Sunday, 20 April 2008

SOTO MIE

P3070042
SOTO MIE

Bahan:
300 g daging bagian yang berlemak/tetelan, potong-potong
2.000 ml air
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh, ambil putihnya, geprek

Bumbu Halus:
10 buah cabai merah
20 butir bawang merah
10 siung bawang putih
7 butir kemiri
3 cm kunyit
Garam & merica

Pelengkap:
150 g mie kuning, seduh air panas, tiriskan
100 g bihun, seduh air panas, tiriskan
2 buah tomat, iris
2 batang daun bawang, potong 1 cm
Kol, iris
Bawang goreng
Risoles Bihun

P3070043
Cara Membuat:
Tumis bumbu halus dengan minyak hingga harum.
Masukkan daun salam, sereh, dan daun jeruk. Aduk hingga layu.
Masukkan daging, aduk hingga berubah warna.
Tuangkan air. Masak sampai mendidih.

P3070046
Penyajian:
Tauh mie, bihun, kol, tomat, dan irisan risoles bihun dalam mangkok.
Siram dengan kuah, taburi daun bawang dan bawang goreng.
Sajikan panas-panas.

Risoles Bihun [pelengkap Soto Mie]

Bahan Kulit:

300 g tepung terigu protein sedang
2 butir telur
750 ml susu cair
Garam
2 sdm margarine cair

Bahan Isi:
100 g bihun, seduh air panas, tiriskan
3 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm kecap asin
3 sdm saus tiram
Garam & merica

Cara Membuat:
Kulit:
campur semua bahan kulit. Aduk rata. Saring.
buar dadar tipis di wajan ceper. Sisihkan.
Isi:
Campur kecap asin dan saus tiram dengan bihun yang sudah diseduh dengan air panas. Aduk rata.
Tumis bawang putih hingga harum.
Masukkan bihun. Masak sampai matang. Angkat.
Penyelesaian:
Isi selembar kulit risoles dengan bihun.
Lipat bentuk amplop, rekatkan dengan putih telur.
Goreng dengan minyak panas.

Saturday, 19 April 2008

Cup Jamur Panggang

P4180055
Setelah tertunda sekian lama, akhirnya jadi juga bikin Cup Brokoli Panggang resepnya Bu RT.
Lho??!!! Tapi kok judule bukan Brokoli Cup??? Ya iyaa laaah....

Disini saya ga pake brokoli. Habisnya brokoli lagi mahal banget di Indonesia tercinta ini.

Jadi, brokolinya saya ganti pake
jamur merang (soale stok yang ada di rumah cuma si jamur). Jadi judule diganti wae jadi Jamur Cup. *ga opo-opo, yo bucil?, daripada ra’ gawe samsek. hehehe*
P4180051
Oia, sebelum bikini ‘brokap’ eh ‘murkap’ ini, saya sempat konsultasi 10 jari secara maya ama Yu Lidi. Dia yang kasih tips macam2 biar sukses bikinnya. hehehe... *kamsia yo! Haiyaaa....*
P4180047
Oke deh, silahken dicoba yang pada mau nyoba, resepnya bisa dilihat di dapurnya Bu RT, Yu Lidi, Yu Mel, Yu Ayin, dan dapur-dapur lainnya yang pada udah pernyah nyobain. Hehehe....
Yang jelas, rasanya endang bambang guling-gulingan sama mayang.
Bon Appétit!

Friday, 18 April 2008

Orak-Arik

Thursday, 17 April 2008

[dari DJOGJA] GUDEG

P4140308

Sepertinya semua sudah pada tau yaaa, apa itu Gudeg.....
Buat yang gak suka sama masakan manis seperti saya, pasti ga doyan deh sama Gudeg ini... hehehehe
P4140307

Gudeg is a traditional food from Central Java and Yogyakarta, Indonesia which is made from young Nangka (jack fruit) among other things, boiled for several hours with palm sugar, coconut milk, thus it tastes sweet.
Additional spices include garlic, shallot,
candlenut, coriander seed, galangal, bay leaves, and teak leaves. It typically has a brown color, coming from the teak leaves. It is also called Green Jack Fruit Sweet Stew.
Gudeg is usually served alongside with white rice, chicken, hard-boiled egg,
tofu and/or tempeh, and a stew made of crispy beef skins (sambal goreng krecek). ~from Wikipedia~

[dari DJOGJA] JADAH TEMPE

P4140302

Heran juga kenapa dikasih nama jadah tempe. Padahal menunya pake tahu segala. Mungkin lebih tepatnya
jadah bacem kali ye... hihihi
oia... ini makanan khas di Djogja, tepatnya di daerah Kaliurang-Sleman.


Jadah ini makanan kesukaan saya. Tapi jadahnya doang. Rasanya gurih banget. Cuma sayang gedenya cuma se-upil gajah. Ga mantab!!

Kalo bacemnya saya ga doyan. Soalnya rasanya manis banget, ga nikmat. Maklum deh, lidah pesisir ga doyan ama manis... Hehehe...

[dari DJOGJA] NASI KUCING ANGKRINGAN

Waa... ini dia makanan murmer yang banyak betebaran di Djogja.
Dijual di gerobak angkringan dengan penerangan lakadarnya pake lampu teplok. Jadi gelap-gelap gitu deh.... hehehe..
Buka mulai jam 5 sore.
Harga nasinya mulai dari 500-1.000 perak. Biasanya ada banyak pilihan. Ada nasi+kering tempe, nasi+oseng tempe, nasi+sambal & ikan pindang, nasi goreng, dll.
Porsinya emang cuma sebanyak porsi makanan kucing. Makanya disebut nasi kucing.
Trus asesorisnya ada sate usus, sate telor puyuh, sate bekicot, ayam goreng, tempe goreng, mendoan, dll. Ukurannya juga mini. Harganya mulai dari 250-2000 perak. Biasanya banyak yang minta asesorisnya dibakar dulu, jadi ada rasa-rasa sedap dari bakaran arang gitu....
Kalo minumnya, seperti biasa... ada teh, jeruk, jahe, kopi, susu, susu+jahe, kopi joss, dll. Harganya mulai dari 500-2000 perak.
Murah banget & kenyang...

- I'M BACK -

J’arrive….

Setelah sekian lama bertapa di lereng Merapi, akhirnya saya turun gunung juga. Kembali ke Semarang tercinta...

Oleh-olehnya? Ada GUDEG, NASI KUCING ANGKRINGAN, dan JADAH TEMPE.

Bon appétit!

 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha