ayam/Chicken

[eVeNt] Ayam Betutu

Saturday, October 30, 2010,7 Comments

Jumpa lagi dalam Event Bulanan: Masak Bareng Yuuk.. !! Tema Bulan Oktober ini adalah Aneka Hidangan Khas Bali.
Hahaha.. secara dah lama banget pengen buat Ayam Betutu, sampai-sampai sempat janjian mau posting bareng sama Rita Suttarno segala, tapi baru sekarang kesampaian setelah sekian abad lamanya. hehehe
Mungkin kalau nggak ada event MasBar ni, sampai sekarang saya nggak pernah masak Ayam Betutu. Soalnya ngliat daftar bumbunya yang panjang + cara masak yang lama nggak mateng-mateng *keburu lapar* akhirnya jadi malas bikin deh. hihihi

Saya pakai resep dari Buku 80 Warisan Kuliner Nusantara. Aslinya sih judulnya Bebek Betutu.
Tapi bebeknya saya ganti dengan ayam. Trus di resep juga pakai 1 ekor bebek yang utuh, kalau saya hanya pakai setengah ekor ayam aja. Jadinya saya buat setengah resep.
Ayam Betutu saya ini puedesnya selangit, soalnya takaran cabenya saya pakai ukuran cabai 1 resep, biar puasss..... hahaha



Ayam Betutu [BALI]
---------------------------------------------
Source: 80 Warisan Kuliner Nusantara

Bahan:
1 ekor (600 gr) ayam
3 cm jahe, diparut
1 sdt garam
100 gr daun singkong, direbus, peras, potong-potong
2 cm lengkuas, memarkan, iris
4 lembar daun jeruk, buang tulangnya, iris halus
2 batang serai, ambil putihnya, iris
2 cm jahe, iris
Garam
3 sdm minyak untuk menumis
daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:
15 buah cabai keriting
5 buah cabai merah besar
6 buah cabai rawit merah
6 butir kemiri, disangrai
20 butir bawang merah
8 siung bawang putih
2 sdt terasi, goreng
1 sdm ketimbar
1 sdt merica
2 cm kencur
3 cm kunyit, bakar

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam dengan jahe & garam. Diamkan 15 menit.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, serai, & jahe sampai harum. Tambahkan garam, aduk rata. Angkat.
3. Ambil 1/3 bagian bumbu, campur dengan daun singkong. Masukkan dalam perut ayam. Semat dengan tusuk gigi bagian lubangnya.
4. Lumuri sisa bumbu ke seluruh bebek.
5. Bungkus dengan 3 lapis daun pisang, ikat dengan tali.
6. Kukus 60 menit dengan api sedang.
7. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celcius sampai matang.

untuk 4 potong

You Might Also Like

7 comments:

  1. deetha, kak mas suka ayammm...pedass yer..lagi suka...sedappnya...nak sikitt..

    ReplyDelete
  2. wau wau samaan ma mba lidia menunya.. mantapp mba, hampir sama cara masaknya kayak di rumah bis di kukus ayamnya jg di oven, biar makin yahuddd hehe

    ReplyDelete
  3. Besok2 buat ach, Bebek betutu (tapi bebeknya harus ambil ke Kandis dulu kalau mau gratis)hehehehe. ya elah mbak, membuat perut lapar di malam minggu

    ReplyDelete
  4. salam deetha..
    ooohh sedappnya ayam tu..
    oo ada tema ye..nnt nak sikit ye..

    ReplyDelete
  5. ngileeeeeerrrrrr....
    tum ayam baliku juga dah tayang...

    ReplyDelete
  6. wah, pedesnya pasti nikmat banget nih mbak.. udh lama nggak mkn makanan pedes2 nih aku.. sedih juga udh lama nggak bs ikt masbar. :(

    ReplyDelete
  7. wah ayam betutuku mbiyen wes nggawe sempet tak posting durung yo hueheuheuhe

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)