uNcaTegoriZed

Menu Idul Fitri 1 Syawal 1431 H

Friday, September 17, 2010,7 Comments

Yak, ini dia menu lebaran saya kemarin...

Selain menu wajib lebaran: Lontong, Opor, Sambal Goreng, ada juga menu-menu lain sebagai pendamping, tepatnya sih sebagai pelarian buat yang udah eneg makan 'tongporsamgor'. hehehe
Nah, menu2 pendamping yang terhidang di rumah makcik saya (tempat saya mudik) ini aja yang saya tampilkan di sini yaaa... :D




Rendang
Kalau rendang ini saya yang masak, khusus melayani permintaan adik-adik sepupu saya. Sejak bertahun-tahun lamanya, setiap lebaran saya selalu pegel linu gara-gara kecapekan ngaduk rendang sampe hitam gitu. hihihi
Tapi saya seneng, soalnya rendang saya selalu laris manis diserbu adik-adik saya yang pada ngiler kelaperan. hehe


Udang Panko & Cumi Masak Hitam
Udang Panko ini juga hasil masakan saya, karena makcik saya habis belanja 2 kg udang segede gajah (untung bukan gajah segede udang. hihihi) & udah bosen kalo cuma digoreng mentega mlulu.
Akhirnya dibalutlah sekilo udang ini dengan tepung panko (sekilo lagi tetep digoreng mentega). Baru anget-anget keluar dari wajan, udah pada diserbu penggemar. Saya yang udah capek-capek masak cuma kebagian 3 ekor aja. hiks...
Kalo Cumi Masak Hitam tu makcik saya yang masak. hehe

Bihun Goreng & Petis Bumbon
Bihun Goreng & Petis bumbon ni juga makcik saya yang masak.
Petis Bumbon adalah masakan khas dari Kabupaten Rembang & sekitarnya. Kalau penasaran ramuan apa yang ada di dalamnya, bisa dilihat resepnya di sini.


Udang Goreng Mentega & Es Legen
Udang Goreng Mentega tu, dari sisa udang yang ditepungin panko tadi, juga makcik saya yang masak. hehe..
Kalau Es Legen, oom saya yang beli. Sampai rumah ditambahin es, diminum rame-rame deh...
Legen itu air nira yang disadap dari mayang pohon siwalan (lontar betina). Yang ini non-alcohol loh yaa... :)


Itulah menu lebaran saya di permudikan kemarin. Bagaimana dengan menu lebaran kawan-kawan??

You Might Also Like

7 comments:

  1. slm kembali ya Deetha.....wahh, banyak juga juadah lebaran hari tu....sumenyer enak2 belaka..bagus sekali ya gitu, ada makciknya juga bantu memasak...

    ReplyDelete
  2. Aku juga bikin rendang tahun ni. Cara males buat ngitemin rendang, masukin oven juga :))

    ReplyDelete
  3. @Kak Ida: hehehe iya, soalnya aku lebaran di rumah makcik :)

    @Pepong: masukin oven? walah...ide bagus. tp nek aku males ngangkat2 oven, secara cuma punya otang. hehehe

    ReplyDelete
  4. okeh banget lauk e..cumi2 tu mmg nampak hitam..bubuh apa ye? comel !

    ReplyDelete
  5. @Kak Fara: Cumi itu dimasak dengan tintanya, kak.. makanya hitam gitu...
    lepas makan tu, gigi pun ikut hitam. hehehehe

    ReplyDelete
  6. widiiiii, enaaaaaak, enaaaaak, nyesel lah tak ke rmh makcik Mbak Deet, btw ini mudiknya kmna sich?

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)