Saturday, 31 May 2008

ROTI SOBEK

roti

roti

roti

Photobucket

TAG

Waaah…. Saya dapat PR neh, dari Mbakyu Ayin di Norwe...


1. What do you want for your birthday?
Doa yg baik
2. Who will be your next kiss?
Siapa yaaa…?
3. When was the last time you went to the mall?
Il y a 3 semaines
4. Are you wearing socks right now?
Ngga’…
5. How did you spend your summer?
Di rumah aja, kalo keluar panas sih… hihihi
6. Have you been to the cinema in the last 5 days?
Tentu Tidak!
7. What was the last thing you had to drink?
L'eau et lait
8. What are you wearing right now?
Kaos & celana donk…
9. What was your last purchase?
Bahan buat bikin kue
10. What was the last food you ate?
Nasi, ikan bumbu sambal sunti & kerupuk
11. Who would be the person you would call if you were up in the middle of the night and couldn’t sleep?
Ngga ada tuh…
12. Have you bought any clothing items in the last week?
Ngga’…
13. Do you have a pet?
Yup. Ada 4 kucing di rumah.
14. What made you laugh in the last 5 days?
Cerita adikku
15. If you could be anywhere right now, where would you be?
L'Arabie Saoudite --> à Mosquée al-Haram de La Mecque & al-Nabawi de Médine
16. What is the last thing you purchased online?
Tiket pesawat ke JKT
17. One thing you hate about yourself?
Males…males…males…
18. Do you miss anyone?
Oui, je fais :)
19. What are your plan and my friends for the day?
Chatting & SMS
20. Last person you msg’d?
Mon ami dans Aceh
21. Ever went to a camp?
Ngga’ pernah deh…
22. Are you a good student in school?
Iya donk…
23. What do you know about the (your) future?
Waduh, meneketehek?!
24. Are you wearing any perfume or cologne?
Yaa, kalo mo pergi aja..
25. Where is/are your best friend/s right now?
Everywhere lah…

Tuesday, 27 May 2008

SAMBA LADO TARUANG AKA TEPI SAWAH


SAMBA LADO TARUANG AKA TEPI SAWAH

Bahan:15 cabe merah
5 bawang merah
5 buah taruang aka/tomat cheri
Garam
Cara:Rebus cabe,tomat, & bawang merah ±5 menit.
Uleg cabe, tomat, & bawang merah yang sudah direbus tadi dengan garam. Tapi jangan sampai lumat yaaa.... ulegnya kasar aja gitu deh...

Teman makannya: daun singkong muda segar yang direbus & nasi hangat.
Trus dimakan di tepi sawah... he..he..he....
Original Recipe By: Empi Muslion

Friday, 23 May 2008

BRUINE BONEN SOEP


Dingin-dingin saya paling malas kalo disuruh masak yang aneh-aneh.
Enaknya sih masak yang gampang, cepet, dan rasanya seger.
Kali ini saya bikin sup iga kacang merah resep warisan nenek moyang jaman beheula.
Ada yang mau coba juga? Dijamin sip markusip deh....

 Photobucket

Bahan: 
250 g kacang merah, rebus sampai lunak, tiriskan
500 g iga sapi, potong-potong
2.5 liter air
1 buah bawang bombay yang besar, iris
3 siung bawang putih, iris
2 buah tomat, potong
2 batang daun bawang, iris
2 batang daun seledri
½ sdt pala bubuk
½ sdt merica bubuk
Garam secukupnya
2 sdm margarin untuk menumis
Bawang goreng
Cara Membuat:
  1. rebus air hingga mendidih.
  2. masukkan iga sapi. Masak hingga lunak. Ukur kaldunya hingga 2 liter, jika kurang boleh ditambah air lagi.
  3. Masukkan kacang merah.
  4. tambahkan garam, merica, dan pala.
  5. tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi.
  6. masukkan tomat. Masak sampai layu.
  7. masukkan tumisan ke dalam kaldu. Aduk rata, masak sampai mendidih dan bumbu meresap.
  8. menjelang diangkat, masukkan daun bawang dan seledri. Aduk rata.
  9. sajikan panas dengan taburan bawang goreng.

Tuesday, 20 May 2008

- ASAM SUNTI -

P3010038
Saking seringnya saya cerita tentang Sambal Asam Sunti ke teman-teman ronda blog, sampai-sampai saya dipanggil Kunti ama Yu Mel. Banyak yang pada penasaran, seperti apakah Sunti alias Kunti yang menghebohkan itu? Apakah berbaju putih dan berambut panjang? Hohoho... *lebay....* Photobucket
Nah, sekarang lah saatnya saya tampikan rupa si Asam Sunti alias ‘si kunti yang selalu gentayangan di malam hari’ itu. Hehehe.... *Yu Mel, opo hubungane Sunti ama Kunti? Dirimu harus tanggung jawab, lho!* Photobucket
Asam Sunti adalah sejenis bumbu dapur khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) atau sering disebut belimbing asam/belimbing sayur yang dikeringkan, diberi garam, lalu dijemur di terik matahari berkali-kali hingga kering.
Proses pembuatan Asam Sunti meliputi beberapa tahapan, yaitu: pelayuan, penggaraman, dan penjemuran sehingga dihasilkan produk setengah kering. Biasanya asam sunti yang dihasilkan berwarna coklat dan teksturnya agak kenyal. Asam Sunti dapat disimpan sampai lebih dari satu tahun tanpa adanya perubahan warna atau tekstur. Kandungan asam dan garam yang cukup tinggi pada Asam Sunti dapat menghambat proses pembusukan oleh mikroorganisme.
Biasanya Asam Sunti ini digunakan untuk memasak makanan khas Aceh karena dapat memberikan cita rasa, warna dan kekentalan pada masakan. Oleh sebab itu Asam Sunti dikonsumsi hampir setiap hari. Karena Asam Sunti mempunyai bentuk setengah kering, maka sebelum digunakan sebagai bumbu masakan, sering kali Asam Sunti terlebih dahulu digiling.


Saya biasa pakai Asam Sunti ini buat bikin sambal yang rasanya Subhanallah, Mak Nyuuus tenan. Sumpe deh!!! Ntar Insya Allah saya pajang di postingan berikutnya yaa...
Photobucket

Mmmmhhhh.....................Sepertinya saya harus sedia banyak Asam Sunti di rumah, buat jaga-jaga kalu tiba-tiba sakau Sunti. Soalnya saya emang udah kecanduan stadium 7 sama Sambal Sunti. *weks, emange ganja? Hihihi...*Photobucket ...kenapa begitu? Karena eh karena, Asam Sunti ini ga bakalan ada di pasar apalagi di supermarket di Jawa ini. Soale, emang ga pernah dipake di masakan Jawa. Ya iyaa laaah... ‘rumah’nya kan di Aceh sono. Hihihi

Photobucket

Friday, 9 May 2008

-Voyage–

Waaaa..... saatnya libur lagi neh.
Kali ini saya mau melancong pergi lagi, tapi bukan buat berlibur.

Où??
....mau jadi TKW di keluarganya Raja Fadh. Lumayan kan, gajinya bisa buat beli ladang minyak bumi di Indonesia. hahahaha ...Secara harga BBM mo naik lagi neh... Photobucket

Buat keluarga Kunti, saya absén ronda dulu yaaa....*saya akan merindukan kalian....* Photobucket

Oiaaa,
Je vous remercie de tout coeur
buat Yu Mel, Yu Lidi, & Rita yang udah ngirimin saya kartu pos keren. .. Jangan bosan ya kirim-kirim... hihihii...

À bientôt!

Wednesday, 7 May 2008

TAHU GORENG


Saturday, 3 May 2008

GULAI SOTONG


Bahan:
350 g sotong, bersihkan

1 batang sereh, memarkan

1 lembar daun kunyit
500 ml santan encer* 300 ml santan kental*

5 lembar daun jeruk, buang tulang tengahnya
1 buah asam kandis
Bumbu Haluskan:15 buah cabai merah
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
1 sdt merica
3 butir kemiri, sangrai
1 cm jahe
Garam
Cara Membuat:Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai, dan daun kunyit hingga harum dan bau langunya hilang. Tuangi santan encer/susu. Masak hingga mendidih, sambil diaduk. Masukkan sotong. Aduk rata. Masukkan santan kental (jika pakai santan). Masak di api kecil sambil ditimba-timba agar santan tidak pecah. Masukkan asam kandis. Masak terus sampai kuah berminyak. Angkat.
*saya pakai susu kedelai 750 ml.

BROWNIES KUKUS

Saya bikin brokus ini pake resep dari Pak Sahak yang beberapa waktu yang lalu heboh di milis NCC. Ternyata emang enak...

Photobucket
 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha