ayam/Chicken

BAKSO RAMBUTAN

Wednesday, July 09, 2008,2 Comments


Pada suatu hari….
Seperti biasa, saya chatting sama Yu Lidi di Ym. Eee, tiba-tiba dia kok melontarkan pertanyaan: “wes pernah nggawe bakso rambutan?
Lha saya jawab, “durung pernah. Yen ibuku mbiyen pernah nggawe, tapi aku ra kelingan carane.
“...”, “...”, [bagi yang ngga ngerti Bahasa Jawa, silakan melihat teks yang ada di layar kaca anda Photobucket]
Sampai akhirnya kami sepakat untuk bikin bakso rambutan bareng. Photobucket
Maksudnya... terserah bikinnya kapan, pokoknya postingnya di blog harus bareng.
Hihihi iseng banget ya?! Photobucket
Nah pas saya bikin ni bakso, Yu Lidi dengan setia mendampingi saya dari jarak ribuan mil lewat Ym, dia juga setia memberi instruksi satu per satu.
Maklumlah, dia udah bikin duluan, dan saya ngga catat resepnya. Jadi deh dia yang dengan sabar menuntun saya ke jalan yang benar. Hihihi baik ya dia?? Photobucket
Trus, resepnya ini juga hasil saya nerjemahin dari punya dia. Hehe.. Photobucket
Cuma untuk resep kuahnya, kami berbeda aliran.
Akhirnya...
Voilà.....
Jadilah si BaKram ini. Gimana penampakannya? Beda yah ama punya Yu Lidi...
Habisnya saya ga gitu ahli mainin 2 sendok buat bikin bulatan baksonya. Jadinya bakso saya gepeng-gepeng deh... hihihi
Ga papa, yang penting rasanya donk... Enak Banget!!!
BAKSO RAMBUTAN

Bahan:
300 g daging ayam, cincang
300 g udang, cincang
100 g soun, rendam air panas, tiriskan, iris
100 g jamur kuping, rendam air panas, tiriskan, iris
6 siung bawang putih, cincang halus
4 butir bawang merah, cincang halus
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap ikan
1 sdm minyak wijen
1 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang, iris halus
2 sdm tepung tapioka
1 butir telur
Gula
Minyak untuk menggoreng
Air untuk merebus

Cara membuat bakso yang direbus:
Bawang putih dan bawang merah cincang, masukkan dalam mangkok.
Campur dengan semua bahan, kecuali tepung tapioka. Aduk rata.
Masukkan tepung tapioka, aduk rata.
Boleh ditambah telur biar agak basah, tapi jangan ditambah air, yaaa....
Siapkan air mendidih di panci yang dijerang di atas kompor.
Buat bulatan bakso dengan bantuan 2 sendok, masukkan bakso ke dalam air mendidih.
Tunggu sampai bakso mengapung, angkat, tiriskan.
Lakukan terus sampai setengah adonan habis.
Sisa adonannya, dibuat bakso yang digoreng. Caranya:
Buat bulatan bakso dengan bantuan 2 sendok, goreng bakso dengan minyak sampai kecoklatan.
Hidangkan dengan kuah bakso.

You Might Also Like

2 comments:

  1. iki seng endih mangkok jatahku. 3 iji kurang dhit lha kethoke uenakk ngono

    ReplyDelete
  2. donc, vous parlez francais?
    Aku tadi nyobain tapi nggak pake jamur-jamuran dan tak jadiin satu sama sop. Wes ngono tok. Plus ngga pake tapioka, bener-bener daging. Kenapa nggak pake tapioka? Karena aku ngarang dewe :)) Setelah baso rambutannya abis, baru nyari resepnya. Rak nggenah >.<

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)