kentang/Potato

KUE LUMUT HIJAU (Kue Lumpur Tape Pandan)

Monday, February 09, 2009,6 Comments

Biasaaaaaa.......... lagi-lagi gara-gara Dessy , saya jadi ter”kompor” buat beli cetakan kue lumpur.
Setelah dapet cetakan, sekarang praktek dong bikin kue lumpunya.....
Resepnya juga saya copas dari Dessy, tapi dia pun copas dari Mbak Rahmah. Waduh, copas berantai nih ceritanya.. hahaha Nggak papa laah..demi kue lumpur enak gini.. :D :D
Setelah matang, lah kok jadinya dikit amat, ya? Mana masuk ke perutnya cepet banget, lagi. Udah langsung ludes dalam sekejap. Huuhuuu...ga sepadan sama capek bikinnya :(
Lain kali bikin 2 kali takaran di resep deh, biar puassss.... :D
Lumpurnya emang enak, ga bau telur, dan kalo saya sih suka yang bawahnya agak gosong gitu. :D :D

KUE LUMUT HIJAU (Kue Lumpur Tape Pandan)


Bahan :
110 cc Susu UHT cair
65 gr gula pasir (saya kurangin gulanya ± menjadi 50 gr)
2 butir telur antero, kocok ½ kental (pake whisk saja)
30 gram tepung terigu
50 gr kentang, kukus, haluskan
¼ sdt garam
125 gr tape manis, haluskan
20 gr margarin cair
½ sdt pasta pandan


Cara Membuat :1. Kocok telur dengan whisk sampai ½ mengembang/kental
2. Taruh tepung, garam dan gula dalam baskom, tuangi susu, aduk rata (sampai gula larut)
3. Tuangkan kocokan telur, aduk rata
4. Masukkan kentang dan tape yang telah dihaluskan, aduk rata
5. Tuangkan margarin cair, aduk, beri ½ sdt pasta pandan. Diamkan sejenak, 15 menit.
6. Panaskan cetakan, oles dengan sedikit minyak/margarin. Biarkan panas.
7. Tuangkan adonan kue ke tiap lubang cetakan, hingga ¾ penuh. Tutup, biarkan sampai adonan terangkat sediri (tanda matang) (kurang lebih 25menit).
8. Angkat, dinginkan , hias sesuai selera.

Hasil Akhir : 10 buah, cetakan lumpur diameter ± 6 cm

Recipe by. Rachmah

You Might Also Like

6 comments:

  1. Waaaaaah ngences tak terkendali.......tanggung jawab!!!!!!

    ReplyDelete
  2. Wah, kayaknya enak neh kuenya. Salam kenal mbak.

    ReplyDelete
  3. @ Lidia, telur antero iku telur utuh. kuning karo putihe,gitu yu. tp kulite dbuak loh... wkwkwk

    @ Mbak Maya, salam kenal jg yaa :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)