sapi

Kroketten of Bitterballen Maken

Friday, November 07, 2008,6 Comments


Berawal dari penasaran bikin kroket yang asli Belanda, saya iseng-iseng menjelajahi dunianya si maya buat nyari resepnya. Eeee nemu deh resep kroket Belanda, tapi resepnya kok pake bahasa Belanda ya... :(
Lha berhubung saya ga ngerti bahasa Belanda, akhirnya saya minta bantuan deh sama penerjemah :D eh,
ngga' ding, tapi resep bahasa Belanda itu diterjemahkan dengan sepenuh hati sama Rurie yang baik hati :D [kamsia yaa Rie.... :)]
Ternyata oh ternyata, buatnya gampang banget, udah ditu ga pecah lagi. Wuih... jadi doyan neh bikin lagi kapan-kapan..hehehehe :P


source recipe: http://www.gratisrecept.nl/recept/zelf-kroketten-of-bitterballen-maken.php
300 gram runderpoulet (gaar, of ander (soep)vlees/rund- of kalfsvlees)
2 deciliter bouillon (bij voorkeur zelf getrokken van rund- of kalfsvlees)
4 takjes peterselie (fijngeknipt)
3 eetlepels boter
3 eetlepels bloem
2 eieren
150 gram paneermeel
zout
peper
nootmuskaat
1 eetlepel melk
1 eetlepel olie

Snijd het vlees in hele kleine stukjes. Smelt boter in een pan, roer de bloem erdoor (= roux) en laat dit ca 2 minuten zachtjes garen. Voeg al roerende de koude bouillon toe en blijf roeren tot er een gladde saus ontstaat. Spatel vervolgens het vlees en de peterselie erdoor en laat het 2 minuten zachtjes doorkoken. Breng het geheel op smaak met zout, peper en nootmuskaat. Schep de ragout in een diep bord en laat het minimaal 2 uur in de koelkast koud en stijf worden. Klop in een diep bord ei met melk en olie los. Strooi het paneermeel op plat bord. Verdeel de ragout in porties en maak van ieder portie een kroketvorm. Rol de kroket losjes door de paneermeel. Vervolgens door het eimengsel en nog een keer door de paneermeel. De kroketten moeten aan alle kanten goed bedekt zijn! Leg de kroketten nog minimaal een uur terug in de koelkast. Verhit het frituurvet tot 180 graden C. Frituur de kroketten ongeveer 5 minuten (niet teveel tegelijk). Van hetzelfde mengsel kunt u ook bitterballen draaien.

Aantal personen : 4
Bereidingstijd : 03:15:00


Bahan:
300 gr daging cincang tanpa lemak
2 desiliter (200ml) kaldu sapi
4 tangkai peterseli cincang
3 tbs butter
3 tbs tepung terigu
2 telor
150 gr tepung panir
merica
garam
pala
1 tbs susu cair
1 tbs minyak

Cara Membuat:
*seperti membuat ragout*
panasin butter, masukin tepung terigu, aduk-aduk jangan sampe gumpal.
masukkan kaldu sapi, daging, peterseli, aduk-aduk.
masukin merica, garam, pala.
kalau udah mateng, diemin di kulkas 2 jam-an sampe dingin dan agak kaku
di mangkok laen kocok telor, susu, dan minyak.
ragout daging yang tadi keluarin dari kulkas, lalu bentuk2
guling di tepung panir, guling di telur, guling lagi di tepung panir, lalu masukin lagi di kulkas,1 jam-an.
abis itu goreng deh 5 menit.
kata resepnya, dari adonan yang sama, kalo dibentuk bulet jadilah bitterbalen.
Lama membuat menurut resep: 3.15 jam untuk 4 orang

You Might Also Like

6 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Uh akhirnya yang ditunggu2 tayang juga.....slurp...itu dicocol saus apa??
    Enaaaak...........

    ReplyDelete
  3. ini boleh deh dicobain resepnya, kan dah mlebu pawon di Jogja.... boleh boleh buat temen num teh mumpung kita lagi masuk musim dingin....... hmmm nyam nyam.

    ReplyDelete
  4. wah, kroket londo tenan iki... Aku nyicip siji yo, ben ra kembung maneh :D

    ReplyDelete
  5. waah kita seangkatan ya, pasti aku pernah liat dirimu, aku dulu 3IPA 4, kamu klas mana? aku biyen emang pemalu jadi agak gak begitu kondang gitu hehehe...dulu jg belum jilbaban, sekarang dah jadi ibu2 ya...pinter masak lho...

    ReplyDelete
  6. Halo, Mbak! Saya ini ada Londonya. Tanggal 1 Mei HUT Ratu Belanda dan temen bikin pesta tapi aku ndak diundang. Nggak papa, tapi yang bikin aku sedih, di pesta itu bakal ada Bitterballen! Sudah bertahun2 aku ndak makan bitterballen krn sudah lama merantau. Nah, cari2 di internet, eh, ketemu deh resep ini. Asli lagi! Matur nuwun, ya Mbak. Tak masak deh nanti tgl 1 untuk mkn malam sambil minum wine. Joyce (oei_joycee@yahoo.com)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)