ayam/Chicken

AYAM KORMA (ACEH)

Sunday, June 22, 2008,4 Comments


Penasaran sama masakan khas Aceh ini. Dulu saya pikir ayamnya dimasak pake buah kurma. Duh, kebayang deh, rasanya pasti manis & ga enak.
Rupanya saya salah besar... Hehehehe
Ternyata masakan ini rasanya wuendang bambang guling-guliangan pake dandang. Alias wuenak pooolll.
Baunya aja harum banget, rempah ama uen temuruinya itu lho....
Waktu saya lagi masak ni ayam, adik saya langsung ngeces sambil ngomong, “Aduh, baunya mak nyuuus banget...!!!”.
Apalagi kalo dimakan sama Bu Minyeuk (bukan suaminya Pak Minyeuk, lho yaa...).
Sumpe deh... enak banget... saya aja sampe nambah-nambah makannya. *rakus.com*
Oia, mestinya korma ayam ni warnanya lebih coklat dari yang saya punya.
Cuma berhubung saya kurang ngasih kelapa gongseng (malas nimbangnya), juga kunyitnya baru terbakar sebentar, jadilah korma saya agak kehijauan. Hehehe...
Aaah... yang penting rasanya Mak Nyus!!!
Masak Korma Aceh ini, selain ayam juga bisa pake kambing atau itik.

Ingredients: 
350 g ayam
300 cc air
150 cc santan
1 tangkai uen temurui (daun kari/salam koja)
1 batang sereh, memarkan
100 g kelapa gongseng
1 butir asam kandis
Minyak goreng

Spicy Paste:
 
1 sdt ketumbar, sangrai
3 cm kayu manis
4 butir kemiri, sangrai
4 buah kapulaga
5 cm kunyit, bakar
4 cm jahe
4 buah bungong lawang (pekak)
1 sdt jintan, sangrai
1 sdt adas manis, sangrai
1 sdt lada
6 bunga cengkeh
1 sdt pala bubuk
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
garam

Directions:
  1. lumuri ayam dengan 50 g kelapa gongseng. Diamkan 15 menit sampai meresap.
  2. tumis spicy paste hingga harum.
  3. masukkan sisa kelapa gongseng, uen temurui, dan sereh. Aduk rata.
  4. masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
  5. tuangkan air. Masak hingga air mendidih.
  6. masukkan asam kandis. Aduk sebentar.
  7. tuangkan santan. Aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Angkat.

You Might Also Like

4 comments:

  1. orang Minang juga punya gulai korma
    aku dulu pernah posting diblog yg kedelete.. ntar deh aku posting lagi kalo bikin lagi :D

    ReplyDelete
  2. wah serba Aceh nih... belajar masak masakannya Akang panglima ya *twink*

    ReplyDelete
  3. *_* gambarnya membikin saya lapar.

    ReplyDelete
  4. Disini juga ada Chiken Korma tapi ngga pake santan. Mirip2 sama Semur ayam gitu hanya more ingredients...:)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)