Indonesian Culinary

Soto Sulung

Saturday, September 04, 2010,7 Comments


Salam semua,
Lama ya, saya nggak posting & blog walking. Maklum laa.... akhir-akhir Ramadhan ni kan makin sibuk mengejar ibadah. Mumpung masih ada waktu tersisa kan? hehehe *duileeee... gaya bener nih ^.^*


Di Kota saya nih, kalau siang puanasnya naudzubillah, tapi kalau malam sering hujan. Nah, buat buka puasa hujan-hujan gitu enaknya yang berkuah panas, seger-seger & bisa dipakein sambal.

Bikin soto aja sedap kan, sesuai dengan kriteria di atas tadi. hihihihi
Soto ini saya nemu resep dari Primarasa Jajanan Jawa Timur. Soto ini memang salah satu soto khas Jawa Timur. Rupanya, rasa soto ini mirip sekali dengan soto yang biasa dibuat oleh alm. ibu saya. Kwaa... kwaaa... senangnya, bisa jadi pengobat rindu masakan ibu. hehe





SOTO SULUNG
------------------------------------------------------------------- 
recipe: Seri Masak Femina Primarasa, Hidangan Nusantara Populer, Jajanan Jawa Timur


Bahan:
300 g jeroan sapi (Babat, usus, paru) ---saya nggak pakai
Air untuk merebus jeroan
100 g daging sapi lemusir --- saya pakai 300 g
2.000 ml air untuk merebus kuah
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
4 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit, bakar
2 cm jahe
4 butir kemiri sangrai
1 sdm merica
garam

Pelengkap:
Nasi/lontong
2 sdm bawang goreng
2 batang daun bawang, iris halus
2 batang seledri, iris halus
Sambal cabai rawit
Kecap manis
Air jeruk nipis
2 butir telur rebus, kupas, belah 4 bagian

Cara Membuat:
1. Cuci jeroan sampai bersih, rebus sampai mendidih, angkat, tiriskan. Ganti air perebusnya berulang kali hingga jeroan empuk & baunya hilang.
2. Rebus daging sapi secara terpisah dengan air hingga setengah matang, tambahkan serai, & daun salam.
3. Masukkan jeroan rebus. Teruskan merebus di atas api kecil hingga bahan cukup empuk, angkat, tiriskan. Ukur kaldunya sebanyak 1.250 ml. Bila kurang, tambahkan air mendidih.
4. Potong-potong jeroan & daging ukuran 1 x 2 cm, masukkan kembali dalam panci kaldu.
5. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, angkat. Masukkan ke dalam kaldu. Masak sampai mendidih & bau langu bimbu hilang, angkat.
6. Pindahkan soto ke dalam wadah saji. Hidangkan soto selagi panas bersama nasi atau lontong serta pelengkap lainnya.

You Might Also Like

7 comments:

  1. salam deetha...sedap :p~...mkn sama sambal kecap lagi sedap nih :)))

    ReplyDelete
  2. slm Deetha..lama k'ida tak singgah sini, sedap soto tu nmpk..dah selesai persiapan raya tahun ni.
    Selamat hari raya aidilfitri..

    ReplyDelete
  3. waah, sedap sekali.. hehe. bisa dikirim ke jakarta ga mbak? ;)

    ReplyDelete
  4. seger pasti ya..ujan2 makan yg fanas2..kapan2 ngintip resepnya ah...

    ReplyDelete
  5. Salam Deetha,
    Selamat Hari Raya Deetha dan family. Pulang beraya ke kampung? Blom cuti?
    Akak melihat soto sulung ni. Dah lama tak buat soto.. yum yum...
    Mohon maaf zahir batin jika ada yg tersalah kata sepanjang perkenalan. :)

    ReplyDelete
  6. selamat hari raya aidilfitri buat anakanda Deetha ku yang di ingati.Maaf zahir dan batin.....

    ReplyDelete
  7. I love your blog!

    This looks so delicious!

    Have a nice time!
    Paula

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)