Indonesian Culinary

Boh Manok Kuah Aceh

Thursday, March 06, 2008,7 Comments

P3030031

Waktu saya cerita lagi masak ini ama Bu RT nya keluarga Kunti, eeh...
Yu Mel malah ngatain saya saru [=porno], gara-gara nama masakan ini ada ‘Manök’nya. Waduh...!!! Emang sih kalo dalam bahasa Jawa artinya jadi agak-agak saru. [sebetulnya ngga juga, déng. Emang dasarnya Yu Mel aja yang saru... Hihihi...]
Padahal dalam bahasa di negeri ‘Kunti’ sono noh. Jadi, Boh Manok=Telur. [bener kan, Fadh? Correct me if i’m wrong]

P3030032

Berhubung saya amatir dalam hal mecahin telur langsung ke kuah, penampakan telurnya jadi ga manis deh.
Si kuning telur ketimbun ama putih telurnya. Malah keliatan kaya’ otak sapi.
Hihihi....
Yo wes ora opo-opo lah, sing penting rasane enak.


P3030033

Bahan:
3 bawang merah, iris tipis

1 batang kayu manis

4 tangkai cengkeh

3 buah bungong lawang/pekak

½ tangkai uen temurui
5 butir telur

750 ml santan

1 batang sereh, ambil putihnya, memarkan

100 ml air
3 lembar daun jeruk

5 buah cabai rawit merah
Minyak goreng untuk menumis

P3030034

Bumbu, haluskan:

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdt ketumbar

1 ruas jari kunyit

1 ruas jari jahe

4 butir kapulaga

½ sdt jintan

P3030039 yang baru

Cara Membuat:

Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah sampai harum.
Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, sereh, kayu manis, bungong lawang, cengkeh, daun jeruk dan daun temurui. Tumis sampai harum.

Masukkan air, santan dan cabai rawit. Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk sesekali.

Pecahkan telur satu per satu ke dalam kuah. [pecahkan 1 dulu, tunggu agak matang, baru pecahkan telur berikutnya].
Masak sampai telur matang dan bumbu meresap.

You Might Also Like

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Lek sambal Boh Limeng dadi opo Deeth? soale iku sambal udang belimbing gawe urang

    ReplyDelete
  3. Waah... ada masakan Aceh, pengen nyicip euy... Secara aku rasanya belum pernah nyicip masakan Aceh.

    ReplyDelete
  4. kalo liat foto masakannya jadi laper nih...
    Mercy ...sdh mampir in my blog

    ReplyDelete
  5. Deet...gelem endhog'e...mbek sego ditambah krupuk urang pasti sep kuwi yo? esteh taware jok'i

    hehehe

    ReplyDelete
  6. Mbak Pepy: aku ra reti mbak iku artine opo. sak ngertiku sambel sing nganggo udang iku jenenge sambel ganja. hehehe suk tak takonke narasumber sik yo... apakah gerangan artine Boh Limeng?

    Mbak Shinta: ayo, dicobain. enak kok rasanya rempah-rempah banget...

    dmruli: merci aussi

    Rita: emange warung, Rit? tapi pancen iku enak yen dimaem nggo krupuk, sgone panas. wah... Mak Nyus tenan,

    ReplyDelete
  7. mbak Pepy....
    jebul BOH MANOK iku artine NDOK.
    aku bar takon iki mau hahahhaha nak
    BOH LIMENG iku buah belimbing. hehehe

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)