ayam/Chicken

P E N Y E T

Friday, February 29, 2008,6 Comments

Ihik... lagi kangen sama penyet, neeh... Waktu jamannya kuliah bareng bapak2 & ibu2 kemaren, hampir tiap hari diner pake menu penyet. Kadang pake ayam, tahu, telor, ikan.
Buat saya sih, yang penting sambalnya harus banyak dan mak nyus.
Biasanya saya and the gank menyet di daerah Pleburan Barat. Malah si kakak saya ini paling suka ngajakin diner di wartend penyet yang ibu penjualnya bahenol. [weleh, mo ngeceng apa mo makan, bang? Hihihi].
Emang sih, ikan-ikan yang dijual di wartend ‘bu bahenol’ itu gede-gede & seger-seger. Cuma menurut saya, rasa sambalnya kurang mak nyus.
Masak sambal kok ada manis-manisnya. Weks...
Yo wes, berhubung saya sekarang udah ga ada lagi kawan menyet, jadi bikin penyet sendiri aja... Hyuuuk mariiii....


AYAM PENYET

Bahan:
½ kg ayam, potong
Air jeruk nipis
1 liter air
Minyak goreng
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
Bumbu Halus:
4 bawang putih
3 butir kemiri
3 cm kunyit bakar
Garam

Cara Membuat:
lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan sedikit garam.

didihkan air dan bumbu halus, lengkuas, sereh, dan daun jeruk purut.

masukkan aym, masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap. Angkat.
goreng ayam dengan minyak panas.
SAMBAL PENYET
Bahan:
20 cabai merah
15 cabai rawit
3 bawang putih
5 bawang merah
1 buah tomat merah yang besar
1 sdt terasi
½ sdt gula merah
Garam
Jeruk sambal

Cara:
Goreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi dan tomat hingga layu. Angkat.

Haluskan semua bahan yang telah digoreng, garam, dan gula merah.

Kucuri dengan air jeruk sambal.

You Might Also Like

6 comments:

  1. wadow lek ono sambal penyet ngene opo maneh sego panas, plus kerupuk iso nambah2

    ReplyDelete
  2. wahhh deet....ayam + sambal + bawang gorengmu itu lho, bikin aku isuk2 wes ngiler hehehe...

    krupuk bintang tamu-mu iku juga sempet jadi bintang tamu neng postingku iki http://mochachocolatarita.blogspot.com/2008/02/waroeng-podjok.html

    tapi dipangan di mall jadi keblondrok krupuk kemahalan hahaha

    ReplyDelete
  3. weleh ayam panyet...ono kemangine tambah sedep Dit

    ReplyDelete
  4. ih bikin ngiler aja bikin ayam penyet *galak*
    hwakakakakaka

    ReplyDelete
  5. Aku naksir krupuke Dit. wes suwe ga maem krupuk putih iku. Ditotol karo sambel wuuuaaah sedep mak nyuss

    ReplyDelete
  6. Waaah...ada sambel penyet. Jadi ngiler nih. Pengen bikin aaaaahhhh. Nyontek ya, Dit.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)