Indonesian Culinary

LUMPIA SEMARANG

Sunday, February 24, 2008,4 Comments


Ada request Lumpia dari mbak Lia. Katanya dia lagi kangen sama lumpia Semarang. [Mba’e, iki wes dipajang lumpiane. Lunas yo utangku.... hihihi]. Kebeneran banget, saya emang lagi pengen bikin lumpia. Mumpung dapat rebung dari kawan. Sebagai orang yang tinggal di city of lumpia, saya sebenernya ga perlu repot-repot bikin lumpia sendiri. Lha wong mulai dari warung kaki lima, pasar, sampe restoran dan hotel berbintang bisa kita temukan si lumpia bercita rasa khas ini. Tinggal beli aja kalo pengen. Cuma, rasanya ngga afdol juga kalo blognya orang Semarang kok ga ada lumpianya.hihihihi Hyuuuuk...
Bahan:
Kulit lumpia siap pakai
Putih telur untuk merekatkan lumpia
Minyak goreng

Isi:
350 g rebung, iris halus
150 g udang, kupas, cincang halus (bisa juga pake ayam)
30 g ebi, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
2 batang daun bawang, iris halus
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 butir telur, kocok lepas
Garam & merica
150 ml kaldu udang/kaldu ayam

Saus:
3 siung bawang putih, iris halus
35 g gula merah, sisir
2 sdm kecap manis
½ sdm saus tiram
250 ml air
2 sdm tepung kanji
1 sdt cuka
Garam
Cara Membuat:
Isi:
Tumis bawang putih hingga harum dan layu.
Masukkan udang dan ebi. Aduk hingga berubah warna.
Masukkan rebung dan daun bawang, aduk hingga layu.
Masukkan telur kocok sambl diaduk-aduk hingga berbutir.
Tambahkan kecap, saus tiram, garam, dan merica. Aduk rata.
Tuang kaldu. Masak sampai bumbu meresap, kaldu kering, dan matang.

Lumpia:
Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan adonan isi.
Lipat kulit lumpia seperti amplop, rekatkan dengan putih telur.
Goreng dengan minyak panas sampai matang.
Saus:
Campur semua bahan, masak di atas api hingga mendidih.
Sajikan lumpia hangat bersama saus dan daun bawang lokio.

You Might Also Like

4 comments:

  1. Det, lumpia semarang??? wes ini kedoyanannku, tapi males ngrajang si rebung......wes kirimi aku wae yo.....(kepengen.com)

    ReplyDelete
  2. hi, there...you've been tagged to share your 5 facts.

    I wonder if you have done this...if yes, maybe you can do fact #6-10 hehe, check out mine at http://mochachocolatarita.blogspot.com/2008/02/5-facts-about-me-kosmo-cafe.html

    tak tag yo deetttttt...ayooo bagi2!

    ReplyDelete
  3. Asyieeekkk..ada lumpia semarang, aku doyan bianget det. Thanks resepnya ya. Resep saosnya itu yg mantepp, ada yang pake tauco juga nggak det?

    ReplyDelete
  4. Deethaaaa
    nyam nyam bbrp minggu lalu aku juga bikin cuman blm aku posting di blogspot baru cuman di MP
    http://evimeinar.multiply.com/recipes/item/363/Indonesian_Recipe_Lumpia_Semarang

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)