Indonesian Culinary

SELAD SOLO

Thursday, February 14, 2008,1 Comments

Setelah lelah mencari resep Selad Solo (yang lengkap dengan mayonesnya) kesana kemari, akhirnya Mbakyu saya yang satu itu bilang, kalo di blognya ada si resep Selad Solo yang sedang saya cari. Yo wes, saya copas aja.
Wuah,,, akhirnyaa... saya bisa juga bikin Selad Solo sendiri.
Biasanya sih cuma makan bikinan ibu. Hehehe...
Sebenernya sih, saya ngga terlalu suka ama Selad Solo [= beef steak-nya wong Jowo].
Buat saya, rasanya biasa aja, manis pula... Kalah nikmeh ama kelezatan rendang atau sambal.
Maklumlah, meski saya orang Jawa, tapi lidah saya rasa Minang. Hehe...
Ternyata ribet juga yaaa masak Selad ini, soalnya banyak pernak-perniknya.
Mana pas mo belanja, ketahan ama hujan yang turun tiada hentinya.
Yo wes ndak apa-apa, diterjang aja, wong udah terlanjur kepingin, dan demi masakin papa juga tante saya yang lagi kompakan ulang tahun tgl. 14 Februari.
Oia, Selad saya ni tanpa daun selada, ketimun, dan keripik kentang.
Soale mereka lagi absen ga masuk toko, mungkin ujan-ujan gini pada kena flu. Hehehe *ngaco.com*
Telurnya juga ga saya bikin pindang. Cuma direbus aja.
Saya udah kehabisan tenaga buat mindang telur segala. (Halah, ngeles. padahal males) Hihihi
Trus takaran resep mayonesnya, menurut saya kayake kurang deh... kurang banyak kalo buat Selad yang sebanyak ini.
Dan ... Voilà, Selad Solonya “Uendang bambang guling-gulingan ama mayang”. Hehehehe
Coba aja sendiri, kalo ndak percaya.





Bahan Bistik:
1 kg daging sapi, iris-iris
air secukupnya untuk merebus
1 siung bawang bombay, iris tipis
3 butir cengkih
2 cm jahe, memarkan
1 cm kayu manis (½ sdm kayu manis bubuk)
1 buah tomat, belah 4
5 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1 sdt merica
sedikit jintan
garam secukupnya

Pelengkap :
Buncis, potong memanjang,rebus
wortel, potong memanjang, rebus
ketimun, iris tipis
tomat, iris tipis
kripik kentang garing
telur bacem
daun selada
kentang goreng
mayones jawa

Bahan Mayones Jawa :
4 bh kuning telur rebus
1 kentang rebus
1 sdt bawang putih bubuk (1 siung bawang putih)
5 sdm cuka
1 sdm gula
¼ sdt merica
1 sdm mustard
1 sdm margarine cair
Cara Membuat :
Tumis bumbu halus dan bawang bombay.
Tuangkan air, masukan sisa bahan bistiknya beserta daging sapi.
Masak sampai daging empuk.
Ambil dagingnya, sisihkan kuahnya untuk saus.

Mayones Jawa :
Haluskan kuning telur bersama kentang
Masukan semua bahan sampai tercampur dengan rata.Diamkan dlm kulkas sebelum disajikan.

Penyajian :
Tata daun salad beri mayones diatasnya.
Tata daging, wortel, buncis, ketimun, tomat, telur bacem, kripik kentang, kentang goreng.
Lalu guyurkan saus diatasnya sebelum disajikan.

You Might Also Like

1 comment:

  1. adoh adoh... deeth... ngecesss deeech..! tanggung jawab ayo kirim ke sini!! kabar baik bu...

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)