Thursday, 31 July 2008

LONTONG LODEH


Wahahahaha……..
Akhirnya nongol juga LONTONG LODEH hasil janjian masak bersama kunti family. Kalo saya sih, lontongnya beli di pasar. Hihihi… bukannya apa-apa, soalnya saya ga ada banyak waktu buat bikin lontong sendiri. Lagian di pasar kan banyak yang jual, jadi ngapain cape-cape bikin sendiri. Hihihi…
Trus tentang lodehnya, saya pake ilmu lodeh dari ibu saya.
Biasanya sih, selain pakai lontong, lodehnya dimakan sama opor ayam, sambal goreng dan ditaburi bubuk kedelai. Serasa lebaran deh…. hehehe
Bahan:Kacang panjang, potong
Terong, potong
Daun melinjo/so
5 Cabe merah, potong
5 cabe hijau, potong
5 butir bawang merah, iris tipis
2 liter air
1 liter santan dari ½ kelapa (pisahkan santan kental & encernya)
4 Daun salam
1 ruas Lengkuas
Bumbu Halus:1 sdm ketumbar
1 ruas kencur
4 bawang putih
4 butir kemiri
½ sdt jintan
Terasi (kalau suka)
Cara Membuat:Rebus air, salam & lengkuas.
Tumis bumbu iris dan bumbu halus hingga harum.
Masukkan dalam rebusan air.
Masukkan santan encer.
Aduk-aduk agar santan tidak pecah.
Masukkan terong, kacang panjang, dan cabai.
Aduk sampai mendidih.
Masukkan santan kental, aduk jangan sampai santan pecah.
Angkat.

Sunday, 27 July 2008

SAMBA LADO UOK A LA KAPAU

Sambal ini hampir sama ama samba lado mudo. Bedanya, yang dipake di samba lado mudo itu cabai hijau & tomat hijau. Kalo sambal uap yang ini, pake cabe merah ama tomat merah.
Pssst.... bagi yang doyan, bisa juga lho ditambahin ama petai biar lebih çedap...

SAMBA LADO UOK A LA KAPAU


Bahan:
15 buah cabai keriting merah
1 buah tomat merah
12 butir bawang merah
Ikan teri tawar, yang sizenya M
Garam
Air jeruk nipis
Minyak goreng

Cara Membuat:
Goreng ikan teri dengan minyak panas sampai matang. Angkat.
Kukus cabai, bawang merah, tomat sampai agak lembek.
Uleg kasar bahan yang telah dikukus, ditambah dengan garam.
Kucuri dengan air jeruk nipis. Aduk rata.
Masukkan ikan teri goreng beserta minyak bekas menggorengnya panas-panas (kurleb 3-4 sdm).


Friday, 25 July 2008

AYAM TANGKAP


Setelah sekian lama saya mencari resep ini, waaa akhirnya nemu juga.
begitu ketemu, langsung deh nyobain, mumpung bahan-bahan ada semua.
eee, pas nyobain ternyata saya mengalami kesalahan teknis. ayamnya belom kering, daunnya udah kering duluan.
lha ternyata, menurut yang punya resep, "
daun n bw merah n cabe nya..dimasukkan klo ayam dah keliatan mau mateng..". hihihi
ya deh, ntar kapan-kapan nyobain lagi menggunakan teknik yang baik & benar.
Oiaaa.... Resep ini copas dari
Dessy. Tengkiu yaa, Des.....

AYAM TANGKAP

Bahan:

1 ekor Ayam Kampung (wajib)..bersihkan ,potong kecil kira2 jadinya 25-30 potong

1 buah jeruk nipis

3 tangkai daun temurui/salam koja/curry leaf,ambil daunnya aja

4 lbr daun pandan,potong 4 cm

4 buah bawang merah,iris
7 cabe hijau keriting,patahkan jadi 2

Bumbu halus:
4 bawang putih merica secukupnya
3 btr kemiri

1 ruas jahe

garam sckupnya
cara membuat:
1. ayam dibersihkan dan dilumuri dgn jeruk nipis & garam,diamkan 15 menit.
2. setelah itu campur ayam dan bumbu halus
3. kemudian goreng ayam yg telah dicampur bumbu halus tadi

4. setelah setengah matang, masukkan daun temurui, daun pandan, bawang merah, cabe hijau.

5. goreng bersama dengan ayam sampai matang.

TIPS:

biar ayam kampung tidak keras saat dimakan, pilih ayam yg msh muda. atau ayam di rebus bentar dengan bumbu halus sampai airnya kering. kemudian di goreng. goreng bareng dengan rempah daun nya.

Tuesday, 22 July 2008

Fillet Ayam Goreng Tepung


Sunday, 20 July 2008

CHOW MEIN

CHOW MEIN

Bahan:

250 g mi telur kering
6 siung bawang putih, cincang
2 sdt jahe cincang
3 buah cabai merah, iris serong
150 g dada ayam, potong kotak kecil
5 buah sosis sapi, iris
2 batang daun bawang, potong
Minyak goreng
2 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
Garam dan merica

Bawang goreng untuk taburan


Cara Membuat:
1.
masak mi dalam air mendidih sampai matang, tiriskan.
2.
panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, jahe dan cabai merah sampai harum.
3.
masukkan ayam & sosis, aduk sampai berubah warna.
4.
masukkan saus tiram, minyak wijen, garam, dan merica. Aduk rata.
5.
masukkan mi. Aduk rata, masak sampai matang.
6.
masukkan daun bawang. Masak sebentar, angkat.
7.
taburi dengan daun bawang.

Thursday, 17 July 2008

Skotel makaroni


Bahan:200 g makaroni
5 butir telur
500 ml susu cair
½ buah bawang bombay, cincang halus
100 g ayam giling
3 buah sosis sapi, potong
30 g keju cheddar parut
Garam & merica
25 g keju cheddar parut untuk taburan
Cara Membuat:1. didihkan 1.000 ml air, ½ sdt garam dam 1 sdm minyak goreng. Masukkan makaroni. Rebus sampai matang. Angkat dan tiriskan.
2.
kocok lepas telur. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata.
3.
masukkan bawang bombay, ayam giling, dan sosis sapi. Aduk rata.
4.
tambahkan keju cheddar parut, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan makaroni. Aduk rata.
5.
tuang di pinggan tahan panas yang dioles margarin.
6.
letakkan loyang yang diberi sedikit air (maksudnya dengan teknik au bain marie). Oven 30 menit dengan suhu 170 derajat celcius. Taburi keju cheddar parut.
7.
oven lagi 25 menit dengan suhu 170 derajat celcius sampai matang.

TIPS: Jika tidak punya oven, makaroni bisa juga dikukus dengan api kecil.

Untuk 10 porsi

Sumber: buku 20 olahan pasta dari tabloid saji.

Monday, 14 July 2008

MENDOAN PURWOKERTO


Wednesday, 9 July 2008

BAKSO RAMBUTAN


Pada suatu hari….
Seperti biasa, saya chatting sama Yu Lidi di Ym. Eee, tiba-tiba dia kok melontarkan pertanyaan: “wes pernah nggawe bakso rambutan?
Lha saya jawab, “durung pernah. Yen ibuku mbiyen pernah nggawe, tapi aku ra kelingan carane.
“...”, “...”, [bagi yang ngga ngerti Bahasa Jawa, silakan melihat teks yang ada di layar kaca anda Photobucket]
Sampai akhirnya kami sepakat untuk bikin bakso rambutan bareng. Photobucket
Maksudnya... terserah bikinnya kapan, pokoknya postingnya di blog harus bareng.
Hihihi iseng banget ya?! Photobucket
Nah pas saya bikin ni bakso, Yu Lidi dengan setia mendampingi saya dari jarak ribuan mil lewat Ym, dia juga setia memberi instruksi satu per satu.
Maklumlah, dia udah bikin duluan, dan saya ngga catat resepnya. Jadi deh dia yang dengan sabar menuntun saya ke jalan yang benar. Hihihi baik ya dia?? Photobucket
Trus, resepnya ini juga hasil saya nerjemahin dari punya dia. Hehe.. Photobucket
Cuma untuk resep kuahnya, kami berbeda aliran.
Akhirnya...
Voilà.....
Jadilah si BaKram ini. Gimana penampakannya? Beda yah ama punya Yu Lidi...
Habisnya saya ga gitu ahli mainin 2 sendok buat bikin bulatan baksonya. Jadinya bakso saya gepeng-gepeng deh... hihihi
Ga papa, yang penting rasanya donk... Enak Banget!!!
BAKSO RAMBUTAN

Bahan:
300 g daging ayam, cincang
300 g udang, cincang
100 g soun, rendam air panas, tiriskan, iris
100 g jamur kuping, rendam air panas, tiriskan, iris
6 siung bawang putih, cincang halus
4 butir bawang merah, cincang halus
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap ikan
1 sdm minyak wijen
1 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang, iris halus
2 sdm tepung tapioka
1 butir telur
Gula
Minyak untuk menggoreng
Air untuk merebus

Cara membuat bakso yang direbus:
Bawang putih dan bawang merah cincang, masukkan dalam mangkok.
Campur dengan semua bahan, kecuali tepung tapioka. Aduk rata.
Masukkan tepung tapioka, aduk rata.
Boleh ditambah telur biar agak basah, tapi jangan ditambah air, yaaa....
Siapkan air mendidih di panci yang dijerang di atas kompor.
Buat bulatan bakso dengan bantuan 2 sendok, masukkan bakso ke dalam air mendidih.
Tunggu sampai bakso mengapung, angkat, tiriskan.
Lakukan terus sampai setengah adonan habis.
Sisa adonannya, dibuat bakso yang digoreng. Caranya:
Buat bulatan bakso dengan bantuan 2 sendok, goreng bakso dengan minyak sampai kecoklatan.
Hidangkan dengan kuah bakso.

Saturday, 5 July 2008

Bolu Kukus Mekrok

P2290055
Bahan:
500 g Tepung terigu
4 butir telur ayam (yang besar)
400 g gula pasir
400 ml air soda manis (Ex: Sprite)
1 sdt emulsifier (Ex: Ovalet/SP/TBM)
1 sdt vanili
1 sdm susu bubuk
1 sdm coklat pasta
P2290047

Cara Membuat:
campur semua bahan, kocok hingga putih mengembang.
masukkan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi cup/kertas roti, hingga penuh.

kukus dengan api besar sampai matang.

P2290048

TIPS:
Panaskan dulu kukusan hingga panas betul dan beruap banyak, baru masukkan kuenya.
Dalam satu kukusan, harus diisi sedikit kue. Misal untuk dandang diameterr 22 cm, diisi dengan 5-6 kue saja.

P2290052

Wednesday, 2 July 2008

TONGKOL ASAM PADEH LADO MUDO


Bahan:
½ kg ikan tongkol
Air jeruk nipis
garam
1 lembar daun kunyit
1 batang serai, geprek
3 lembar daun jeruk
2 buah asam sunti
200 ml air
Haluskan:10 cabe hijau
5 cabai rawit
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
10 bawang merah
5 bawang putih
Garam
Cara Membuat:Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan 30 menit. Tiriskan.
Tumis bumbu halus, daun kunyit, serai, daun jeruk sampai harum.
Masukkan ikan, tumis sampai berubah warna.
Tuangkan air & masukkan asam sunti.
Masak sampai air menyusut, ikan matang, dan bumbu meresap.
 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha