Friday, 30 November 2007

KLUWEK



Kepayang, kluwek, atau keluwek (Pangium edule Reinw. ex Blume;
suku Acariaceae, dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae) adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuh liar atau setengah liar.

Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah) dan di Toraja disebut panarassan.
Biji keluwek dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna hitam pada rawon, daging bumbu kluwek, brongkos, serta sup konro.

Bijinya, yang memiliki salut biji yang bisa dimakan, bila mentah sangat beracun karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi tinggi.

Bila dimakan dalam jumlah tertentu menyebabkan pusing (mabuk).



more info about kluwak, clik here

Resep
Rawon, klik di SINI juga di SINI



CHICKEN PORRIDGE WITH MUSHROOM


Ingredients:
50 g rice, washed
1 cube chicken stock/instant seasoning
1 ½ ltr water
1 piece chicken (chicken breast or chicken thigh)
50 g mushroom
1 stalk celery, finely chopped
1 cak kwai/cakwe, sliced
shallot crisps
Tong cai (Tianjin preserved vegetables)
Salty light soy sauce
salt and pepper powder to taste




Method:
1. Simmer chicken in water to cover until tender with some salt and instant seasoning, stir. Reduce the heat, simmer for 30 minutes. Remove from heat.
2. Remove the chicken out of the pot, let the chicken cool and shred. Set aside. Reserve the chicken broth.
3. Boil the rice in remaining chicken broth until grains are tender to the bite. Add the mushroom. Bring to a simmer and continue simmering at low heat until porridge is ready and there is no separation of liquid and rice.
4. Serve porridge in deep bowls. Garnish with the pepper powder, tong cai, cakwe, shredded chicken, shallot crisp and celery. Add drops of light soy to taste.
5. on mange ce plat chaud.

SOTO PEKALONGAN



...Setelah Soto Lamongan dan Soto Matraman, sekarang giliran SotoPekalongan yang jadi korban eksperimenku...
Resepnya nyontek dari
Kedai Hamburg punya Mbak Retno. Danke ya Mbak....


Ingredients:
500 g beef, cut into cubes
3 tablespoons soy bean paste
2 Hot Red chillies
1 tablespoon ground coriander
3 shallots
3 cloves garlics
3 cm galangal, bruised
2 Indonesian bay leaves/daun salam
3 lime leaves
1 stalk lemon grass
1 stalk green onion, slices
1,7 liter water, or as required
3 tablespoons cooking oilsalt, as desired

served with:
lontong/ketupat, chopped green onions, fried shallots or onionsrice vermicelli/thin rice stick noodles, softened with hot water and drained

directions:
combine shallots, chillies and garlics then whirl in a blender to a paste.
Boil beef with 1,7 - 2 liter water, then leave the broth water aside.
Cut the beef into cubes or pieces. In a pan, stir fry the paste until fragrant.
Pour in the broth and the beef, followed by lemon leaves, bay leaves, lemon grass, galangal and soy bean paste.
Season broth with ground coriander, salt to taste.
Bring to boil and simmer until the beef tender.

LEGONG & SAMBAL ULEG



Buat kakakku yang pesan belut ama sambal uleg,
Neeh... aku buatin khusus buat kakak.
Tapi belutnya aku ganti ama ikan lele aja yaa...
Kan mirip-mirip tuh bentuknya. Hehehe
Bon Appétit !

LEGONG (Ikan Lele Goreng)

Ingredients:
Ikan lele, bersihkan
Minyak goreng

Bumbu halus:
Garam
Ketumbar
Kunyit
jahe

Method:
1. lumuri ikan lele dengan bumbu halus. Diamkan 15 menit.
2. Goreng lele dengan minyak panas sampai matang.




SAMBAL ULEG

Ingredients:
Cabe merah
Terasi
Garam
Jeruk purut

Method:
1. Haluskan cabe, terasi dan garam.
2. Kucuri dengan air jeruk purut.

BAKSO JUMBO


Looking for the recipe? You'll find it
here.


BITTERBALLEN (1)






Bahan:
100 g daging giling
50 g tepung terigu
200 ml susu
100 g jamur merang, iris tipis
½ bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
½ sdt pala bubuk
2 sdm margarin
50 g keju cheddar, parut

Bahan Pelapis:
2 butir telur, kocok lepas
150 g tepung roti kasar/tepung tempura

Cara Membuat:
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu.
2. Tambahkan daging giling sambil diaduk hingga berubah warna.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk.
4. Tambahkan jamur, garam, merica, dan pala. Aduk rata. Setelah matang, angkat.
5. Masukkan keju parut. Bentuk bulat sebesar kelereng.
6. Celup bulatan adonan ke dalam telur lalu gulingkan di tepung roti. Lakukan pelapisan 2 kali agar rata.
7. Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan.
8. Serve hot.

Sumber: Tabloid Saji

TUMIS SOUN




TUMIS SOUN

Bahan:
200 g soun, rendam air panas, tiriskan
50 g udang, cuci bersih, kerat punggungnya
1 butir telur, buat orak-arik
4 bawang putih, geprek, cincang halus
½ butir bawang bombay
Daun seledri, cincang halus
Garam
Merica
Cabai bubuk
2 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 sgt kecap ikan
2 sdm air
Bawang goreng
Minyak goreng



Method:


1. panaskan minyak, tumis bawang bombay & bawang putih sampai harum.


2. masukkan udang. Tumis sampai berubah warna.


3. masukkan telur orak-arik dan soun. Aduk rata.


4. bumbui dengan kecap asin, saus tiram, kecap ikan, garm, merica, cabai bubuk. Aduk rata. Beri sedikit air biar tidak hangus.


5. masukkan daun seledri. Aduk, angkat.


6. sajikan panas, taburi dengan bawang goreng.

MISOA GORENG



Bahan:
½ kardus misoa
¼ kg wortel, iris halus
4 butir telur ayam, kocok
3 sdm mertega
2 siung bawang putih, tumbuk kasar
Garam & lada
2 batang daun bawang & seledri, iris halus
1 blok kaldu ayam
½-1 gelas air
Tepung panir
Minyak goreng

Cara Membuat:
1. tumis bawang putih dengan mertega sampai layu.
2. masukkan wortel, daun bawang, seledri, dan kaldu blok. Aduk sampai setengah matang.
3. masukkan telur & misoa. Aduk sampai tercampur rata.
4. kalau sudah kering, masukkan adonan dalam loyang yang telah dioles mertega. Padatkan & dinginkan.
5. potong-potong adonan kurleb 3x7cm.
6. masukkan potongan adonan dalam kocokan telur, kemudian lumuri dengan tepung panir.
7. goreng dalam minyak panas sampai berwarna keemasan.
8. hidangkan dengan cabai rawit.

Wednesday, 21 November 2007

CUMI-CUMI SAUS LADA HITAM – SQUID WITH BLACK PEPPER SAUCE



Ingredients:
Squid, cleaned
1 onion, cut
2 cloves garlic, thinly sliced
5 red chilies, cut into 2 inches length
3 tablespoon oyster sauce
1 tablespoon
1 tomato, cut into wedges
½ tablespoon fish sauce
1 teaspoon sesame oil
2 tablespoon black pepper powder
2 tablespoon chili powder
100 ml Water
A pinch of salt
2 tablespoon butter

Method:
1. Heat a wok, melt butter and put in onion, garlic. Sauté until fragrant.
2. Add squid and the remaining ingredients.
3. Cook for 5-10 minutes until the squid is done.

Friday, 16 November 2007

AYAM SAUS TIRAM – CHICKEN WITH OYSTER SAUCE


Ingredients:
6 chicken wings

1 onion, sliced
3 tablespoon margarine
2 cloves garlic, finely sliced
1 tablespoon salty soy sauce
3 tablespoon oyster sauce
2 tablespoon soy sauce
1 stalk spring onion, cut
2 knucklebone ginger, bruised
Lime juice
Salt and pepper
water





Method:
1. rendam ayam dengan garam, merica dan air jeruk nipis. Diamkan 30 menit.
2. goreng ayam dengan minyak sampai matang. Angkat. Sisihkan.
3. tumis bawang putih dan jahe dengan minyak bekas menggoreng ayam + margarin sampai harum.
4. masukkan saus tiram, kecap asin, dan kecap manis. Beri air sedikit agar tidak hangus. Aduk rata.
5. masukkan ayam goreng. Aduk rata dan masak sampai bumbu meresap.
6. masukkan bawang bombay dan daun bawang. Aduk sebentar.
7. kucuri dengan air jeruk nipis, Angkat.

ASEM-ASEM BUNCIS



Ingredients:
350 g daging sandung lamur, cut into cube
200 g string beans, cut
5 green chilies, cut
5 red chilies, cut
2 red tomatoes, cut into wedges
2 green tomatoes, cut into wedges
10 shallots, sliced
3 cloves garlic, sliced
2 salam leaf
tamarind, soak for 10 minute. Use only the juice.
2 knucklebone galangal (laos), bruised
Salt and pepper
water

Method:
1. Heat water in a large pot and add beef cubes and cook on low heat until the meat is tender. If the water level dropped too much, add hot water.
2. Sauté the shallots and garlic until fragrant. Bring to a boil broth.
3. Add the other ingredients. Bring to a boil, reduce heat and simmer for 10 minutes until flavor of the spices have been absorbed.
4. Serve hot

SEMPRIT MAIZENA



Bahan:
150 g mentega/margarin
200 g gula halus
2 butir telur
250 g tepung maizena
250 g tepung terigu
½ sdt soda kue
½ sdt kayu manis bubuk


Cara Membuat:
1. kocok gula dan mentega sampai halus, masukkan telur dan kocok terus sampai rata.
2. masukkan campuran tepung dan aduk dengan garpu atau sendok kayu sampai rata benar.
3. semprotkan pada loyang yang telah dioles margarine.
4. panggang dengan panas sedang sampai matang.

Untuk 750 g

Source: Yasa Boga

SPAGHETTI RASA MIE ACEH



Bahan :
250 gr spaghetti
300 ml kaldu sapi
50 gr udang basah, bersihkan, buang kulitnya
100 gr daging sapi (kambing juga boleh), potong dadu
1 cumi-cumi ukuran sedang, bersihkan, potong
1/2 buah tomat, potong dadu
2 siung bawang merah, iris tipis
kecap manis1 batang daun bawang, iris halus
1 sdm seledri, iris halus
Garam
Merica
1sdt bumbu kari bubuk
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah*
5 buah cabe rawit*
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
4 butir kapulaga
1 sdt adas manis, sangrai
1 sdt jinten, sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
* Cabe sih tergantung selera…tapi mantapnya sih mie aceh itu pedas dan panas

Pelengkap :
Emping goreng
Acar bawang merah
Jeruk nipis


Cara Membuat :
1. Tumis bawang merah dan bumbu halus hingga harum. Masukkan daging, aduk dan masak hingga daging berubah warna. Lalu tambahkan udang dan tomat .
2. Masukkan kaldu, seledri, daun bawang, garam, kari bubuk dan merica. Masak hingga daging matang dan air berkurang sambil sesekali diaduk.
3. Kemudian tambahkan mi dan kecap manis. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan matang. Angkat.
4. Sajikan dengan acar dan emping goreng serta peraskan jeruk nipis di atas mie goreng.

Sumber : Mbak Nana (mama Hafizh), disesuaikan dengan isi kulkas saya :)

Friday, 9 November 2007

Rawon – Diced Beef in Black Sauce Soup

...Postingan resep Rawon yang sebelumnya itu resep dari tante.
Resep Rawon yang sekarang, hasil contekan dari Merry's Kitchen, yang saya dapetin lewat googling...
Thanks ya Mbak Merry :)
Sebenernya saya kurang suka sama yang namanya Rawon.
Mungkin karena penampakannya yang hitam legam sehingga tidak menarik untuk dimakan.
Selain itu, setiap beli Rawon di tukang jual Rawon, mulai dari yang terkenal sampai yang tak terdengar, rasanya ga ada yang pas di lidah.
Cuma, kadang saya suka kangen pengen makan Rawon, karena teringat rasa Rawon alm. ibu yang enak banget.
Tapi setelah nyobain Rawon yang ini, wah... saya jadi doyan deh...
Mungkin karena di ingredientsnya ada cabe (Saya emang doyan banget sama masakan yang pedes), yang bikin Rawon ini maknyuuusss....
Oia, Rawon ini enaknya dimakan setelah menginap sehari. Rasanya dijamin nikmat, aromanya pun jadi lebih menggoda... trus... makannya pake telur asin. Waaah... ... ... RAWONIngredients:
300 g beef brisket, cut into 2 cm cube
2 bay leaves
4 kaffir’s lime leaves
1 stalk lemongrass, bruised
2 cm galangal, bruised
salt and pepper to taste
6 glasses of water (1,5 liters)
2 tbs vegetable oil

Spice Paste Ingredients:

4 small shallots
2 cloves garlic
4 candlenut
3 kluwek, take out the but meat only
5 red chilies (aslinya sih cuma 2, tapi saya tambah jadi 5 biar lebih pedes)

Garnish:
100 g short bean sprouts
Basil leaves

Method:

Heat 2 tbs oil and stir fry the spice paste for a minute or two.
Add bay leaves, kaffir’s lime leaves, galangal, lemongrass, salt and pepper. Stir-fry until fragrant.
Add the beef cubes and sir fry for a minute.
Meanwhile, heat water in a large pot and add the stir-fried beef cubes and cook on low heat until the meat is tender and flavor of the spices have been absorbed.
If the water level dropped too much, add hot water.
Serve with bean sprouts and basil

Makes 3-4 serving

Source :
http://www.melroseflowers.com/mkic/resep/kuah/rawon.html


Wednesday, 7 November 2007

SOTO MATRAMAN - Matraman Style Chicken Soup



Musim hujan gini, enaknya makan masakan yang berkuah seger & panas...
Langsung deh teringat SOTO. Tapi, Soto model apa lagi ya yang mesti dibuat?
..Googling deh..cari resep Soto yang kira-kira gampang dibikin dan belom pernah dicobain.
Akhirnya, nemu resep ini di www.ncc-indonesia.com. Yo wes...dicoba...
Rasanya lumayan juga...enak...
Tapi saya kalo makan ga pake kecap, taoge, kol & tomat. Ga gitu suka sih...
Buat saya, Soto kalo dilengkapin kecap, jadi kurang bearasa Soto.
Enakan dilengkapin ama sambal aja, yang banyak... :-)
Juga ga pake kentang goreng. Kalo yang ini sih malas bikinnya..he..he..
Sebagai penggantinya, aku pake telur rebus.


Ingredients:
a whole chicken
2 liter of water
1 tsp salt
Cooking oil

Spice Paste:
10 shallots
4 cloves garlic
3 cm fresh ginger
3 cm turmeric
½ tsp pepper
1 tsp salt
3 kaffir’s lime leaves
2 stalks lemon grass, bruised

Garnish:250 g cellophane noodles (sohun), soaked briefly in hot water until softened and drained
1 tbs fried shallots
2 stalks spring onion, finely sliced
2 stalks parsley, finely sliced
soy sauce
Lime juice
3 hard-boiled eggs, quartered
250 g bean sprouts, soaked in hot water, drained
250 g white cabbage, sliced
1 tomato, cut into cube
250 g fried potatoes

Chili Paste:100 g red eye bird chilies, boiled until softened and drained. Pounded and pour the stock.

Method:1. Put the chicken in a larg
e pot cover with water, add the salt and using medium high heat, bring the it to a boil and until tender. Set a side 2 liter of the chicken broth.
2. Stir-fry the chicken until it’s golden yellow and set aside. Bone the chicken and slice shreds.
3. Fry the spice paste until fragrant with cooking oil.
4. Add it into the stock and heat the stock and heat the stock to boiling.
5. Add in the kaffir’s lime leaves and lemon grass.
6. To serve, place a portion of sohun, bean sprouts, cabbage, tomatoes, fried potatoes, spring onion, egg, and celery in a bowl.
7. Ladle hot stock over.
8. Sprinkle fried shallots on top.
9. Serve hot with soy sauce, lime juice, and chili paste.

Source: NCC-Friday, 06 April 2007 (www.ncc-indonesia.com)

DONAT KENTANG



Bahan:
3 ons kentang, kupas, kukus
½ kg terigu
75 g gula pasir
50 g mentega
4 butir kuning telur
130 cc air
1 sdm ragi instant


Cara Membuat:
1. campur semua bahan jadi satu. Uleni 15 menit.
2. diamkan selama 10 menit.
3. buat bulatan donat, goreng dalam minyak panas sampai kecokl
atan.

 

...Mlebu Pawon... Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon modified by DeeTha