kentang/Potato

PERKEDEL a la Ibunya Sefa

Saturday, January 26, 2008,6 Comments



Kangen sama perkedel ibu saya...hiks...
Perkedel ibu saya enak banget, apalagi kalo dimakan panas-panas..
Mau bikin, tapi ga ngerti resepnya.
Mau nanya juga repot, lha wong ibu saya udah almarhum dan ga ninggalin warisan resep perkedel enaknya.
Akhirnya saya korek-korek siapa ya kira-kira yang punya resep perkedel enak.
Akhirnya nyangkut deh di dapunya
Sefa.
Ternyata dia juga punya resep perkedel andalan dari ibunya.
Ya udah, saya coba aja resep yang ini.
Sama-sama resep dari ibu, kan? Hehehe
Buat Sefa, makasih banyak ya.. saya sering nyontek resep-resepmu neh :)



PERKEDEL a la Ibunya Sefa

Ingredients:
7 buah kentang yang lumayan besar (
saya pake kurleb 500 g)
167 gram daging cincang (
saya pake 200 g)
2 siung bawang putih, iris tipis
2 siung bawang merah, iris tipis
4 sdt bawang goreng
4 sdt irisan seledri
1 butir telur (kuningnya untuk campuran adonan, putihnya sebagai pelapis sewaktu menggoreng)
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Minyak untuk menggoreng dan menumis
Directions:
1. Kupas kentang, bersihkan, potong-potong dan goreng, kemudian sisihkan dalam wadah. (Goreng kentangnya gak usah terlalu matang yaaaa)
2. Haluskan kentang goreng selagi panas, untuk memudahkan.
3. Tumis daging cincang dengan sedikit minyak dan sedikit garam sampai berubah warna, sisihkan.
4. Tumis 2 sdt seledri, sisihkan.
5. Campur daging cincang, bawang merah, bawang putih, bawang goreng, seledri mentah dan seledri matang kedalam kentang goreng yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata.
6. Tambahkan kuning telur, merica dan garam, aduk rata.
7. Ambil satu sdm adonan perkedel dan bentuk sesuai selera, sisihkan. Ulangi terus sampai adonan habis.
8. Celupkan satu persatu perkedel kedalam putih telur sebelum dimasak.
9. Goreng dengan minyak yang banyak dengan panas sedang, sampai berwarna coklat. Angkat dan tiriskan minyaknya dengan tisu dapur.


You Might Also Like

6 comments:

  1. Halo Deetha!
    Kebetulan banget, kemaren aku juga bikin perkedel. Tapi resepnya nggak selengkap ini. Aku minta ijin copy resepnya, ya.
    Makasih :)

    Btw, salam kenal.

    ReplyDelete
  2. Deeth,aku juga suka lho perkedel. Tapi aku dapet resepnya dari almrmh. Eyang Putri waktu di Surakarta/Solo.Lha kowe kok ora ngirimi aku perkedel ki piye...bagi2 dong ...

    ReplyDelete
  3. resep meh persis lek biasa aku gae Dith( ga nganggo bwg merah), biasane aku pk daging ayam nek ga pk kornet. Seneng nggo seledri daripada daun bawang. Ambune luwih sedep seledri :D
    wingi bar gae soto ayam mesti gae perkedel ( kan jodone yaa hehe )

    ReplyDelete
  4. pour mbak Sheila, boleh silahkan dcopy resep dan dcoba perkedelnya. smoga co2k. saya dpt resep itu jg copy pny Sefa. btw,salam kenal jg..
    kagem mbak Judith, hehe jane meh tak kirim ke CH tp kburu ntek. enak sih..hehe kpn2 resep eyangnya dposting ya,tak cobane.pasti enak yaa...
    buat mbakyu AG, iyo mbak..pancen enak pk sledri.aplg kalo mericane akeh.. mak nyus tnan.. aku kmrn jg bikine sama soto. tp soto padang.

    ReplyDelete
  5. muanteeeepppppppp... senengnya kalo resep perkedel Ibuku berkenan

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)