EveNt

[EveNt] Mi Caluk

Monday, June 06, 2011,10 Comments

Salam MasBar!
Jumpa lagi di entry MasBar bulan Juni ini, yang temanya Aneka Olahan Mie.
Kali ini saya buat Mi Caluk khas dari Aceh. Mi Caluk terbuat dari Mi Lidi yang dibumbui dengan bumbu pecel.
Kebetulan saya masih punya sisa mi lidi hasil perburuan di Tebing Tinggi waktu liburan lalu, trus dapat bumbu pecel yang pedes banget, special dari Rurie.
Untuk resepnya, saya dapat dari Dessy dengan sedikit modifikasi dari saya.


MI CALUK

Bahan:
1/2 kg mie lidi, rebus sampai matang dengan sedikit minyak, angkat, tiriskan

100 g udang, kupas
1 sdm kecap manis
1/2 sdt kecap asin
garam
bumbu pecal siap pakai
daun bawang, iris halus
seledri, iris halus
bawang goreng
jeruk sambal

bumbu halus:
3 bawang merah
2 bawang putih
5 cabai merah
3 cabai rawit merah
sedikit lada


Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai harum dengan minyak, masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna.
2. masukkan kecap manis & asin
3. masukkan sedikit air, aduk rata
4. masukkan mie lidi, garam, daun bawang, seledri, aduk2 sampai agak kering, matang, angkat
6. sajikan mie dengan siraman bumbu pecal, jeruk sambal & bawang goreng


You Might Also Like

10 comments:

  1. mbak ditaa, unik banget sih resepnya.. hehe. boleh donk nyicip.. :)

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum wr wb mbak.....asyik, aku bantu cicip ya enak banget kayaknya......makyus......rasanya pasti ajib..........

    ReplyDelete
  3. ehhh jaman kecil aku doyan makan pecel pk mie bukan nasi :D

    ReplyDelete
  4. @ Mon2: haha.. boleh.. boleh... ambil sendiri ya, Mon..

    @ Anonyme: wsalam wr wb, hahaha... sedap..sedap..sedap...

    @ Pepong: aku pun, suka mi+bumbu pecel tanpa sayuran pecelnya...hiahahahaha
    tapi kalo di Jawa kan pake mi biasa, bukan mi lidi.

    ReplyDelete
  5. salam deetha :) klu sy baca ni yuk masak..tapi sy baring lalu turu-hehehe! macam mee rojak ya mi caluk ni-nampak sedap :)

    ReplyDelete
  6. Mi lidi ini sama dengan spaghetti ke?

    ReplyDelete
  7. @ Pepong: mirip bentuknya yg panjang aja. rasanya tetep beda...

    @ Deliah's Deli: wahahaha kalo baring lalu turu tak jadi masak dong.. hehehe

    @ Cikmangis: beda, makcik.. beda rasa & teksturnya...

    ReplyDelete
  8. @mba pepi.. aku ampe skrng klo plng ke aceh ya pesennya mie pecel.. malah kadang2 dicampur lontong.. bisa dibayangkan,mienya yg gede krn pake mie lidi, ditambah lontong lagi..karbo vs karbo

    @det.. msh banyak stok mie lidi mu..?

    ReplyDelete
  9. @ Desyong: mi lidi masih, Des.. tinggak 500 g. ntar kalo abis tinggal minta ke kawan di Tebing Tinggi. hiahahaha

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)