Saturday, 31 January 2009

Potato Cream Soup


Ihiks…
Ini soup hasil nyontek dari Mbak Ria. Habisnya tiap saya main ke dapunya, disana pasti ada makanan yang enak-enak dan akhirnya jadi pengen nyobain deh…
Untung rumah saya jauh tuh dari rumah Mbak Ria. Kalo deketan, wiiih..bisa tiap hari saya maen buat icip-icip di dapurnya… hahahaha

Thursday, 29 January 2009

[EveNt] TOM YUM KUNG



Yiiiiiiiiiiihhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaa
Akhirnya jadi juga MasBar menunya dari bahan Sea Food. Hihihi
Saya demen banget nih makan Tom Yum Kung. Rasanya seger, asam, pedas cocok banget sama lidah saya.
Kali ini saya bikinnya cuma pakai udang ukuran balita. Habisnya udang galah MAHAL sih... hahahaha
Ga masalah donk yaaa, yang penting jadi Tom Yum Kung. :D
Lalu, selain udang saya juga tambahin bakso ikan & jamur kancing (soalnya ga punya jamur merang). Trus biar warnanya merah, berhubung saya ga punya nam prik pao (roasted chilli paste), jadi saya ganti pakai cabai bubuk.
Bai phak chi (coriander leaves) nya juga saya ga pakai. Hihihi :p
Kalau menurut saya sih, kunci rasa Tom Yum Kung itu terletak pada kaldu udang & nam pla (fish sauce). Nam pla-nya harus yang asli dari Thailand. Kalo pakai yang made in Indonesia, rasanya beda. :D
Resepnya, bisa dilihat di SINI yaaa....
Sumber resepnya dari buku ini: Amazing Tastes of Thailand

Nah, kalo gambar di bawah ini adalah tempat Tom Yum Kung ketika disajikan di negara asalnya.

Wednesday, 28 January 2009

BAKSO KAKAP

Resepnya?
Gampang.....

Pergi aja ke penjual bakso kakap, pesen, makan, kalo udah jangan lupa bayar ya... :D

PS: bakso ini pesanan spesial dari RURIE @ whittycute. :p

Monday, 26 January 2009

AYAM ASAM KEUENG


Hiks… masak apa ya hari ini?
Stok cuma ada ayam nih… gimana kalo dibikin asam keueng aja?
Resepnya seperti biasa, nyotek dari dapurnya Bunda PR.
Nah, di sana Dessy pakai daging sapi, trus kunyit dan ketumbar gongsengnya pakai yang bubuk.
Kalau saya, pakai ayam. Trus kunyit & ketumbar gongsengya ga pakai yang bubuk, jadi saya haluskan bareng dengan bumbu halus lainnya.
Saya juga ga pakai cuka aren, berhubung ‘benda langka’ itu ga ada di dapur saya. Hihihi :p
Jadi, biar tetep berasa asam meski tanpa cuka aren, air jeruk nipisnya saya masukin pas terakhir, ketika air sudah menyusut.
AYAM ASAM KEUENG
Bahan :
½ kg ayam, potong
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
5 siung bawang merah,iris
1,5 ruas lengkuas,di iris
3 sdm kelapa gongseng (u teu lheu)
Air secukupnya
Bumbu halus:
5 cabe merah
5 cabe rawit hijau
7 cabe merah kering
5 bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
3 sdt ketumbar gongseng

Cara Membuat:
semua bahan & bumbu kecuali air jeruk nipis, dicampur ke dalam ayam.
trus di rebus ampe daging empuk n kuahnya agak menyusut..
kalo aku senengnya kuahnya yg banyak.
setelah mateng,masukkan cuka. coba sedikit kira2 1 sdm dulu ampe ketemu rasa yang pas.
boleh tambahkn garam jika kurang asin.

Saturday, 24 January 2009

DAGING KUAH ASAM

Bingung mau masak apa?
cabain ini deh, resep yang gampang banget. Rasanya pedes, asem, seger... :D




Bahan: 
Daging sapi, iris tipis
Tahu bakso, potong-potong
Cabai hijau, potong jadi 2
Cabai rawit, iris serong
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Tomat hijau, belah
Air asam jawa
Air/kaldu daging
Garam & merica

Cara Membuat: 
Rebus daging bersama air/kaldu daging hingga mendidih.
Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, & cabai hijau.
Tambahkan tahu bakso, garam & merica. Aduk rata.
Tuangkan air asam jawa & tomat hijau. Aduk rata, masak sebentar. Angkat.

Friday, 23 January 2009

Buffalo Chic wings

Haiyaaa…….
Biasa nih, janjian posting bareng
Yu Lidi. Gara-gara saya ngiler dengan ceritanya dia yang hari itu lagi masak Buffalo Chic wings. trus... Yu Lidi nantangin, gimana kalau posting bareng?!
Waduh... berarti saya harus masak tuh ayam donk...
Padahal saya ga punya stok bahan-bahannya. Yo wes, akhirnya setelah nunggu 2 hari baru deh saya masak. (hari pertama saya ketinggalan tukang sayur... hahaha).
Resepnya sih biasaaa.... nyontek Yu Lidi donk... :D :D :p
Sebenernya sih saya ga tau pasti bentuk masakan ini aslinya seperti apa. Jadi saya masak hanya berdasar petunjuk bu jendral* aja (*baca: Yu Lidi). Kalo ternyata penampakannya lain, yaaa... harap maklum deh... hihihi

Ingredients:
15 chicken wings, cut into 2
3 cloves of garlic, crush until smooth
1 package of kobe seasoning flour
3 Tbsp of rice flour
1Tbsp of ground coriander
1Tbsp of ground black pepper
1tsp of salt
30ml of water
oil for frying
Red hot chicken wings sauce (saya pakai saus sambal biasa + jeruk nipis)

Directions:
Mix well all of the ingredients except oil, hot sauce and the wings. Then batter the wings in it for at least 10minutes. Deep fry it using hot oil under medium high heat until golden brown and crispy. Drain off the excesses oil using paper towel. In a saucepan, heat the hot sauce for 2minutes and then transfer the fried chicken wings in it. Continue to heat it up and flip over once in a while. Serve it warm with mayo or ketchup and fresh salad.
Source: Yu Lidi

Thursday, 22 January 2009

PROL TAPE KEJU

Hmmmmm......
Gara-gara chatten ama mbak Anie, saya jadi ngiler nih sama prol tape. Secara dia pengusaha prol tape gitu... hahaha

Penasaran donk, seperti apa rasanya prol tape resep andalan mbak Anie ini?

Eng ing eng...

Berburu tape deh saya ke pasar. Begitu dapat, langsung bikin. Hasilnya? Uenak banget..... langsung ludes masuk perut ga sempat difoto.

Akhirnya lain hari bikin lagi.... karena ketagihan.

Yang episode kedua ini sempat difoto. Tapi saya cuma sempat nyicip 2 potong. Lainnya dibawa sama keluarga om saya yang pergi piknik, dan sisanya lagi dimakan orang rumah. Belum setengah hari udah ludes tak bersisa. Hehehehe...

Lain hari saya bikin lagi, bagi-bagi ke mbak bos and the gank. Eh, lha kok pada bilang enak....
Malah ada yang langsung pesen segala. Weleh.... Alhamdulillah... emang deh, rezeki gak kemana :D
Buat temen-temen di Jakarta yang penasaran rasanya prol tape ini, pesen aja deh langsung ke Mbak Anie
Kalo kalian tinggal di City of Lumpia, boleh deh pesen ke saya :D

Tuesday, 20 January 2009

(Almost) Forgotten Indonesian Culinary Heritage. A whittycute.com Foodie Event 2009

button new

My foodie fellow, Rurie is inviting us to join a foodie event. It's not just foodie event, it's a contest too. Share your food knowledge and photo, and get the prizes.

So, what are you waiting for? Come and join to "
know your Indonesian culinary heritage".

The food that we have to share is Indonesian cuisine that is almost disappeared from the market and society.

Let me make it clear here, you may notice when you were a kid, you had that food/beverage so often. You might eat them from your grandmother's kitchen. As you grew up, you barely see the dish or it is only seen once a while in a special/traditional feast or ceremonial. The dish can be rice, fish, meat, and vegetable. Dessert, snack and beverages are acceptable too.
It doesn't have to be an extravagance dish, show us what you have got in your hometown (or used to have) or may be a childhood memory dish that your grandmother used to make but nobody hardly make it anymore.

For more information, please click here.

Monday, 19 January 2009

Nasi Goreng Babat Semarang



Saturday, 17 January 2009

AYAM GARO RICA [MANADO]


Buat penggemar pedas seperti saya, ayo cobain deh resep ini... dijamin mantabbb pedesnya.. haha :D
kalo di buku sih sebetulnya pakai bebek. Berhubung saya ga pandai masak bebek, jadi saya ganti pakai ayam aja.

AYAM GARO RICA [MANADO]
Bahan:½ kg ayam, potong-potong
250 ml air
Minyak goreng
10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
4 batang serai
Bagian putihnya, memarkan
300 g tomat hijau, iris
5 batang daun bawang kecil, iris 1 cm
50 g daun kemangi

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
3 cm jahe
3 cm kunyit
Garam

Bumbu tumbuk kasar:
200 g bawang merah
50 g cabai rawit merah & hijau
Cara Membuat:
  1. panaskan 5-6 sdm minyak goreng dalam wajan, masukkan daun jeruk dan serai, aduk hingga aromanya keluar. Masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang.
  2. masukkan bumbu tumbuk kasar, aduk hingga harum, masukkan tomat dan daun bawang, aduk hingga matang.
  3. masukkan ayam, aduk dan masak hingga bumbu meresap, tambahkan daun kemangi, aduk hingga layu. Angkat.

*) kalau pakai bebek, sebelum dimasak, bebek diungkep dahulu dengan campuran jahe & garam + air.

Source: Seri Masak Femina PRIMARASA – Inspirasi Usaha Boga - Aneka Lauk Pilihan

Wednesday, 14 January 2009

TELUR ASAM SUNTI


Lagi-lagi bingung mau masak apa...
Mana habis hujan semalaman, tukang sayur yang lewat depan rumah ga jualan, di luar rumah juga cuacanya suram: kabut tebal + hujan gerimis. Huiii...... enaknya ngumpet di balik selimut deh.
Tapi, kalo ga masak entar makan apa? Ke pasar juga males banget...
:f
Eee...Tiba-tiba Dessy nongol di YM. Bikin kaget aja tuh orang, secara beberapa hari kemarin dia berlibur, pulang-pulang saya ga dibagi oleh-oleh. Hihihi (peace yaa, Des... :D)
Setelah ngobrol sana-sini, akhirnya dia kasih ide, gimana kalo bikin telur asam sunti aja...
Wah, cocok banget tuh... bikinnya gampang, udah gitu pakai suntinya juga cuma dikit (soale persediaan kunti sunti saya udah teramat sangat mengkhawatirkan, mana bandar suntinya belom kirim-kirim juga stok sunti yang baru
:# ).
Weisss.... pas mau bikin ni telur, laah kok... nasi belom bikin… Mau dimakan pake apa si telur kalo nasinya belum dibikin? hihihi
Ntar deh, tunggu nasi mateng. Sambil nyiapin bahan telurnya, saya bikin Penne Rigate Saus Alfredo dulu buat sarapan. Lumayan...
Udah kenyang sarapan pasta...
Mulai deh beraksi bikin Telur Asam Sunti.
TELUR ASAM SUNTI

Bahannya:

bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, asam sunti, kelapa parut, daun bawang, seledri. (Saya ga pakai kelapa parut, daun bawang & seledri, soale ga ada stok di kulkas).


Caranya:

semua bahan dihaluskan yaa... trus campur sama telur kocok, garam sedikit, & merica + bawang merah iris, kelapa parut, daun bawang & seledri iris. Udah gitu, goreng seperti bikin dadar dengan api kecil.
Kalau udah matang, ntar dimakan pake nasi anget....
Enak bener.... pedes-pedes asem gitu deh rasanya... nyam-nyam....
Eh, telurnya dimakan gitu aja (ga pake nasi) juga enak lhoo... hihihi


Merci Beaucoup ya Dessy....

Recipe by: Dessy Indriani

Monday, 12 January 2009

PENNE RIGATE SAUS ALFREDO

Pasta...
Yup, kalau saya lagi malas masak, ini nih senjata saya buat isi perut. Saya memang hobby banget makan pasta dengan berbagai macam saus, mulai dari saus yang sesuai pakem sampai saus yang ngarang sendiri. Hehehe Yang ini sih resep hasil eksperimen saya. Bahannya sih disesuaikan dengan isi kulkas aja.
Enak loh, dimakan panas-panas buat sarapan, sementara di luar rumah cuaca berkabut + ujan rintik-rintik.... huiii....huiii....

PENNE RIGATE SAUS ALFREDO


Bahan:
300 gr Penne Rigate, rebus hingga al dente. Tiriskan.
350 ml Susu cair
1 siung Bawang bombay, iris
50 g Keju, parut
Garam
Merica hitam
Oregano
2 sdm Tepung terigu

Cara Membuat:
Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang bombay hingga harum.
Masukkan tepung terigu. Aduk hingga bergumpal.
Tuangkan susu cair, aduk rata.
Tambahkan keju, garam, merica hitam, dan oregano. Aduk rata. Masak hingga meletup-letup. Angkat.
Hidangkan penne dengan saus alfredo.

Saturday, 10 January 2009

AYAM RICA-RICA (Fried Chicken in Red Chili Manado Style)



Udah lama banget pengen bikin ayam rica-rica, tapi baru kesampaian sekarang. Padahal bahan-bahan dan bikinnya guampang banget.
Setelah menempuh perjuangan yang panjang… :f
Sempat suatu hari mau bikin. Udah nitip belanja ayam sama emaknya kawan saya si Asih. Eeeeh, pagi-pagi ujan turun dengan derasnya. Gagal deh tuh si emaknya Asih pergi belanja. Mana tukang sayur langganan yang biasa lewat depan rumah ga jualan, mau ke pasar sendiri juga malas apalagi cuma buat beli ayam doang [kan ujan, ntar pasarnya becyeck, jadi benyeck-benyeck, mana ga ada ojyeck]. Dan.... gagal deh saya bikin ayam rica-rica :c
Akhirnya beberapa hari kemudian, tetep dengan modal ayam yang dibeli nitip sama emaknya Asih [saya emang paling ga hobby kalo disuruh belanja ke pasar], saya masak ayam ini sambil chatting ama Rurie. Setia banget si Rurie nemenin saya nguleg bumbu.hihihi.. [weks, masak kok sambil chatting?! --> ‘udah hobby sih, Buuu....’ :r ], gak terasa dalam waktu sekejap, jadi deh ayam rica-rica.
AYAM RICA-RICA (Fried Chicken in Red Chili Manado Style)

Ingredients:
1000 g chicken, cut into several pieces
3 tbsp lime juice
Salt
2 tsp oil
Oil for deep-frying

Spicy Paste:
8 tbsp sliced red chilies (saya pakai 15 cabe merah, biar pedes :D)
1 tbsp sliced garlic
4 tbsp sliced shallots
1 tsp sliced galangal
Salt
Method:Put chicken in a bowl. Add lime juice and salt, marinate about 30 minutes.
Heat the oil in a frying pan and deep-fry chicken until lightly brown and set aside.
Blend all ingredients in spicy paste into a paste.
Put oil in a wok over medium heat, sauté the paste until fragrant. Add chicken, stir well until done.
Transfer to a serving dish and serve.

Serves: 10
One serving : 125 calories
Recipe: Popular Indonesian Cuisine

Friday, 9 January 2009

iNfo Masak Bareng Yuuk..!!

Sesuai hasil polling, menu bulan ini adalah Tom Yum Kung. Itu lho... masakan Thailand yang pake udang, jamur, rasanya asam dan pedas. Ayoo... bareng-bareng masak tom yum kung yuuk..!!

Seperti biasa, jadwal posting Kamis terakhir di bulan ini yang jatuh pada tanggal 29 Januari'09.
Waktu tidak perlu sama, yang nyaman buat posting deh.
Logo masih sama seperti yang di bawah ini.
Resepnya dipersilahkan browsing sendiri, sebaiknya sebutkan sumbernya bila itu bukan original recipe dari kita sendiri. Dan tidak tertutup kemungkinan untuk memodifikasi resep sesuai selera.

Masih banyak waktu untuk belanja dan masaknya kan?! Masak bareng yuuk..!!

Info ini juga tersedia di rumah MasBar, dapur Ayin dan Shinta.

Thursday, 8 January 2009

OREK SATE [KRENGSENGAN KAMBING A LA MAK CIK]


Ini salah satu menu Lebaran Haji kemarin. Resepnya nodong dari Mak Cik saya. Kata dia, masakan ini namanya Orek Sate. Tapi sebenernya masakan ini mirip dengan krengsengan kambing.

OREK SATE [KRENGSENGAN KAMBING A LA MAK CIK]
Bahan:½ kg daging kambing, potong kotak
2-3 sdm kecap manis
2 buah tomat, iris
4 siung bawang merah, iris tipis
2 buah cabai hijau, iris serong
1 liter air
1 sdm petis udang

Bumbu Halus:5 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
1 sdt merica
garam
5 siung bawang putih
Cara Membuat:Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah hingga harum.
Masukkan bumbu halus dan tomat. Tumis hingga harum.
Masukkan daging kambing. Aduk hingga berubah warna.
Tuangkan air.
Tambahkan kecap & petis. Aduk rata, masak hingga daging empuk dan kuah menyusut.

Tuesday, 6 January 2009

JAMUR SAUS TIRAM


Masakan ini resepnya dari Yu Lidi. Biasa...hasil dari obrolan chatten, saya jadi dapet resep gampang & enak. Hihihi Oia, ini resep memang udah tidak sesuai lagi dengan aslinya. Soalnya saya modifikasi isinya. Tapi tetep lhooo...rasanya enak... hehehe :D
Kamsia ya Yuuuu... :D
JAMUR SAUS TIRAM


Bahan:
Jamur tiram putih, iris
Bawang putih
Tahu bakso, potong-potong
Minyak wijen
Fish sauce
Mushroom sauce
Saus tiram
Merica bubuk
Sedikit air

Cara Membuat:
Tumis bawang putih dengan minyak wijen hingga harum.
Masukkan jamur & tahu bakso. Aduk.
Tambahkan bahan-bahan lainnya. Aduk rata. Masak hingga bumbu meresap.

Sunday, 4 January 2009

ROLADE KAMBING



Friday, 2 January 2009

AYAM MASAK DAUN SALAM KOJA


Gara-gara cerita si Dessy pada suatu hari, saya jadi tergiring & nyangkut ke dapurnya Mbak Ria. Passs di situ ada postingan masakan ini. Weh... ngiler deh saya.... Setelah saya telusuri bahan-bahan dan cara membuatnya, langsung deh jatuh hati & pengen nyoba. Secara saya masih punya stok daun salam koja hasil borong di pasar, ayam beli dari tukang sayur yang lewat depan rumah, dan stok asam gelugur hasil oleh-oleh dari Aceh. Langsung tancap bikin... ... ... Dan...

Voilà,

Matur nuwun ya, mbak Ria... bener-bener wuenak lho....
AYAM MASAK DAUN SALAM KOJA 
 
Bahan :
1 ekor ayam, potong2
1 buah jeruk nipis
3 sdt garam
2 batang serai, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
6 tangkai daun salam koja, petiki daunnya
3 buah asam gelugur
½ liter air
minyak goreng untuk menumis
garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
15 buah cabe merah keriting
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 sdm ketumbar
2 ruas kunyit
1 ruas jahe


Cara membuatnya :
Cuci bersih potongan ayam lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan ½ jam.
Tumis bumbu halus dengan minyak yang agak banyak sampai harum lalu masukkan potongan ayam, aduk rata.
Tambahkan air dan sisa bumbu, aduk rata lalu masak hingga mendidih.
Kecilkan api dan masak hingga airnya agak sat.
Angkat dan sajikan.


Resep: Mbak Ria
 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha