cake

Tiramisu Kukus [TIRAKUS]

Thursday, June 12, 2008,1 Comments




Resep ini nemu di Tabloid Saji. Katanya sih, ini kue tanpa keju (bukan seperti tiramisu yang asli). Jadi, kenapa disebut tiramisu, karena dibuat dari adonan kopi.
Buat temen2 yang hoby nyobain resep baru, kue ini pantes dipraktekin. Soalnya bikinnya gampang, cepat, rasanya enak – lembut banget, udah gitu murmer pula. Ga bakalan nyesel deh...
Oia, di tabloid sih resepnya 2x ukuran bahan yang saya tulis ini. Karena di situ dibuat untuk 2 loyang kue ukuran 24x10x7 cm. Berhubung saya bikinnya cuma satu loyang aja, jadi ukuran bahan aslinya saya bagi dua, trus loyangnya pakai ukuran 18x18x7 cm. Gulanya juga saya korupsi, karena saya ga terlalu suka kue yang manis.
Oke deh teman2, selamat mencoba....
Kalau berhasil, jangan lupa cerita2 ya... Kalau gagal, jangan lelah untuk mencoba lagi…
Bon Courage!
Bahan:
4 butir telur
120 g gula pasir (saya pakai 100 g)
1 sdt SP
120 tepung terigu protein sedang
Bahan I:
30 g margarin, lelehkan
30 ml susu cair
Bahan II:
30 g margarin, lelehkan
30 ml air kopi (dari 1 sdm kopi instant + 30 ml air panas)
Taburan:
40 gr meises cokelat
Cara Membuat:
  1. kocok telur, gula, dan SP sampai mengembang.
  2. masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  3. bagi 2 adonan.
  4. tambahkan salah satu adonan dengan bahan I. Aduk perlahan. Tuang ke loyang 24x10x7 cm (saya pakai loyang 18x18x7) yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus 10 menit dengan api sedang.
  5. taburi meises. Kukus 5 menit.
  6. tambahkan sisa adonan dengan bahan II. Aduk perlahan. Tuang ke atas meises.
  7. kukus 20 menit sampai matang.

You Might Also Like

1 comment:

  1. tikusmu kok iso mulus nduwure iku pie ? aku nek gæ cake kukus-2an mestu benjo-2 permukaane *kyk mbulan wæ *

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar tanpa SPAM & tanpa SARA :)