ayam/Chicken

AYAM MASAK DAUN SALAM KOJA

Friday, January 02, 2009,8 Comments


Gara-gara cerita si Dessy pada suatu hari, saya jadi tergiring & nyangkut ke dapurnya Mbak Ria. Passs di situ ada postingan masakan ini. Weh... ngiler deh saya.... Setelah saya telusuri bahan-bahan dan cara membuatnya, langsung deh jatuh hati & pengen nyoba. Secara saya masih punya stok daun salam koja hasil borong di pasar, ayam beli dari tukang sayur yang lewat depan rumah, dan stok asam gelugur hasil oleh-oleh dari Aceh. Langsung tancap bikin... ... ... Dan...

Voilà,

Matur nuwun ya, mbak Ria... bener-bener wuenak lho....
AYAM MASAK DAUN SALAM KOJA 
 
Bahan :
1 ekor ayam, potong2
1 buah jeruk nipis
3 sdt garam
2 batang serai, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
6 tangkai daun salam koja, petiki daunnya
3 buah asam gelugur
½ liter air
minyak goreng untuk menumis
garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
15 buah cabe merah keriting
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 sdm ketumbar
2 ruas kunyit
1 ruas jahe


Cara membuatnya :
Cuci bersih potongan ayam lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan ½ jam.
Tumis bumbu halus dengan minyak yang agak banyak sampai harum lalu masukkan potongan ayam, aduk rata.
Tambahkan air dan sisa bumbu, aduk rata lalu masak hingga mendidih.
Kecilkan api dan masak hingga airnya agak sat.
Angkat dan sajikan.


Resep: Mbak Ria

You Might Also Like

8 comments:

  1. Eh potomu seng iki apik, tajem iku ayamme, belakange iso blur :D

    ReplyDelete
  2. asam gelugur mah gak perlu dr aceh..di tk sayur jg banyak...cobaiin deh lain kali ayamnya di bakar dulu biat bulu2 halusnya hilang, Rasanya jg pasti lebih MANTAP.. ko foto ayam ku lebih merah dr pd punya mu..itu lah beda di blender ma di ulek.. hihihihi..

    ReplyDelete
  3. @ Rurie: huahahahaha pas bejo iku :D



    @ Dessy: waaa kalo d t4ku tkg sayur cuma bw asam jawa. cr asam kandis hrs ke pasar. itu jg banyakan gak adanya. asam gelugur gak ada d pasar dkt rumahku. penjualnya malah nanya, apaan tuh asam gelugur. gubraks! kalo asam sunti jelas g ada d semarang ini. hahaha makanya aku pas pesen sunti skalian aja ama gelugur.hihihi

    ReplyDelete
  4. kalo ayamnya Deetha lebih sexy pake bulu...
    makanya dia ogah tuh pake acara cukur bulu...,eh bakar2 bulu... hihihi.

    btw, aku baru tau niy... kalo bulu2nya ayam dibakar dulu *garuk2*

    ReplyDelete
  5. @ Mbak Ria:
    wkwkwkwkwkwk
    aku males kalo suruh bakar2 bulu... wes mending gitu aja deh...
    lha wong aku juga ga doyan kulitnya. jadi bulune ya gak kemakan...
    paling jatahe kucing-kucingku :D :D

    ReplyDelete
  6. Hai Deetha..terliur sekali lihat ayam tuh! Mesti dicobain nnt..Thanx for sharing.. :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)