Tuesday, 30 September 2008

- EID MUBARAK -

EID MUBARAK

To forgive is a beautiful thing, especially in this holy & full of mercy day,
may all your good deeds are blessed.
Minal Aidin Wal faidzin.

Saturday, 27 September 2008

PHO BO [KWETIAW KUAH VIETNAM]


Bahan:250-300 g kwetiaw basah, seduh kwetiaw dengan air mendidih, tiriskan
75 g taoge, buang akarnya, seduh sebentar dengan air mendidih, tiriskan

Kaldu:2 sdm minyak goreng
100 g bawang Bombay, iris
2 cm jahe, memarkan
1.500 ml kaldu sapi
2 cm kayu manis
2 butir cengkeh
1 buah pekak
4 sdm kecap ikan
Garam & merica
150 g irisan daging sapi
1-2 sdm air jeruk nipis

Pelengkap:5 buah cabai rawit, iris tipis
2 buah daun bawang, iris tipis
Jeruk nipis iris


Cara Membuat:
  1. tumis bawang bombay dan jahe dangan minyak goreng hingga harum.
  2. masukkan tumisan ke dalam panci air kaldu.
  3. tambahkan cengkeh, kayu manis, pekak, garam & merica. Tutup panci, didihkan selama ± 1 jam hingga harum. Angkat.
  4. saring kaldu, ukur sebanyak ± 1.000 ml, jerang kembali di atas api.
  5. tambahkan daging, masak di atas api kecil hingga mendidih, angkat.
  6. masukkan air jeruk nipis.
  7. Penyajian: taruh kwetiaw dalam mangkuk, tambahkan taoge. Tuangi kuah panas beserta dagingnya. Taburi cabai rawit dan daun bawang.

Thursday, 25 September 2008

[EveNt] SOTO BANJAR

Hasil saya nyari-nyari resep sana-sini, akhirnya saya nemu resep Soto Banjar ini yang bikinnya gampang & bumbunya minimalis, tanpa santan/susu.
Tapi yang jelas, biarpun minimalis, rasanya tetep enak lho... hehehe

Nah, untuk Event Masak Bareng Yuukk..!! bulan 10 nanti, rencana temanya ROLADE TAHU.
gimana, teman-teman???



Monday, 22 September 2008

Soup KIMLO




Bahan :
½ kg ayam
1 liter air
1 buah bawang bombang yang kecil
1 buah wortel yang besar, potong
10 butir bakso, belah 2
25 g bunga sedap malam (Lonicera Japonica), rendam air panas, tiriskan
20 g jamur kuping, rendam air panas, tiriskan
50 g soun, rendam air panas, tiriskan
2 tangkai daun bawang, iris
1 tangkai daun seledri
½ sdm minyak wijen
Garam
Merica
Bumbu yang dihaluskan :
5 butir bawang merah
6 siung bawang putih

Cara membuat :
Rebus air hingga mendidih.
Masukkan ayam dan sedikit garam. Masak ayam sampai setengah matang. Angkat ayam,suwir/potong-potong. Masukkan kembali ke kaldu.
Rendam terpisah sedap malam, jamur kuping, dan soun sampai mekar.
Tumis bawang bombay dan bumbu yang dihaluskan sampai harum.
Masukkan ke kaldu ayam.
Masukkan wortel. Masak sampai hampir empuk.
Masukkan jamur kuping, bunga sedap malam, dan bakso. Aduk rata.
Tambahkan garam dan merica. Masak sampai mendidih.
Masukkan daun bawang dan seledri serta minyak wijen. Aduk sebentar. Angkat
Sajikan panas.

Saturday, 20 September 2008

Tumis Jamur Tiram Putih dengan Tahu


Thursday, 18 September 2008

SOP



Tuesday, 16 September 2008

Ayam Masak Serai

Bahan:
½ ekor ayam, potong 12 bagian
1 sdt air jeruk lemon
Garam
Minyak untuk menggoreng
Bumbu:
2 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
3 buah cabai rawit hijau, iris miring
5 batang serai, ambil bagian putihnya, iris miring
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
2 cm kunyit, baker, belah 2
1 buah tomat hijau, potong-potong
Garam & merica
1 sdt air asam (dari ½ sdt asam jawa dan 1 sdm air)
250 ml air
1 batang daun bawang, iris miring
Minyak goreng untuk menumis
Cara Membuat:
  1. lumuri ayam dengan air jeruk lemon dan garam. Goreng sampai berkulit.
  2. panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai rawit hijau, serai, daun jeruk, dan kunyit sampai harum.
  3. masukkan tomat hijau. Aduk hingga layu.
  4. tambahkan ayam. Aduk rata.
  5. masukkan air, garam, merica dan air asam. Masak sampai meresap.
  6. tambahkan daun bawang. Aduk rata.

Untuk 4 porsi
Sumber: tabloid Saji

Saturday, 13 September 2008

Another Style of SAPO TAHU

Photobucket
Ini sapo tahu, menurut para pemakan masakan saya, rasanya enak banget, mirip sapo tahu yang dijual di resto sea food paling terkenal di Semarang. Waaah... lumayan lah... berarti ga usah jauh-jauh makan di resto itu, udah bisa bikin sendiri. Maklumlah, makan di sana muahalnya ga ketulungan. Hiiiii.......
:D 

resepnya bisa dilihat di bawah ini :)


Friday, 12 September 2008

TAHU BAKSO KUAH

Photobucket
Bahan:
5 buah tahu cina, belah 2 diagonal
150 g daging ayam cincang
3 siung bawang putih, cincang halus
Garam & merica
1 putih telur2 sdm tepung kanji
1 putih telur untuk olesan
1 batang daun bawang, iris tipis
Photobucket
Kuah: 
1 sdm minyak wijen
5 siung bawang putih
1 ruas jahe, cincang
1 liter kaldu ayam
1 sdm kecap ikan
Garam & merica
1 batang daun bawang, cincang
1 sdm minyak goreng
Photobucket
Pelengkap:
Tongcai
Bawang goreng
sambal


Cara Membuat:
1. lubangi tahu, keluarkan remahannya, sisihkan.
2. campur remahan tahu dengan ayam cincang, garam, merica, daun bawang, dan putih telur. Aduk rata.
3. tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
4. masukkan adonan kedalam tahu dan oleskan putih telur di atasnya agar melekat.
5. kukus tahu sampai matang. Angkat.
6. KUAH: tumis bawang putih & jahe dengan minyak goreng sampai harum.
7. masukkan dalam kaldu ayam, didihkan.
8. tambahkan kecap ikan, merica & garam. Aduk rata.
9. tambahkan minyak wijen dan daun bawang. Aduk sebentar. Angkat.
10. sajikan tahu dengan kuah panas dan pelengkapnya.

Wednesday, 10 September 2008

AYAM GORENG BUMBU NGOHYONG

Photobucket
Bahan:
6 buah paha bawah ayam
2 sdt bumbu ngohyong
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
350 ml air
½ sdm gula merah sisir
Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
Garam & merica

Photobucket
Cara Membuat:
1. rebus ayam, bumbu halus, bumbu ngohyong, daun jeruk, air, dan gula merah sampai meresap & kering.
2. goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.

Untuk 6 porsi

Sumber: tabloid saji

Tuesday, 9 September 2008

Masak Bareng Yuukk..!! -edisi SEPTEMBER'08-

Event Masak Bareng Yuukk..!! datang lagi....
Untuk edisi September'08 ini, menunya Soto Banjar.

Event ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh ikut (tentunya foodie blogger dong ya?!). Ga ada syarat yang 'mengikat', hanya posting menu sesuai dengan tema, dilengkapi dengan logo kuning di atas pada hari Kamis, 25 September 2008. Jam-nya ga harus sama, yang nyaman aja buat para foodie blogger untuk posting.

Tentang resep, tidak ada aturan baku. Dipersilahkan browsing dan tidak tertutup kemungkinan untuk berkreasi sesuai selera. Tapi sebaiknya menyebutkan sumber resep yang digunakan. Bahasa yang digunakan saat posting juga tidak perlu sama, mau pake English atau bahasa lainnya juga boleh. Yang penting having fun mencoba-coba resep, jeprat-jepret hasilnya lalu menyebarkannya ke seluruh penjuru dunia via blog.

InsyaAllah event ini akan diadakan setiap bulan. Menu dan jadwal posting (tiap Kamis terakhir) bulan berikutnya akan diumumkan tiap penayangan hasil Masak Bareng.
So, sempatkan aja melihat-lihat update beritanya. Info ini juga tersedia di dapur Yu Shinta dan Yu Ayin.

O iya, jangan lupa kalo dah naik tayang kasih kabar ke foodie blogger lainnya (termasuk saya yah.. :D) ntar kita bakalan rame-rame meluncur ke sana buat icip-icip plus kasih koment. Ditunggu partisipasinya ya.... Masih cukup waktu buat belanja dan masaknya kan?!
Masak bareng yuukk..!!!

Sunday, 7 September 2008

CEPLOK TELUR CABAI HIJAU

Photobucket
Bahan:
4 butir telur, goreng ceplok/mata sapi
1 buah tomat hijau, potong
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, geprek

Garam & merica
150 ml air
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
¼ sdt terasi
7 buah cabai hijau
5 buah cabai rawit hijau
2 buah kemiri, sangrai
Photobucket
Cara Membuat:
1. panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum.
2. masukkan tomat, aduk hingga layu.
3. masukkan telur ceplok, aduk rata.
4. masukkan air, garam & merica. Masak sampai meresap.

Friday, 5 September 2008

Daging Balado Basah

Photobucket
Buat penggemar masakan pedassss, cobain deh masakan ini. Bikinnya gampang, rasanya Lemak bana!!!

Bahan: 
500 g daging kisi (sengkel)
½ - 1 sdt garam
1/8 sdt merica bubuk
4 siung bawang putih, haluskan
500 ml air
Minyak goreng
1 sdm air jeruk nipis
Photobucket
Bumbu (tumbuk kasar): 
250 g cabai merah besar (saya pakai 150 g cabai merah besar + 100 g cabai keriting.Biar tambah pedas... :D)
150 g bawang merah
½ - 1 sdt garam


Cara Membuat:
1. potong-potong daging ukuran 1x5x5 cm, kemudian remas dengan campuran garam, merica, dan bawang putih. Setelah rata, sisihkan 15 menit agar bumbu meresap.
2. susun daging lembar per lembar dalam wajan, tambahkan air, jerang di atas api kecil, kemudian tutup wajan, masak hingga airnya mongering dan daging empuk. Bila belum empuk, tambahkan air panas secukupnya, dan masak terus hingga daging empuk, angkat.
3. panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, masukkan daging ungkep, goreng hingga kecoklatan, tetapi tidak terlalu kering, angkat, tiriskan, sisihkan.
4. panaskan 150 ml minyak goreng dalam wajan bersih. Masukkan bumbu, tumis hingga baunya harum. Masukkan air jeruk nipis, aduk rata, masak terus hingga bau menyengatnya hilang, matikan apinya.
5. masukkan daging goreng ke dalam bumbu tumis, aduk hingga rata, angkat segera.

Untuk 4 porsi

Sumber: Buku Seri Masak Femina, Resep Pilihan Ahli Masak - HIDANGAN BUNDO

Thursday, 4 September 2008

GULAI IKAN ASAP [MedaN]

Photobucket
BAHAN:
10 potong ikan asap (ikan panggang)
1.000 ml santan
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk
7 buah cabai merah, potong jadi 2
7 buah cabai hijau, potong jadi 2
3 buah belimbing sayur, potong jadi 2
1-2 batang daun kari/salam koja, ambil daunnya saja
Minyak goreng
Photobucket
BUMBU HALUS:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
5 buah asam sunti
2 cm jahe
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
Garam

CARA MEMBUAT:
1. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng.
2. masukkan serai dan daun jeruk, tumis hingga harum.
3. tuangkan santan, masak sambil ditimba-timba supaya tidak pecah sampai mendidih.
4. masukkan cabai merah, cabai hijau, dan belimbing sayur. Masak sampai semua layu.
5. masukkan ikan asap dan daun kari. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan bumbu meresap. Angkat.

Monday, 1 September 2008

PAYEH BILEH [ACEH]

Setelah beberapa waktu yang lalu posting Ayam Panggang Garang Asem-Madura dan sempat dikira Mbokde Tutut kalo saya lagi naksir tukang sate Madura. Sekarang saya kembali bikin masakan Aceh, biar dikira saya mantan Inong Bale. hehehe :D Nggak gitu juga ding...Saya itu emang hobby nyobain resep-resep warisan nenek moyang asli Indonesia dari Sabang sampai Merauke. yaaa, biar serasa wisata kuliner.. hihihi :z
Sedikit cerita, Jumat kemarin saya baru aja jumpa dosen di kampus. Eeh....lha kok pak dosen itu menuduh saya: "Kamu orang Aceh, ya?". Owalah, pak... lha wong saya ini asli wong Jowo, je. Eee, pak dosennya malah ga percaya & nekad aja ngatain saya orang Aceh. Duh... cape deh.... Dan lucunya, dia adalah orang kesekian yang bilang bahwa tampang saya mirip orang Aceh. Heran.... Mungkin karena saya kebanyakan makan Sambal Sunti kali ya, makanya muka saya jadi berubah mirip orang Aceh (atau sebenernya mirip kunti sunti) ?!? hihihi... serem deh...
Yah, sudahlah.....
Kembali ke Laptop..
Sebenernya sih udah lama pengen nyobain masakan ini karena penasaran. Secara jaman dulu mbak Pepy
pernah ngasih saya resep Payeh Bileh buat dipraktekin. Tapi berhubung cari bileh di pasar dekat rumah itu susah, ditambah kemalasan saya pergi ke pasar maka jadilah si Payeh Bileh ini lama banget baru nongol di dapur. hihihi... :p
Bahan:
500 g ikan teri basah, buang kepalanya
2 sdt air jeruk nipis
Garam
6 buah belimbing wuluh, potong-potong
3 sdm minyak goreng
10 butir bawang merah, diiris tipis, digoreng
3 tangkai daun temurui
Daun pisang untuk membungkus


Bumbu Halus :
15 buah asam sunti
5 buah cabai merah besar
4 siung bawang putih
8 butir bawang merah
2 cm kunyit
5 buah cabai rawit merah
Cara Membuat:
  1. campur ikan teri, air jeruk nipis, garam, belimbing wuluh, bumbu halus, minyak goreng, bawang merah, dan daun temurui. Aduk rata.
  2. ambil daun pisang, beri adonan. Bungkus, semat dengan lidi.
  3. kukus 30 menit sampai matang. Bakar sampai harum.
Sumber : tabloid Saji
 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha