Thursday, 25 June 2009

[EveNt] PETIS KANGKUNG

Jumpa lagi di Event Masak Bareng Yuuk...!!!
Bulan 6 ini temanya Sayuran Nusantara.
Sebernernya sih saya ga terlalu suka makan sayur. Ga tau kenapa ya, rasa sayur itu pahit aja di lidah saya. hihihii :D
Tapi demi MasBar, saya akhirnya makan sayur deh...
Itu pun pilih yang dimasak pedas. hehehe
Nah, pilihan kali ini jatuh pada Petis Kangkung. Gara-gara terngiang masakan alm. ibu saya. Jaman dulu kala, ibu saya suka bikin ini, sambalnya dibikin pedes trus dimakan pake nasi hangat. Petis kangkungnya langsung dihidangkan di atas cobek. hmmm.......... nyam.. nyam....


PETIS KANGKUNG

Bahan:
Kangkung, siangi, cuci bersih
Cabai merah + cabai rawit
Petis udang
Terasi
Air asam jawa
Jeruk limau/jeruk sambal

Cara Membuat:
Rebus kangkung, tiriskan
Haluskan cabai merah + cabai rawit, terasi & petis udang. *boleh jg ditambah sedikit gula jawa*
Tambahkan sedikit air asam & air jeruk limau.

Campurkan sambal dengan kangkung rebus/bisa juga dimakan terpisah.

Monday, 15 June 2009

SIOMAY MURAHAN

Haiyaaa......

Ini dia siomay kesukaan saya :)

Cuma siomay biasa aja, sih.. sesuai dengan judulnya, ini adalah Siomay Murahan.

Kenapa? karena ni siomay cuma berasa tepung kanji doang. Sebutirnya cuma 500 rupiah.

Bapak tukang siomay ini mangkalnya di depan SD di daerah Tembalang (kalo jam sekolah), trus lanjut mangkal di depan STIKES sampe dagangan habis. Jualnya juga cuma di gerobak kecil gitu, merknya MANTEP. hihihi *promosi*

Jenisnya sih seperti siomay pada umumnya, ada: siomay, tahu, kol, telur, kentang.

Trus, kalo cuma siomay murahan, apa donk istimewanya?
Hmmm..... Istimewanya adalah terletak pada bumbu/sambalnya.

Bumbunya ini bukan bumbu kacang yang manis dan berwarna coklat, melainkan berupa sambal [cabe giling] yang berwarna merah menantang lengkap dengan biji cabenya.... huahaha

Saya sih kurang tau pasti, si bumbu ini terdiri dari bahan dasar apa aja, yang jelas rasanya 100% PUEDES BANGET.

Asli dah, puedesnya bisa bikin lidah kebakar. Tapi inilah yang bikin saya demen banget makan ni siomay. :D

Pesenan saya selalu sama: Siomay aja, bumbunya yang banyak, ga pake kecap, ga pake saus. Bungkus!! hihihi


Wednesday, 10 June 2009

MASAK BARENG Yuuk..!! EDISI 06-2009

Setelah bareng-bareng masak ayam, sekarang kita ganti menu yang segar-segar dan banyak serat yuuk.... Biar pencernaan lancar dan sehat serta sekaligus mempercantik kulit gitu lho :D
Untuk edisi ini team MasBar memilih tema
Aneka Salada/Sayuran Nusantara.

Kuliner nusantara mempunyai banyak resep sayuran dengan cita rasa yang khas. Ada pecel, gado-gado, karedok, sayur asem, buntil, sayur lodeh, gulai daun singkong, urap, rujak pengantin, lotek, plecing kangkung, bening bayam de el el. Tuh ada banyak kan?! Belum lagi tumis-tumisan. Makanya, ayoo bareng-bareng sharing resep sayuran plus fotonya yuuk...

Mohon maaf, karena waktunya yang mepet sehingga tema edisi ini tidak melalui polling. Terima kasih buat foodie blogger yang sudah menyampaikan ide-ide. Sementara ini ide tersebut kami tampung untuk dimasukkan pada polling berikutnya ya...

Caranya Ikutan:

Posting hasil memasak sesuai dengan tema & pada jadwal yang sudah ditentukan [23-30 JUNI 2009]

Postingan dilengkapi dengan Logo Masak Bareng

Kirim datanya ke ke e-m@il Masak Bareng di masakbarengyuuk[at]gmail[dot]com, berupa:

Nama

Nama Blog

Nama masakan & URL-nya

1 buah foto hasil masakan

Info tambahan:

Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera.

Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan.

Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh.

Tema menu, Polling, dan Jadwal posting bulan berikutnya akan diumumkan setelah penayangan Round up Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya.

Oia, kalau mau kasih ide tema masakan juga boleh... silahkan isi SB di samping yaaa...

Info ini juga tersedia di dapur
Shinta, Ayin, Rumah MasBar.
Jangan lupa kalo udah naik tayang, kasih kabar ke kami (silahkan isi SB) & ke foodie blogger lainnya.
Ditunggu partisipasinya ya....

Masak bareng yuukk..!!!

 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha