG



Bahan:
mie, rebus, tiriskan
bakso
kecap asin
minyak ayam
sawi hijau, rebus sebentar
daun bawang, iris

Topping:
250 g ayam, rebus, potong kotak kecil --> saya pakai ayam giling
4 siung bawang putih, iris tipis
5 butir bawang merah, iris tipis
2 lembar daun salam
1 batang sereh, geprek
1 ruas jahe, geprek
air sesuai selera
kecap manis secukupnya
1 batang daun bawang, iris

Bumbu Halus:
1 sdt ketumbar
1 ruas kunyit
1 sdt merica
garam

Kuah:
kaldu ayam (air bekas rebusan ayam + tulang ayam
garam & merica

Minyak Ayam:
Kulit ayam & lemaknya
2 siung bawang putih, cincang kasar

Cara Membuat:
Topping:
Tumis bawang merah & bawang putih hingga harum.
Tambahkan bumbu halus.
Masukkan daun salam, sereh, jahe. aduk
Tambahkan ayam, kecap manis, daun bawang. aduk rata.
Tuangi air secukupnya (kira-kira 500 ml/tergantung selera), masak hingga matang.

Minyak Ayam:
Masak kulit ayam beserta lemaknya & bawang putih, dalam penggorengan anti lengket dengan api kecil. tunggu sampai keluar minyaknya.

Penyajian:
Tuangkan Kecap asin & minyak ayam.
Masukkan sawi hijau & mie, aduk rata.
Tambahkan kuah, topping & daun bawang.

You Might Also Like

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. awas nek ga iso neh..mutung aku...
    taktambahi mangkok kosonge..balek2 kudu ono isine..plus krupuk ya..
    wkwkwkwkwkkkkk

    ReplyDelete
  3. Yoohooo... wes berhasilong blockquote. Btw, warnane iso diganti ijo garek ngolek kode warnane. Iku sing tak kirim wingi kan sik kode warnane BGne blockquoteku hehehehe. Garis tepine kuwi ben warnane podo, kode warnane dipadakne wae guruong. Tapi lek guruong karepe nggunu ya terserahong hahahahong. Gelem bakconeeeee...

    ReplyDelete
  4. Aduh jadi kangen Jawa Tengah. Udah luama banget nggak mudik.

    Pesen bakmine...tambah baksone mbak :-)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)