ayam/Chicken

Ayam Selimut Panir

Sunday, March 09, 2008,6 Comments

...dulu jaman saya masih kecil, jaman chicken nugget belom banyak berdar di pasaran, ibu saya sering banget bikin ayam panir ini. Rasanya tentu saja ENAK BANGET...Sekarang sih udah banyak yaa... chicken nugget bergentayangan di pasaran, mulai dari yang dikemas cantik sampai yang curah; dari yang mahal sampai yang murah; dari yang dijual di Supermarket sampai yang dijual penjaja makanan asongan di depan sekolah; dari yang pake ayam asli, sampai yang cuma tepung doang.Tapi.... buat saya sih, lebih baik bikin sendiri. Meski rada ribet dan lama matengnya, namun jauh lebih terjamin untuk kesehatan.
Kalo yang dijual di pasaran emang praktis, tinggal goreng aja. Tapi...... selain mengandung bahan pengawet juga mengandung banyak bumbu masak. Iiiiiiihhh.... SEREM, kan?

Naaah, buat ibu-ibu yang sayang anak, hyuuuuk.... cobain deh bikin chicken nugget sendiri. Sehat lho....!!!
Oia, ayam selimut panir saya ini emang bentuknya sama sekali ga manis. Wong saya nyetaknya asal aja. Habisnya ga punya bentuk cookies cutter yang lucu-lucu sih.
Aaaahh.... buat saya sih bentuk apa aja ga masalah, wong saya bukan lagi anak-anak yang tertarik sama bentuk2 yang menarik dan lucu2. Jadi yang terpenting buat saya adalah soal RASA.

Bahan:
250 g daging ayam giling
2 butir telur, kocok lepas
3 sdm bawang merah goreng, haluskan
4 lembar roti tawar, buang kulitnya
100 ml susu cair
50 g margarin, cairkan
Garam, merica

Panir:
3 butir telur, kocok lepas
200 g tepung roti


Cara Membuat:
Rendam roti tawar dalam susu cair sampai hancur.
Campurkan semua bahan lainnya. Aduk rata.
Masukkan dalam loyang yang telah dioles minyak.
Kukus dalam kukusan yang panas sampai matang.
Keluarkan dari kukusan, dinginkan.
Setelah dingin, masukkan dalam kulkas sebentar sampai agak kering.
Lepas dari loyang, potong/cetak sesuai selera.
Balut dengan telur, gulingkan di tepung roti.
Goreng dalam minyak panas sampai keemasan.

You Might Also Like

6 comments:

  1. wis yoo soal link.. aku minta bagi ayammmmmmm kalo gitu :)))

    ReplyDelete
  2. oke..oke....
    ngko tak kirim pake gajahe DHL langsung sampe depan pintu rumah yo,mbak...
    enteni ae,
    tapi mungkin rodo suwe, wong si gajah mlakune alon2.
    hehehe....

    ReplyDelete
  3. betul Deeth, skrg banyak diberitain makanan pake bahan tambahan yang ga baik buat tubuh. Jadi untuk amannya mending bikin sendiri.

    ReplyDelete
  4. ditt rasane tepung goreng aku yo doyan kekeke tapi chicken nuggetmu iki...iso tak enthekke dewean hehehe

    ReplyDelete
  5. Apa kabar Deeta? wahhhhhh tambah keren nih resep resenya :)

    ReplyDelete
  6. det, klo aku lagi rajin ayamnya tak giling kayak gini juga tapi tak namain rollade ayam soale di kukus koyok bentuk lontong baru digoreng..hi..hi. Anakku emang doyan chicken nugget, klo liat fotonya detty masak ini nih...wah..bakal minta dibikinin juga.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)