Friday, 14 March 2008

-LIBUR-

Bonjour!

Sekarang waktunya berlibur neh....
Libur masak & libur posting masakan di blog.
Saya mo melancong ke city of gudeg, untuk bersemedi sementara waktu.

P6290239

Buat keluarga Kunti, insya Allah saya tetep akan bergentayangan dan ikut ronda di pos ronda seperti biasa. *tunggu di pengkolan, bawah pohon togé yaa*

Et…

Ini ada hadiah buat kalian para Sunti Kunti Famille semua. Semoga berkenan...[hayooo, yang merasa keluarga Kunti...diambil yaa, hadiahnya....]

Oiaaa,
Je vous remercie de tout coeur
buat Bu RT yang udah ngirimin saya kartu pos keren dari Swiss. Secara saya emang koleksi kartu pos & souvenir dari berbagai penjuru bumi. Belum banyak sih, baru beberapa tapi lumayan lah... Buat temen-temen yang mo kirim kartu pos / souvenir ke saya, boleh bangeeeet... hehehe *ngarep.com*

P3070050

...Sementara saya liburan, menunya kali ini saya belikan di warung Padang langganan di dekat kampus. Enak, lho..... Ça me plâit! hehehe..

nasi kapau

Bon Appétit!

Sampai jumpa setelah liburan, insya Allah dengan menu2 yang lebih asyik lagi...


À bientôt!

Wednesday, 12 March 2008

Rambutan

rambutan
Sekarang memang sudah ngga musim rambutan.
Foto ini diambil bulan Januari kemaren, ketika lagi musim-musimnya si pohon rambutan berbuah.
Kalo sekarang sih lagi musim ulat bulu yang betebaran di mana-mana.

rambutan 2
Sebentar lagi, ketika masuk musim semi *emange Eropa?!*, ulat-ulat itu akan menjelma menjadi kupu-kupu. *cuma seringya ulat-ulat itu saya bunuh, soale mereka sangat menjijikkan. Hiiiiy....*

rambutan3

Buat yang suka sama rambutan, silahkan menikmati foto ini yaaa.....

Sunday, 9 March 2008

Ayam Selimut Panir

...dulu jaman saya masih kecil, jaman chicken nugget belom banyak berdar di pasaran, ibu saya sering banget bikin ayam panir ini. Rasanya tentu saja ENAK BANGET...Sekarang sih udah banyak yaa... chicken nugget bergentayangan di pasaran, mulai dari yang dikemas cantik sampai yang curah; dari yang mahal sampai yang murah; dari yang dijual di Supermarket sampai yang dijual penjaja makanan asongan di depan sekolah; dari yang pake ayam asli, sampai yang cuma tepung doang.Tapi.... buat saya sih, lebih baik bikin sendiri. Meski rada ribet dan lama matengnya, namun jauh lebih terjamin untuk kesehatan.
Kalo yang dijual di pasaran emang praktis, tinggal goreng aja. Tapi...... selain mengandung bahan pengawet juga mengandung banyak bumbu masak. Iiiiiiihhh.... SEREM, kan?

Naaah, buat ibu-ibu yang sayang anak, hyuuuuk.... cobain deh bikin chicken nugget sendiri. Sehat lho....!!!
Oia, ayam selimut panir saya ini emang bentuknya sama sekali ga manis. Wong saya nyetaknya asal aja. Habisnya ga punya bentuk cookies cutter yang lucu-lucu sih.
Aaaahh.... buat saya sih bentuk apa aja ga masalah, wong saya bukan lagi anak-anak yang tertarik sama bentuk2 yang menarik dan lucu2. Jadi yang terpenting buat saya adalah soal RASA.

Bahan:
250 g daging ayam giling
2 butir telur, kocok lepas
3 sdm bawang merah goreng, haluskan
4 lembar roti tawar, buang kulitnya
100 ml susu cair
50 g margarin, cairkan
Garam, merica

Panir:
3 butir telur, kocok lepas
200 g tepung roti


Cara Membuat:
Rendam roti tawar dalam susu cair sampai hancur.
Campurkan semua bahan lainnya. Aduk rata.
Masukkan dalam loyang yang telah dioles minyak.
Kukus dalam kukusan yang panas sampai matang.
Keluarkan dari kukusan, dinginkan.
Setelah dingin, masukkan dalam kulkas sebentar sampai agak kering.
Lepas dari loyang, potong/cetak sesuai selera.
Balut dengan telur, gulingkan di tepung roti.
Goreng dalam minyak panas sampai keemasan.

MUFFIN cokLat




Friday, 7 March 2008

Garang Asem

Bahan:
¼ kg ayam, potong

5 cabai merah

10 cabai rawit merah

3 bawang putih
5 bawang merah
3 tomat

3 belimbing wuluh/belimbing sayur

Daun salam
Lengkuas

Kemiri

Garam

Santan cair dari ¼ butir kelapa + 4 gelas air

Cara:
Rebus semua bahan sampai ½ matang.

Bungkus dengan daun pisang.

Kukus sampai matang.

Thursday, 6 March 2008

Boh Manok Kuah Aceh

P3030031

Waktu saya cerita lagi masak ini ama Bu RT nya keluarga Kunti, eeh...
Yu Mel malah ngatain saya saru [=porno], gara-gara nama masakan ini ada ‘Manök’nya. Waduh...!!! Emang sih kalo dalam bahasa Jawa artinya jadi agak-agak saru. [sebetulnya ngga juga, déng. Emang dasarnya Yu Mel aja yang saru... Hihihi...]
Padahal dalam bahasa di negeri ‘Kunti’ sono noh. Jadi, Boh Manok=Telur. [bener kan, Fadh? Correct me if i’m wrong]

P3030032

Berhubung saya amatir dalam hal mecahin telur langsung ke kuah, penampakan telurnya jadi ga manis deh.
Si kuning telur ketimbun ama putih telurnya. Malah keliatan kaya’ otak sapi.
Hihihi....
Yo wes ora opo-opo lah, sing penting rasane enak.


P3030033

Bahan:
3 bawang merah, iris tipis

1 batang kayu manis

4 tangkai cengkeh

3 buah bungong lawang/pekak

½ tangkai uen temurui
5 butir telur

750 ml santan

1 batang sereh, ambil putihnya, memarkan

100 ml air
3 lembar daun jeruk

5 buah cabai rawit merah
Minyak goreng untuk menumis

P3030034

Bumbu, haluskan:

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdt ketumbar

1 ruas jari kunyit

1 ruas jari jahe

4 butir kapulaga

½ sdt jintan

P3030039 yang baru

Cara Membuat:

Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah sampai harum.
Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, sereh, kayu manis, bungong lawang, cengkeh, daun jeruk dan daun temurui. Tumis sampai harum.

Masukkan air, santan dan cabai rawit. Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk sesekali.

Pecahkan telur satu per satu ke dalam kuah. [pecahkan 1 dulu, tunggu agak matang, baru pecahkan telur berikutnya].
Masak sampai telur matang dan bumbu meresap.

Wednesday, 5 March 2008

DAUN KARI / SALAM KOJA / UEN TEMURUI


Ni... rupa si daun kari...
Info lengkapnya di
sini.

Tuesday, 4 March 2008

RISOLES


Bahan:
300 g tepung terigu protein sedang
2 butir telur
750 ml susu cair
Garam
2 sdm margarine cair

Isi:
½ butir bawang bombay besar, cincang halus
400 ml susu cair
150 g jamur kancing, cincang
5 sdm tepung terigu protein sedang
75 g keju parut
Garam & merica
Margarin untuk menumis

Bahan Panir:
2 telur, kocok lepas
200 g tepung panir kasar

P2280033 untuk ganti

Cara:
campur semua bahan kulit. Aduk rata. Saring.
buar dadar tipis di wajan ceper. Sisihkan.

panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum.

masukkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir.

tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.

masukkan jamur, keju parut, garam, & lada. Aduk rata. Angkat.

oles kulit dengan adonan isi. Lipat.

celup risoles dalam telur kocok dan gulingkan ke tepung panir.

goreng dalam minyak panas sampai keemasan.

Monday, 3 March 2008

SIOMAY AYAM a la kadarnya



Saturday, 1 March 2008

CUMI SAUS PADANG


Bahan:
250 g Cumi-cumi, bersihkan
10 Cabai merah
5 bawang merah
4 bawang putih
1 cm jahe, geprek
5 sdm saus sambal
½ sdm saus ikan
1 sdm bumbu rendang bubuk
1 sdm air jeruk nipis
Garam & merica
50 ml air
Minyak goreng
Cara:
Haluskan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan jahe sampai harum.
Masukkan cumi. Masak sampai berubah warna.
Tambahkan saus sambal, saus ikan, bumbu rendang bubuk, garam, dan merica. Aduk rata.
Tuangkan air. Aduk dan masak sampai matang.Menjelang diangkat, kucuri dengan air jeruk nipis.
Aduk rata. Angkat.
 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha